kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Akuntansi Syariah Untuk Jenjang S1


Bagi Kamu yang tertarik dengan dunia akuntansi, Kamu bisa memilih jurusan ini. Saat ini Kamu juga bisa memilih jurusan akuntansi syariah yang saat ini banyak dibuka di berbagai perguruan tinggi. Semakin berkembangnya keuangan serta ekonomi syariah di Indonesia yang memiliki mayoritas penduduk muslim membuat jurusan akuntansi syariah semakin banyak diminati oleh banyak calon mahasiswa. Meski begitu jangan lupa untuk mencari informasi biaya kuliah akuntansi syariah agar rencana kuliah lebih lancar, ya.

Di jurusan ini Kamu akan lebih banyak mempelajari mengenai ilmu akuntansi yang berdasarkan prinsip-prinsip syariah sesuai dengan ajaran Islam, sehingga Kamu akan mempelajari dua ilmu sekaligus yaitu ilmu akuntansi serta ilmu Islam yang berkaitan dengan keuangan atau ekonomi.

Jika Kamu merupakan salah satu yang juga tertarik akan ilmu akuntansi syariah dan ingin mendalami ilmu ini di perguruan tinggi, maka Kamu juga harus mempersiapkan biaya-biaya yang akan menjadi kebutuhan Kamu selama kuliah. Berikut perkiraan biaya kuliah akuntansi syariah yang bisa menjadi referensi bagi Kamu agar Kamu memiliki persiapan biaya.

1. Biaya Masuk Atau Pendaftaran

Sebelum Kamu mulai menjalani proses kuliah, ada beberapa biaya yang harus Kamu bayarkan pada perguruan tinggi tempat Kamu berkuliah, seperti biaya masuk atau biaya pendaftaran sesuai dengan yang ditetapkan oleh masing-masing kampus. Setiap perguruan tinggi akan memiliki besaran biaya yang mereka tetapkan bahkan juga bisa berubah pada setiap angkatan.

Perguruan tinggi yang berstatus negeri biasanya memberi besaran biaya masuk lebih rendah dibanding perguruan tinggi yang berstatus swasta. Untuk perkiraan biaya yang Kamu butuhkan, Kamu perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp.2.000.000 hingga Rp.5.000.000 atau mungkin lebih.

2. Uang Kuliah Semester

Biaya kuliah akuntansi syariah yang selanjutnya perlu Kamu persiapkan adalah uang per semester yang harus Kamu bayarkan. Uang kuliah pada setiap kampus juga memiliki besarannya masing-masing, terutama pada perguruan tinggi negeri yang menggunakan sistem uang kuliah tunggal atau UKT untuk para mahasiswanya.

Sistem UKT yang diterapkan ini akan membuat uang semester setiap mahasiswa akan disesuaikan dengan kemampuan finansial keluarga mahasiswa yang bersangkutan, yaitu berkisar antara RP.500.000 sampai Rp.8.000.000. Di perguruan tinggi swasta, biaya semester juga berbeda-beda tergantung pada perguruan tinggi swasta tersebut, umumnya berkisar antara Rp.3.000.000 hingga Rp.8.000.000.

3. Biaya Tugas-Tugas

Berbagai tugas yang harus Kamu kerjakan agar bisa lulus seluruh mata kuliah tentu memerlukan biaya. Begitu pula dengan tugas akhir atau skripsi. Anggaran untuk biaya tugas ini bisa Kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Namun lebih baik Kamu mempersiapkan anggaran setiap bulannya mulai dari Rp.500.000. Untuk tugas akhir, Kamu juga harus mempersiapkan biaya yang lebih besar lagi, sekitar Rp.1.000.000 hingga Rp.3.000.000.

Itulah gambaran mengenai biaya kuliah akuntansi syariah agar Kamu bisa merencanakan keuanganmu untuk kuliah mulai sekarang.


Related Posts

Related Posts