kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Hukum Ekonomi Syariah Untuk Jenjang S1

Bagi Kamu yang menyukai ilmu hukum dan ekonomi serta ingin mendalami ilmu agama Islam, Kamu bisa berkuliah di jurusan hukum ekonomi syariah yang saat ini banyak dibuka di berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Pada jurusan ini, Kamu akan mempelajari ilmu hukum yang terkait dengan ekonomi dengan berbasiskan prinsip-prinsip syariat Islam. Namun Kamu juga harus mempersiapkan biaya untuk kebutuhan kuliah Kamu seperti perkiraan biaya kuliah hukum ekonomi syariah berikut ini.

1. Anggaran Biaya Masuk Atau Pendaftaran

Anggaran pertama yang harus Kamu persiapkan untuk memasuki jurusan hukum ekonomi syariah adalah anggaran untuk biaya masuk yang harus Kamu persiapkan saat Kamu telah ditetapkan lulus pada perguruan tinggi tersebut. Setiap perguruan tinggi akan memiliki biaya masing-masing untuk biaya ini tergantung pada ketetapan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi tersebut.

Anggaran ini juga bisa jadi berubah-ubah atau mengalami kenaikan pada setiap angkatan selanjutnya. Biaya masuk untuk kuliah di perguruan tinggi negeri umumnya lebih rendah dibanding perguruan tinggi swasta. Anggaran biaya masuk yang harus Kamu siapkan idealnya ialah mulai dari Rp.2.000.000 hingga Rp.8.000.000.

2. Biaya Semester

Biaya kuliah hukum ekonomi syariah selanjutnya yang harus Kamu anggarkan adalah untuk biaya per semester. Fakultas hukum biasanya memang dikenal sebagai fakultas favorit yang seringkali membutuhkan biaya yang cukup mahal, termasuk untuk biaya semester.

Namun jika Kamu memilih jurusan ini di perguruan tinggi negeri yang menerapkan sistem uang kuliah tunggal atau UKT, Kamu akan mendapatkan besaran biaya semester yang disesuaikan dengan kondisi finansial Kamu dan keluarga, yaitu mulai dari rentang Rp.500.000 hingga Rp.8.000.000.

Akan tetapi, jika Kamu masuk jurusan ini pada perguruan tinggi yang berstatus swasta, maka biaya semester yang harus Kamu siapkan ialah Rp.3.000.000 hingga sekitar Rp.10.000.000 tergantung pada perguruan tinggi swasta yang Kamu pilih.

3. Biaya Tugas, Praktikum, Dan Tugas Akhir

Selama berkuliah di jurusan hukum ekonomi syariah, Kamu akan membutuhkan biaya untuk mengerjakan berbagai tugas agar bisa menyelesaikan seluruh mata kuliah yang Kamu ambil. Untuk biaya ini, Kamu bisa mempersiapkan anggaran bulanan sekitar Rp.200.000 hingga Rp.500.000.

Begitu pula dengan berbagai praktikum yang biasanya membutuhkan biaya sekitar Rp.300.000 hingga Rp.500.000. Saat melakukan tugas akhir atau skripsi, Kamu juga akan membutuhkan biaya sekitar Rp.2.000.000 hingga Rp.5.000.000.

Itulah gambaran atau perkiraan biaya kuliah hukum ekonomi syariah yang harus Kamu siapkan dan rencanakan untuk masuk jurusan tersebut. Perkiraan biaya tadi juga bisa berbeda-beda dan Kamu sesuaikan dengan kebutuhan Kamu sendiri. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya sebagai persiapan kuliah. Karena biaya menjadi salah satu penentu keberhasilanmu untuk menyelesaikan perkuliahan sampai seleasai, ya nggak?


Related Posts

Related Posts