kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Psikologi Islam Dan Gajinya


Jurusan psikologi Islam adalah jurusan yang mempelajari salah satu cabang ilmu psikologi yang mengarah ke ajaran agama Islam. Ilmu ini digunakan untuk meneliti kepribadian manusia dengan sumber rujukan yang berasal dari hukum Islam. Jurusan ini sekarang banyak dibuka di berbagai universitas. Inilah beberapa peluang atau prospek kerja psikologi Islam yang bisa membantu memantapkan hatimu berkuliah.

1. Psikolog

Pilihan profesi pertama yang bisa Kamu tekuni setelah lulus dari jurusan psikologi Islam adalah menjadi psikolog. Sesuai dengan nama jurusannya, Kamu memang akan dipersiapkan untuk menjadi psikolog yang andal. Profesi psikolog memiliki banyak tugas dan tanggung jawab sesuai dengan bidang ilmu yang didalami.

Sebagai psikolog, Kamu akan terjun langsung menangani serta membantu klien-klien. Menariknya lagi, sebagai psikolog Kamu bisa mendapat penghasilan yang besar. Kamu bisa dibayar jutaan rupiah untuk satu kali sesi konsultasi dengan klien. Jumlah honormu akan semakin besar seiring dengan pengalaman dan kredibilitasmu.

2. Staf HRD

Bagi Kamu lulusan jurusan Psikologi Islam dan ingin bekerja di perusahaan atau kantor, maka Kamu bisa memilih profesi yang satu ini. Bekerja sebagai staf HRD akan membuat Kamu bisa mengaplikasikan ilmu yang Kamu dapat saat berkuliah. Perlu diketahui bahwa psikologi sangat dibutuhkan di bidang profesi ini agar bisa menjaring pelamar kerja yang memang sesuai dengan kriteria perusahaan.

Sebagai staf HRD Kamu akan melihat seperti apa kepribadian kandidat yang melamar pekerjaan. Kamu punya peran penting untuk menentukan siapa saja pelamar yang bisa diterima sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dari pekerjaan ini Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp4.000.000,00.

3. Konselor

Pilihan profesi berikutnya yang bisa Kamu tekuni adalah konselor. Sesuai namanya, tugasmu di bidang profesi ini adalah memberikan konseling. Posisi ini biasanya tersedia di perusahaan-perusahaan. Pihak perusahaan membutuhkan konselor yang bertugas memberikan konseling untuk karyawan yang membutuhkan.

Selain bisa bekerja di perusahaan, Kamu juga bisa bekerja di LSM. Profesi konselor banyak dibutuhkan di LSM dengan tugas yang sama yaitu memberikan konseling. Kamu bisa memberi masukan untuk berbagai masalah dari orang yang membutuhkan konseling tersebut. Gaji dari profesi ini cukup menjanjikan bisa mencapai angka Rp10.000.000,00.

4. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Peluang atau prospek kerja psikologi Islam berikutnya adalah menjadi terapis anak berkebutuhan khusus. Anak-anak yang berkebutuhan khusus harus didampingi oleh orang yang punya keahlian agar pertumbuhan mereka bisa berjalan lancar. Dari sisi psikologis, anak berkebutuhan khusus juga membutuhkan penanganan yang tepat.

Sebagai lulusan jurusan psikologi Islam, Kamu bisa memilih untuk bekerja sebagai terapis anak berkebutuhan khusus. Kamu dapat melamar di rumah sakit atau klinik khusus penanganan anak berkebutuhan khusus. Sebagai terapis, Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp3.000.000,00.

5. Motivator

Pilihan profesi berikutnya yang bisa Kamu ambil setelah lulus kuliah adalah bekerja sebagai motivator. Saat ini profesi motivator sangat populer dan semakin dibutuhkan di masyarakat.

Sebagai motivator, tugasmu adalah memberikan motivasi dan semangat kepada orang-orang yang membutuhkan. Dari profesi ini Kamu bisa mendapat uang mulai dari Rp2.000.000,00 dan terus meningkat sesuai reputasi.

6. Pemuka Agama

Sebagai lulusan dari psikologi Islam, Kamu juga bisa berkarier menjadi pemuka agama. Sebagai pemuka agama, Kamu bisa bekerja memberikan siraman rohani kepada masyarakat yang membutuhkan.

Biasanya pemuka agama seperti ini banyak dicari dan sering diundang di berbagai acara. Kamu bisa mendapatkan penghasilan yang banyak seiring dengan jumlah acara yang Kamu hadiri.

7. Guru BK

Bagi Kamu yang punya cita-cita menjadi pengajar atau guru, maka Kamu bisa bekerja sebagai guru BK. Posisi guru BK ini banyak dibutuhkan di sekolah-sekolah. Tugasmu sebagai guru BK adalah memberikan bimbingan kepada para murid yang ada di sekolah. Soal gaji, profesi ini bisa menghasilkan uang kurang lebih Rp3.000.000,00 per bulannya.

8. Guru Pendidikan Agama Islam

Masih di lingkungan sekolah, Kamu tidak hanya bisa menjadi guru BK tapi juga bisa menjadi guru pendidikan agama Islam. Posisi guru untuk mata pelajaran agama Islam tentu saja sangat dibutuhkan di sekolah. Selama kuliah di jurusan psikologi Islam, Kamu pasti tak hanya belajar psikologi tapi juga mendalami ajaran agama Islam.

Menekuni profesi guru saat ini sebenarnya cukup menjanjikan. Peran guru sangat dibutuhkan dan akan menjadi profesi yang tak hanya membanggakan tapi juga sangat berjasa. Kamu bisa berbagi ilmu kepada orang lain dan mendapat gaji mulai dari Rp3.000.000,00 per bulan.

9. Peneliti

Jika passion-mu ada di bidang penelitian, maka Kamu bisa bekerja sebagai peneliti. Menjadi peneliti adalah salah satu jenis profesi yang tak hanya membanggakan tapi juga menyenangkan. Sebagai lulusan psikologi Islam, Kamu bisa menjadi peneliti yang berfokus pada bidang psikologi yang berhubungan dengan Islam.

Sebagai peneliti, Kamu bisa memberikan kontribusi terhadap masyarakat khususnya di bidang pengetahuan agama Islam. Lewat profesi yang satu ini Kamu bisa mendapatkan gaji yang besarnya tergantung pada proyek penelitian yang sedang Kamu kerjakan.

10. Research & Development

Tugas staff R&D di kantor adalah melakukan penelitian. Penelitian tersebut dilakukan untuk mengembangkan produk atau bisnis yang dikeluarkan oleh perusahaan. Ternyata profesi ini juga bisa ditekuni oleh lulusan dari jurusan psikologi Islam. Kamu bisa bergabung terutama pada bisnis yang memiliki konsep syariah dengan kisaran gaji Rp5.000.000,00.

Itulah beberapa peluang atau prospek kerja psikologi Islam yang perlu Kamu tahu. Informasi ini semoga bisa menambah kemantapan hatimu untuk berkuliah di jurusan psikologi Islam, ya!


Related Posts

Related Posts