kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Manajemen Keuangan Syariah Untuk Jenjang S1


Saat ini perkembangan ekonomi dan keuangan yang berbasis syariah dan berprinsip nilai-nilai Islam semakin berkembang terutama di Indonesia dimana mayoritas penduduknya didominasi oleh umat muslim. Ini membuat banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan-jurusan ekonomi yang berbasis syariah, salah satunya seperti jurusan manajemen keuangan syariah. Jika Kamu tertarik dengan jurusan ini, pastikan Kamu juga tahu perkiraan biaya kuliah manajemen keuangan syariah.

Ya, jurusan manajemen keuangan syariah saat ini juga mulai banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Bagi Kamu yang juga tertarik dengan jurusan ini, Kamu bisa mencoba kuliah di banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan manajemen keuangan syariah. Namun untuk menyelesaikan kuliah, Kamu juga perlu mempersiapkan anggaran biaya untuk berbagai kebutuhan yang akan Kamu butuhkan semasa kuliah.

Berikut kisaran atau perkiraan biaya kuliah manajemen keuangan syariah untuk menjadi informasi tambahan bagi Kamu yang sedang mencari info seputar jurusan ini.

1. Biaya Masuk Perguruan Tinggi

Di awal sebelum Kamu menjalankan proses perkuliahan, Kamu harus membayar biaya masuk setelah Kamu dinyatakan lolos seleksi pendaftaran sebuah perguruan tinggi. Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki kisaran biaya masuk yang berbeda dan bisa saja berubah-ubah pada setiap angkatan.

Umumnya, biaya masuk yang diperlukan pada perguruan tinggi negeri akan lebih murah dibandingkan biaya pada perguruan tinggi swasta. Maka, biaya ini menjadi biaya yang paling pertama harus Kamu persiapkan. Untuk persiapan, setidaknya siapkan biaya sekitar Rp.2.000.000 hingga Rp.8.000.000 untuk biaya ini.

2. Biaya Kuliah Per Semester

Biaya kuliah manajemen keuangan syariah selanjutnya yang perlu Kamu persiapkan adalah biaya untuk uang semester. Setiap perguruan tinggi juga menetapkan biaya semester yang berbeda-beda, terlebih jika Kamu berkuliah di perguruan tinggi negeri yang menerapkan sistem uang kuliah tunggal atau UKT.

Dengan sistem UKT, setiap mahasiswa akan mendapat biaya per semester berbeda-beda yang disesuaikan dengan latar belakang serta kemampuan finansial mahasiswa dan keluarganya tersebut.

Rata-rata uang UKT yang ditetapkan oleh perguruan tinggi negeri berada pada rentang Rp.500.000 hingga Rp.8.000.000. Sementara biaya kuliah jika Kamu memilih jurusan manajemen keuangan syariah di perguruan tinggi swasta berkisar antara Rp.3.000.000 hingga Rp.10.000.000 tergantung pada perguruan tinggi swasta yang Kamu pilih.

3. Biaya Tugas, Tugas Akhir, Dan Lain-Lain.

Setelah biaya masuk dan biaya semester, Kamu juga harus mempersiapkan biaya-biaya yang akan Kamu perlukan untuk berbagai tugas yang harus Kamu kerjakan di jurusan manajemen keuangan syariah.

Selain itu, di akhir masa perkuliahan Kamu juga akan dihadapkan dengan tugas akhir seperti skripsi yang memerlukan biaya cukup besar. Untuk hal-hal seperti ini, setidaknya Kamu perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp.1.000.000 per tahun atau bisa Kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Itulah perkiraan biaya kuliah manajemen keuangan syariah untuk menjadi informasi tambahan untuk Kamu yang tertarik dengan jurusan ini. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.


Related Posts

Related Posts