kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Perbankan Syariah Dan Gajinya


Perkembangan mengenai ekonomi dan keuangan syariah tampaknya sedang naik daun di Indonesia. Apalagi Indonesia ini memang merupakan negara yang memiliki mayoritas penduduk muslim. Saat ini, Kamu juga bisa mendalami ilmu mengenai bidang ini di jurusan perbankan syariah. Supaya lebih yakin dengan jurusan ini, berikut adalah 10 peluang atau prospek kerja perbankan syariah.

1. Pegawai Perbankan

Pilihan profesi pertama yang bisa Kamu tekuni adalah menjadi pegawai perbankan. Saat ini keberadaan bank berbasis syariah semakin banyak dan semakin diminati masyarakat. Kamu bisa melamar di berbagai pilihan bank syariah yang ada di Indonesia. Sebagai pegawai bank, jenjang kariermu pasti akan sangat cemerlang.

Ada banyak posisi yang bisa Kamu tempati di sebuah lembaga perbankan syariah. Setiap ada lowongan, tidak ada salahnya untuk mencoba. Kisaran gaji yang bisa Kamu dapatkan dari jenis pekerjaan yang satu ini adalah Rp5.000.000,00.

2. Staf Keuangan Syariah

Jika tak bisa bekerja di bank syariah, maka Kamu bisa memilih berbagai sektor atau lembaga keuangan yang menerapkan prinsip syariah. Saat ini ada banyak lembaga keuangan berbasis syariah yang menyediakan peluang karier untuk lulusan ilmu perbankan syariah. Dari profesi yang satu ini Kamu bisa mendapatkan gaji kurang lebih Rp4.000.000,00.

3. Manajer Investasi

Setelah lulus dari jurusan perbankan syariah, Kamu juga bisa menekuni profesi sebagai manajer investasi. Dari namanya, jelas sekali bahwa tugasmu nanti adalah mengatur atau mengelola uang yang diinvestasikan oleh nasabah. Misalnya seperti pada jenis investasi reksadana yang berupa saham, pasar uang, atau obligasi.

Sekarang ini masyarakat bisa berinvestasi lewat adanya instrumen reksadana berbasis syariah. Kamu tentu punya ilmu yang mencukupi di bidang tersebut, bukan? Peluangmu untuk berkarier di bidang ini sangat terbuka lebar. Kamu bisa mendapatkan penghasilan yang berkisar di angka Rp5.000.000,00.

4. Staf Akuntansi

Para lulusan dari perbankan syariah juga akan memiliki bekal ilmu di bidang akuntansi. Di jurusan ini Kamu juga akan belajar akuntansi sehingga punya peluang untuk menggeluti bidang profesi sebagai staf akuntansi. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan staf akuntansi dan Kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Sebagai lulusan dari perbankan syariah, maka Kamu sebaiknya memilih perusahaan yang mengusung konsep syariah. Ilmu yang Kamu dapat akan lebih mudah diaplikasikan di perusahaan tersebut.

5. Internal Auditor

Peluang atau prospek kerja perbankan syariah berikutnya adalah menjadi internal auditor di suatu perusahaan. Setiap perusahaan pasti akan membutuhkan orang yang bekerja di posisi ini. Internal auditor memegang peran yang sangat penting di suatu perusahaan khususnya pada bidang keuangan.

Sebagai internal auditor, Kamu akan bertugas mengawasi pengelolaan serta penggunaan keuangan di perusahaan. Dari pilihan profesi yang satu ini Kamu bisa mendapatkan gaji sebesar Rp5.000.000,00 hingga Rp8.000.000,00.

6. Perencana Keuangan

Kamu yang lulus dari jurusan perbankan syariah juga bisa bekerja menjadi perencana keuangan. Profesi yang satu ini juga terbilang penting dan cukup banyak dibutuhkan. Bagi suatu perusahaan, perencana keuangan memegang peran yang berpengaruh besar. Sebagai perencana keuangan Kamu akan bertanggung jawab mengatur aliran uang di perusahaan.

Kamu bisa bekerja di perusahaan yang mengikuti konsep syariah. Sebagai perencana keuangan, Kamu bisa mengatur dan mengelola uang perusahaan sesuai prinsip syariah yang berlaku. Kisaran gaji yang bisa didapat dari profesi ini adalah Rp5.000.000,00.

7. Analis Keuangan

Prospek kerja berikutnya yang bisa didapatkan oleh lulusan perbankan syariah adalah analis keuangan. Profesi analis keuangan adalah profesi yang bertugas melakukan analisis keuangan suatu perusahaan. Analisis tersebut dilakukan berdasarkan laporan keuangan perusahaan agar bisa menjadi suatu keputusan bisnis yang menguntungkan.

Jelas sekali bahwa posisi analis keuangan ini sangat penting di suatu perusahaan. Kamu juga akan mendapatkan jenjang karier yang cerah di bidang profesi satu ini, sesuai dengan prestasi yang Kamu catatkan. Gaji yang bisa Kamu dapatkan dari profesi ini berkisar di angka Rp5.000.000,00.

8. Karyawan Pajak

Lulusan jurusan perbankan syariah tidak hanya bisa bekerja di bank. Kamu juga bisa bekerja di kantor pajak. Bidang profesi yang satu ini tentu dianggap begitu prestise dan menjanjikan jenjang karier yang memuaskan. Dari profesi ini Kamu bisa mendapatkan gaji yang berkisar di angka Rp5.000.000,00.

9. Bekerja Di Lembaga Islam

Bekal ilmu perbankan syariah yang Kamu miliki akan sangat dibutuhkan di berbagai lembaga Islam. Seperti Kamu tahu bahwa saat ini lembaga Islam di Indonesia ada begitu banyak. Kemampuan dan keterampilan yang Kamu miliki sebagai lulusan perbankan syariah pasti sangat dibutuhkan oleh mereka.

Dari bidang profesi yang satu ini Kamu bisa mendapatkan jumlah gaji yang sangat bervariasi. Besarnya penghasilanmu akan sangat dipengaruhi oleh jenis lembaga tempatmu bekerja sekaligus posisi yang Kamu tempati.

10. Ahli Ekonomi Islam

Pilihan profesi yang satu ini jelas sangat cocok untuk ditekuni oleh Kamu yang merupakan lulusan dari jurusan perbankan syariah. Perkembangan ekonomi syariah saat ini membuat posisi ahli ekonom Islam sangat dibutuhkan di tengah masyarakat. Biasanya ahli semacam ini akan dibutuhkan untuk melakukan penelitian di bidang ekonomi Islam.

Ahli ekonomi Islam juga biasanya akan dimintai saran oleh pihak perusahaan, lembaga, maupun pribadi. Kisaran gaji yang bisa didapatkan dari profesi ini juga sangat beragam tergantung dimana Kamu bekerja.


Related Posts

Related Posts