kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Pendidikan Agama Islam Dan Gajinya


Pendidikan Tinggi merupakan impian yang diharapkan oleh semua lulusan SMA/SMK sederajat demi mendapatkan cita-cita yang didambakan sejak lama. Memilih jurusan di bangku kuliah bukan hal yang mudah sebab harus mengutamakan passion dalam diri. Selain itu, Kamu juga harus siap berebut kursi yang terbatas dengan jumlah pesaing ribuan dari seluruh Indonesia. Salah satu jurusan kuliah yang menarik minat lulusan SMA atau MA adalah Pendidikan Agama Islam. Toh, peluang atau prospek kerja Pendidikan Agama Islam cukup besar di Indonesia, kok.

Lebih dari 80 persen masyarakat Indonesia menganut agama Islam sehingga lembaga pendidikan berbasis keagamaan cukup banyak ditemukan di berbagai daerah. Di lembaga pendidikan negeri pun, mata pelajaran agama Islam masuk dalam kurikulum wajib sejak di bangku SD hingga SMA. Buat Kamu yang mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam, maka ketahui 10 peluang atau prospek kerja Pendidikan Agama Islam yang potensial berikut :

1. Guru

Lowongan pekerjaan baik guru honorer atau guru tetap Pendidikan Agama Islam tersedia cukup banyak di lapangan. Jika ingin mendapatkan peluang karir sebagai guru tetap lebih mumpuni, Kamu wajib mencoba tes CPNS untuk posisi guru PAI di berbagai lembaga pendidikan yang tersedia. Gaji PNS bisa mencapai angka jutaan rupiah belum termasuk tunjangan dan bonus lain-lain.

2. Dosen

Ada syarat yang harus Kamu penuhi kalau ingin memiliki profesi sebagai dosen di kampus negeri atau swasta. Kamu harus menempuh pendidikan jurusan Pendidikan Agama Islam yang lebih tinggi. Setelah menyelesaikan program pendidikan strata satu, Kamu wajib mempertimbangkan ambil gelar magister nanti. Gaji seorang dosen di Indonesia cukup menggiurkan dengan kisaran bayaran mulai 4 juta rupiah tergantung kebijakan kampus.

3. Pemuka Agama

Perlu niat dan usaha yang sungguh-sungguh kalau Kamu memang ingin menjadi seorang pemuka agama. Bukan sekadar mendapatkan bayaran untuk satu sesi ceramah atau mengisi pengajian di daerah, tetapi Kamu lebih menekankan untuk memberikan kajian yang bermanfaat bagi umat. Bayaran sukarela hingga jutaan rupiah bukan patokan sejati, tetapi Kamu bisa mengembangkan ilmu yang dimiliki dan disebarkan kepada khalayak luas.

4. Penulis Buku Agama

Kamu punya kesempatan memilih karir sebagai penulis yang menghasilkan uang dari melakukan workshop kepenulisan, royalti penjualan buku dan lain-lain. Karena latar belakang pendidikan berbasis agama, Kamu bisa memilih menulis buku atau karya non fiksi yang memiliki riset sesuai dengan prinsip Islami.

Tidak hanya bisa menuliskan buku atau karya non fiksi, Kamu juga bisa menulis fiksi seperti cerpen, novel atau prosa yang berkaitan dengan agama. Semakin populer karya yang Kamu hasilkan, maka potensi penghasilan bukan semakin besar. Namun, rata-rata penulis agama mengutamakan manfaat karya untuk kepentingan umat Islam.

5. Pegawai Kementerian Agama

Kamu bisa berkarir sebagai pegawai Kementerian Agama yang bertugas sesuai dengan pekerjaan yang diemban. Lowongan pekerjaan sebagai staf KUA dan lembaga yang berada di bawah Kementerian Agama, kenapa tidak? Gaji pegawai Kementerian Agama bervariasi mulai 3 juta rupiah tergantung dengan pekerjaan Kamu.

6. Kementerian Pendidikan

Latar belakang Pendidikan Agama Islam bisa diaplikasikan dalam pengelolaan pendidikan berbasis keagamaan di Indonesia. Toh, lembaga pendidikan agama seperti madrasah berada dibawah naungan Kementerian Agama bukan Dinas Pendidikan. Gaji pegawai Kementerian Agama mencapai jutaan rupiah atau berkisar 3 juta sesuai dengan jabatan yang Kamu miliki, ya!

7. Peneliti

Indonesia membutuhkan cendekiawan yang bisa mengembangkan Islam menjadi lebih baik kemudian hari. Masyarakat Indonesia yang kebanyakan beragama Islam bisa menjadi objek penelitian untuk mengembangkan kehidupan beragama yang lebih baik. Apalagi Indonesia memiliki kemajemukan kehidupan bukan penduduk beragama Islam semata.

Lulusan Pendidikan Agama Islam punya potensi bekerja sebagai peneliti yang siap menghasilkan karya yang bisa mendukung perkembangan agama Islam lebih baik seiring jaman yang semakin canggih. Gaji peneliti bervariasi, tetapi setidaknya Kamu punya peluang mendapatkan bayaran diatas 3 juta rupiah per bulan.

8. Guru Mengaji

Ingin mengabdikan diri langsung untuk membantu kehidupan masyarakat Indonesia lebih baik, maka Kamu bisa mempertimbangkan pekerjaan sebagai guru mengaji.

Rata-rata gaji guru mengaji di Indonesia memang minim, tetapi Kamu bisa menjadikan profesi sebagai bentuk ibadah. Rata-rata gaji guru ngaji ratusan ribu hingga jutaan tergantung dengan lembaga pendidikan yang menaungi. Ada pula lulusan PAI yang membuka layanan jasa guru mengaji privat dengan bayaran yang lebih besar.

9. Tutor Online

Kamu bisa bekerja sebagai tutor online di lembaga pendidikan era modern ini. Ada lowongan tutor online di berbagai aplikasi pendidikan yang tengah hits di Indonesia beberapa tahun belakangan. Memanfaatkan ilmu yang Kamu miliki sekaligus kecanggihan teknologi, kenapa tidak? Kamu punya kesempatan mendapatkan karir yang lebih cerah dengan bayaran yang mencapai angka jutaan rupiah atau minimal 2 juta keatas.

10. Pengusaha

Peluang karir lulusan Pendidikan Islam tidak terbatas seiring kemampuan Kamu untuk mengembangkan potensi dalam diri. Kamu tetap punya kesempatan untuk mengembangkan bisnis sendiri dan bisa menerapkan prinsip atau ilmu Keislaman dalam menjalankan bisnis.

Tidak hanya punya peluang meriah omzet bisnis lebih besar, Kamu bisa membantu orang lain yang membutuhkan lapangan pekerjaan. Bisnis yang bisa mendapatkan berkah rezeki luar biasa, kenapa tidak?


Related Posts

Related Posts