kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Perbankan Syariah Untuk Jenjang S1


Akhir-akhir ini Kamu mungkin sering mendengar pembahasan mengenai ekonomi syariah atau keuangan syariah. Kini juga banyak yang memilih untuk kuliah perbankan syariah. Jika Kamu juga tertarik untuk memilih jurusan ini, pastikan Kamu juga mencari tahu tentang biaya kuliah perbankan syariah. Di Indonesia yang penduduknya mayoritas beragama Islam, tren keuangan syariah memang sedang banyak diminati. Ini membuat banyak lembaga-lembaga juga mulai menerapkan konsep syariah, terutama pada lembaga-lembaga perbankan.

Tingginya minat terhadap keuangan syariah ini juga membuat banyak perguruan tinggi yang membuka ilmu keuangan yang berbasiskan syariah, misalnya saja jurusan perbankan syariah. Sama seperti jurusan perbankan lainnya, Kamu akan mempelajari ilmu-ilmu mengenai perbankan, hanya saja di jurusan ini ilmu perbankan tersebut disesuaikan dengan konsep syariah dan sesuai dengan prinsip yang diajarkan dalam agama Islam.

Jika Kamu tertarik dengan jurusan ini, inilah perkiraan biaya kuliah perbankan syariah yang perlu Kamu ketahui untuk menambah informasi Kamu seputar jurusan ini.

1. Biaya Masuk Perguruan Tinggi

Jurusan perbankan syariah saat ini banyak dibuka di perguruan tinggi yang berstatus negeri maupun berstatus swasta. Setelah Kamu menentukan perguruan tinggi yang Kamu inginkan dan Kamu sudah diterima di jurusan perbankan syariah kampus tersebut, Kamu akan membayar biaya masuk sebelum memulai proses perkuliahan.

Setiap perguruan tinggi menetapkan biaya yang berbeda-beda dan bisa saja berubah dari satu angkatan ke angkatan lainnya. Status perguruan tinggi tersebut juga bisa menjadi faktor penentu, misalnya perguruan tinggi negeri yang membebankan biaya lebih murah dibanding biaya yang dibebankan oleh perguruan tinggi swasta. Untuk persiapan Kamu, sebaiknya Kamu menyiapkan dana mulai dari Rp.2.000.000 sampai Rp.10.000.000.

2. Biaya Kuliah Semester

Biaya kuliah perbankan syariah yang harus Kamu persiapkan selanjutnya adalah untuk biaya semester dengan delapan kali pembayaran selama delapan semester untuk jenjang sarjana. Di berbagai perguruan tinggi negeri, biasanya telah menerapkan sistem uang kuliah tunggal atau UKT, dimana Kamu akan mendapat biaya semester yang disesuaikan dengan kondisi finansial Kamu dan keluarga.

Kisaran uang kuliah tunggal di perguruan tinggi negeri adalah mulai dari Rp.500.000 hingga Rp.8.000.000. Namun di perguruan tinggi swasta besaran ini biasanya ditetapkan oleh lembaga pendidikan tersebut yang kurang lebih berkisar mulai dari Rp.3.000.000 hingga sekitar Rp.10.000.000 tergantung kampus tempat Kamu berkuliah.

3. Biaya Lainnya

Yang dimaksud biaya lainnya adalah biaya diluar uang semester yang Kamu butuhkan selama proses perkuliahan. Misalnya saja biaya praktikum yang biasanya berkisar sekitar Rp.500.000. Selain itu Kamu juga membutuhkan biaya untuk mengerjakan tugas harian sekitar Rp.500.000 hingga Rp.1.000.000 perbulan atau juga biaya tugas akhir yang cukup membuat Kamu harus menyiapkan anggaran lebih, mulai dari Rp.1.000.000.

Itulah perkiraan biaya kuliah perbankan syariah untuk informasi tambahan bagi Kamu agar bisa mempersiapkan dana pendidikan mulai saat ini untuk menempuh jenjang sarjana di jurusan perbankan syariah.


Related Posts

Related Posts