kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Psikologi Islam Untuk Jenjang S1


Semenjak lama hingga saat ini, fakultas psikologi selalu memiliki banyak peminat. Ilmu psikologi juga memiliki banyak cabang ilmu lain, diantaranya adalah jurusan psikologi Islam yang banyak dibuka di jenjang perguruan tinggi. Dalam jurusan ini, Kamu akan mempelajari ilmu mengenai karakter dan kepribadian manusia dengan menggunakan sumber rujukan yang berasal dari hukum Islam. Apabila Kamu melirik jurusan ini, tidak ada salahnya jika Kamu mulai mencari info tentang biaya kuliah psikologi Islam.

Semakin pedulinya masyarakat saat ini mengenai isu kesehatan mental dan juga kebutuhan akan ilmu agama membuat jurusan ini juga saat ini menjadi cukup banyak diminati. Jika Kamu sedang memikirkan untuk mengambil kuliah di jurusan psikologi Islam, maka Kamu perlu mempersiapkan segala hal termasuk juga persiapan biaya yang Kamu butuhkan untuk menempuh pendidikan tersebut.

Agar Kamu bisa mulai mempersiapkan anggaran biaya untuk kuliah, berikut perkiraan biaya kuliah psikologi Islam untuk jenjang S1 yang harus Kamu ketahui.

1. Biaya Pendaftaran

Biaya yang harus Kamu persiapkan di awal ketika Kamu sudah masuk ke perguruan tinggi adalah biaya pendaftaran atau biaya masuk. Biaya ini biasanya dibayarkan sebelum kegiatan atau proses perkuliahan dimulai. Besaran untuk biaya ini juga akan berbeda-beda pada setiap kampus atau perguruan tinggi.

Umumnya, biaya untuk masuk atau pendaftaran di perguruan tinggi swasta akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan biaya pada perguruan tinggi negeri. Apabila Kamu memilih untuk masuk ke PTN, Kamu perlu mempersiapkan dana mulai dari Rp.1.000.000, sementara di PTS minimal dana yang Kamu persiapkan ialah sekitar Rp.3.000.000. Biaya ini juga bisa saja berubah pada setiap tahun atau setiap angkatannya.

2. Biaya Uang Semester

Biaya kuliah psikologi Islam selanjutnya yang harus Kamu anggarkan adalah biaya yang akan Kamu bayarkan setiap semester dengan total ada delapan semester untuk jenjang S1. Kebanyakan PTN saat ini sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal atau UKT untuk biaya semester yang harus dibayarkan oleh setiap mahasiswanya.

Sistem uang kuliah tunggal tersebut membuat setiap mahasiswa memiliki kewajiban yang berbeda-beda mengenai jumlah biaya semester yang harus dibayarkan. Uang semester yang ditetapkan pada Kamu telah disesuaikan dengan kondisi keuangan Kamu dan keluarga dengan kisaran di antara Rp.500.000 hingga Rp.8.000.000.

Namun jika di PTS, setiap mahasiswa akan memiliki besaran biaya semester yang sama. Di beberapa perguruan tinggi, fakultas psikologi bisa saja memiliki biaya semester yang lebih mahal dibanding fakultas lain. Jika Kamu berkuliah di PTS, maka biaya uang semester yang harus Kamu bayarkan biasanya berada di kisaran Rp.3.000.000 hingga Rp.10.000.000 atau bahkan bisa saja lebih sesuai dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi swasta tersebut.

Itu tadi perkiraan biaya kuliah psikologi Islam yang harus mulai Kamu persiapkan untuk menempuh pendidikan di jurusan tersebut.


Related Posts

Related Posts