kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Manajemen Pendidikan Islam Dan Gajinya


Jurusan Manajemen Pendidikan merupakan prodi yang kurang populer di Indonesia. Terbukti minat lulusan SMA/SMK sederajat pada prodi Manajemen Pendidikan sangat kecil. Namun, Kamu yang tertarik mempelajari pengelolaan dan pengaturan kebijakan pendidikan di Indonesia, tidak ada salahnya memilih jurusan ini. Tak hanya Manajemen Pendidikan umum saja, Kamu bisa mempertimbangkan peluang atau prospek kerja Manajemen Pendidikan Islam.

Program Manajemen Pendidikan Islam akan memberikan materi kuliah yang berkaitan dalam merencanakan, mengawasi, dan mengelola proses pendidikan di sekolah atau lembaga pendidikan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Mengingat mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, lembaga pendidikan yang mengutamakan nilai agama sangat banyak di Indonesia. Peluang atau prospek kerja Manajemen Pendidikan Islam setelah lulus kuliah pun cukup banyak.

Berikut rangkuman mengenai lowongan pekerjaan lulusan Manajemen Pendidikan Islam yang bisa Kamu pertimbangkan yaitu :

1. Tenaga Administrasi Pendidikan

Gaji seorang tenaga administrasi pendidikan di lembaga pendidikan atau sekolah memang bervariasi tergantung kebijakan yang berlaku. Biasanya tenaga administrasi pendidikan bekerja untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan administrasi sekolah atau dikenal dengan nama staf tata usaha. Gaji yang diberikan bervariasi dengan nominal mulai 1-3 juta rupiah per bulan, bahkan bisa lebih tergantung dengan sistem yang ada di sekolah tersebut.

2. Konsultan Pendidikan

Lulusan Manajemen Pendidikan Islam bisa bekerja sebagai konsultan pendidikan di lembaga sekolah agama Islam. Biasanya konsultan akan memberikan masukan atau saran terkait pengelolaan sekolah, sistem pendidikan berbasis Islam, program pendidikan yang menciptakan karakter anak lebih baik, dan lain-lain.

Gaji konsultan pendidikan di sekolah Islam tergantung dengan kebijakan, tetapi rata-rata konsultan akan menerima gaji antara 2-4 juta rupiah per bulan.

3. Peneliti

Kamu bisa memilih karir sebagai akademisi yang bisa menjadi peneliti pendidikan di lingkungan tertentu. Sesuai dengan sistem pendidikan Manajemen Pendidikan Islam, peneliti akan fokus pada pendidikan berbasis agama Islam ini.

Gaji seorang peneliti untuk mengembangkan hasil penelitian tersebut berkisar mulai 3 juta rupiah saja. Tentu semakin kredibel hasil penelitian Kamu, maka tingkatan gaji Kamu bisa semakin besar.

4. Pegawai Kementerian Pendidikan

Kamu juga bisa memilih karir sebagai pegawai Kementerian Pendidikan alias ASN. Demi menjadi seorang ASN, Kamu harus melewati tahapan seleksi yang cukup ketat seperti tes CPNS. Gaji ASN di Kementerian Pendidikan bisa mencapai angka jutaan rupiah, minimal 3 juta rupiah belum termasuk tunjangan dan lain-lain.

5. Guru Pendidikan Agama Islam

Lulusan PAI dan Manajemen Pendidikan Islam punya peluang karir sebagai guru PAI di sekolah mulai tingkatan SD, SMP dan SMA. Menjadi seorang pendidik tidak hanya mengejar gaji semata, tetapi memanfaatkan ilmu yang didapatkan untuk kebaikan umat. Gaji guru honorer memang masih menjadi hal yang perlu mendapatkan apresiasi lebih baik di Indonesia.

Memang gaji guru honorer di berbagai daerah berbeda tergantung lembaga pendidikan yang menaungi dengan kisaran ratusan ribu sampai satu juta rupiah. Namun, Kamu yang telah menjadi guru tetap atau ASN bisa mendapatkan gaji dan tunjangan yang lebih dari cukup.

6. Dosen

Pastikan saja Kamu menempuh pendidikan jenjang S2 agar bisa memiliki pekerjaan sebagai dosen di kampus swasta atau negeri. Gaji dosen di Indonesia cukup memuaskan dengan kisaran 4 juta rupiah keatas.

7. Pengelola Yayasan Pendidikan Islam

Karir lulusan Manajemen Pendidikan Islam tidak lepas sebagai pengelola atau pengatur program pendidikan di lembaga sekolah tertentu. Kamu juga bisa memutuskan karir sebagai pengelola Yayasan Pendidikan Islam yang bekerja untuk kebaikan umat Islam.

Tidak hanya bekerja untuk memenuhi kehidupan harian saja, pengelola yayasan melakukan pekerjaan dengan tujuan berkah dunia dan akhirat. Tak heran kalau gaji pengelola yayasan bervariasi, bahkan ada yang ikhlas bekerja tanpa imbalan sepeserpun.

8. Lembaga Swadaya Masyarakat

Prospek karir yang bisa Kamu pilih setelah lulus kuliah adalah bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM yang fokus pada pendidikan berbasis Islam. Biasanya LSM juga memperjuangkan hak anak-anak yang ingin mendapatkan keadilan di bidang pendidikan. Kamu punya peluang mendapatkan gaji setidaknya 2 juta rupiah untuk memenuhi kehidupan di masa depan.

9. Supervisor Pendidikan

Di setiap lembaga sekolah, pasti ada tim pengawas atau dikenal dengan nama supervisor pendidikan. Tugas supervisor pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dan keahlian sistem pendidikan di sekolah dalam memaksimalkan program pendidikan, termasuk pelayanan kepada seluruh siswa di sekolah tersebut.

Gaji seorang yang menjabat pekerjaan sebagai supervisor pendidikan sekitar 4 juta rupiah. Biasanya supervisor pendidikan di sekolah swasta yang bonafit menawarkan bayaran yang lebih besar diatas 5 juta rupiah per bulan.

10. Manajer lembaga pendidikan

Di Indonesia, ada lembaga pendidikan berbasis swasta atau model lembaga bimbingan belajar yang berusaha meningkatkan mutu pendidikan sekaligus bisnis. Di setiap lembaga pendidikan yang memiliki orientasi bisnis pasti punya manajer lembaga pendidikan.

Kamu yang telah menuntaskan pendidikan S1 di jurusan Manajemen Pendidikan Islam punya kesempatan memilih karir ini. Tugas Kamu adalah merencanakan dan menciptakan strategi pendidikan yang lebih jitu untuk para siswa. Gaji seorang manajer di lembaga pendidikan berkisar 5 juta rupiah keatas tergantung prospek lembaga pendidikan yang dikelola.

Berdasarkan ulasan singkat mengenai peluang atau prospek kerja Manajemen Pendidikan Islam, apakah Kamu tertarik melanjutkan ke tingkat pendidikan yang berbasis keagamaan kelak? Pastikan Kamu mempertimbangkan passion dalam diri sebelum mengambil jurusan kuliah yang diinginkan. Kalau bisa bekerja sekaligus mengamalkan ilmu untuk kepentingan umat Islam, kenapa tidak?


Related Posts

Related Posts