kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Manajemen Keuangan Syariah Dan Gajinya


Dewasa ini, banyak perusahaan atau lembaga keuangan yang menawarkan layanan berbasis syariah. Produk keuangan syariah mulai bermunculan seiring meningkatnya minat masyarakat pada pengelolaan keuangan sesuai syariat Islam. Apalagi masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam yang menilai bahwa keuangan syariah lebih simpel, murah dan memberikan kenyamanan. Tak heran kalau peluang atau prospek kerja Manajemen Keuangan Syariah masih terbuka lebar di Indonesia.

Kamu bisa menemukan prodi Manajemen Keuangan Syariah di universitas negeri atau swasta di Indonesia yang berbasis Islam. Peluang karir setelah lulus dari tingkatan strata satu cukup besar dengan gaji yang tak kalah mentereng. Berikut 10 peluang atau prospek kerja Manajemen Keuangan Syariah di Indonesia yang perlu Kamu ketahui yaitu :

1. Analis Keuangan

Prospek karir sebagai analis keuangan syariah sangat potensial di lapangan, apalagi banyak lembaga yang mulai mengedepankan prinsip syari dalam mengelola keuangan. Kamu punya tanggung jawab untuk menilai dan mengevaluasi kondisi keuangan sebuah perusahaan yang berdampak pada pertimbangan keputusan pimpinan. Tak heran gaji seorang analisis keuangan mencapai angka 4 juta rupiah per bulan, bahkan bisa lebih besar tergantung kinerja dan kebijakan perusahaan tempat Kamu bekerja.

2. Penasihat Keuangan

Hampir sama dengan analis keuangan, Kamu bisa menjadi penasihat keuangan pribadi atau perusahaan besar. Dengan melihat kondisi keuangan, jumlah pemasukan, pengaturan pengeluaran, nilai investasi, dan lain-lain, Kamu bisa memberikan saran terbaik pada orang-orang yang membutuhkan jasa penasihat keuangan. Gaji seorang penasihat keuangan diatas UMR, bahkan bisa mencapai angka dua digit per bulan.

Peluang karir setelah lulus sarjana Manajemen Keuangan Syariah adalah menjadi bendahara dan kontroler keuangan di lembaga atau perusahaan tertentu. Kamu memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengendalikan serta mengawasi keuangan perusahaan. Di UKM kelas menengah saja, gaji yang ditawarkan bisa mencapai 4 juta rupiah per bulan.

4. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis yang profesional mematok gaji yang sangat fantastis sebab bisa memberikan pertimbangan pada pimpinan perusahaan dalam mengelola keuangan atua mengambil keputusan bisnis. Meskipun Kamu tidak bekerja di perusahaan bonafit pun, gaji konsultan bisnis tahap awal bisa mencapai minimal 4 juta rupiah. Mau bekerja sebagai konsultan terikat di perusahaan atau menawarkan jasa independen, pertimbangkan kelebihan dan kekurangan profesi masing-masing saja.

5. Auditor

Tugas auditor adalah melakukan pengecekan, pengawasan dan evaluasi dengan kondisi keuangan perusahaan yang dilaporkan oleh divisi keuangan. Setidaknya keberadaan auditor bisa meminimalisir risiko kecurangan atau penggelapan dana perusahaan yang mungkin terjadi. Gaji staf di bagian tim audit perusahaan bisa mencapai angka 3,5 juta per bulan atau lebih tergantung kebijakan pimpinan.

6. Manajer Keuangan

Gaji manajer keuangan bisa mencapai angka puluhan juta rupiah per bulan belum termasuk tunjangan atau bonus lain. Gaji yang sangat besar sebanding dengan tugas dan tanggung jawab seorang manajer keuangan di perusahaan. Dia harus melakukan pemantauan aliran dana masuk dan keluar perusahaan, menyiapkan laporan laba rugi dan melakukan perencanaan pengelolaan keuangan perusahaan agar terhindar dari risiko bangkrut.

7. Analis Investasi

Manajemen Keuangan Syariah juga punya peluang karir sebagai analis investasi yang bekerja di perusahaan, lembaga atau independen. Jasa analis investasi independen akan membantu klien dalam menganalisa kemungkinan untung rugi melakukan investasi kekinian.

Analis investasi sangat paham mengenai pengelolaan uang dalam memilih investasi yang paling aman hingga investasi berisiko yang memberikan keuntungan lebih besar. Gaji analis investasi profesional yang bekerja di perusahaan atau pialang saham minimal 4 juta rupiah per bulan.

8. Spesialis Manajemen Risiko

Spesialis Manajemen Risiko bertugas menganalisis risiko yang mungkin dialami perusahaan dalam mengambil keputusan seperti risiko operasional dan risiko kredit. Bayaran spesialis manajemen risiko paling rendah sekitar 4 juta rupiah di perusahaan kecil saja.

9. Karyawan Perbankan

Gaji karyawan perbankan syariah sesuai standar UMR tergantung jabatan yang Kamu dapatkan. Kisaran gaji rata-rata karyawan perbankan di kota besar sekitar 5 juta rupiah per bulannya. Tentu peluang gaji lebih besar seiring biaya hidup di kota besar yang tak kalah meroket setiap waktu.

Gaji karyawan perbankan di kota kecil bisa lebih rendah, tetapi masih berada di atas UMR yang berlaku di daerah tersebut. Toh, banyak bank konvensional yang mulai memiliki produk keuangan berbasis syariah sehingga Kamu punya kans bekerja di sektor yang sama lebih besar.

10. Pegawai Pajak

Kamu bisa mencoba peluang karir dengan mengikuti tes sebagai pegawai di kantor pajak baik tingkat daerah hingga pusat. Biasanya pegawai pajak yang masih berada pada level satu mendapatkan gaji pokok jutaan rupiah yang belum termasuk tunjangan. Selain masa bakti ASN, kinerja yang bagus bisa memberikan peluang naik jabatan dengan gaji dan tunjangan yang lebih besar mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Jika Kamu bekerja pada lembaga negara, maka pastikan siap untuk mengikuti setiap persyaratan dan ketentuan yang diberikan. ASN harus siap mutasi kapan saja di seluruh wilayah Indonesia, ya!

Buat Kamu yang bingung menentukan jurusan kuliah nanti, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan prodi Manajemen Keuangan Syariah. Ada 10 peluang atau prospek kerja Manajemen Keuangan Syariah yang bisa memberikan potensi gaji yang lebih besar untuk masa depan Kamu kelak. Kalau Kamu ingin menjadi akademisi di bidang yang sama, maka pastikan Kamu melanjutkan pendidikan Manajemen Keuangan Syariah ke level yang lebih tinggi, ya!


Related Posts

Related Posts