kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Jurusan Olahraga Dan Gajinya


Jurusan olahraga di perguruan tinggi mungkin bukan sebuah jurusan yang cukup populer. Padahal peluang atau prospek kerja jurusan olahraga cukup menjanjikan. Bagi kalangan pecinta aktivitas olahraga, jurusan ini menjadi minat utama mereka ketika melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Di jurusan ini, Kamu akan memperoleh ilmu tentang olahraga dan juga kesehatan jasmani.

Jurusan olahraga di perguruan tinggi dibagi menjadi beberapa program studi, yaitu prodi Pendidikan Jasmani, kesehatan dan rekreasi, prodi pendidikan kepelatihan olahraga, prodi ilmu keolahragaan, prodi olahraga rekreasi, dan prodi kepelatihan kecabangan olahraga. Untuk gelarnya, jurusan olahraga menggunakan dua jenis gelar, yaitu S.Pd. dan S.Or.

Gelar S.Pd digunakan untuk jurusan olahraga yang memiliki embel-embel pendidikan. Mahasiswanya dipersiapkan untuk menjadi guru olahraga. Sedangkan gelar S.Or digunakan untuk jurusan olahraga yang tidak mengandung unsur pendidikan. Lulusannya diarahkan untuk bekerja dalam penelitian di bidang olahraga.

Kamu sudah tahu jenis-jenis jurusan olahraga. Sekarang saatnya Kamu tahu prospek kerja dari jurusan ini. Bagi Kamu yang tertarik untuk memasuki jurusan ini, berikut adalah peluang atau prospek kerja jurusan olahraga yang bisa Kamu jadikan referensi:

1. Atlet

Yang pertama, Kamu bisa berkarir sebagai seorang atlet. Sebagai lulusan jurusan olahraga, Kamu tentu memiliki kriteria yang tepat untuk menjadi seorang atlet sesuai dengan cabang olahraga yang Kamu sukai dan tekuni. Semakin bagus kemampuan yang Kamu miliki, semakin baik untuk karir Kamu ke depannya.

2. Guru Penjaskes

Yang kedua, lulusan dari jurusan olahraga bisa berkarir di dunia pendidikan. Jika Kamu merupakan lulusan jurusan olahraga, terutama jurusan pendidikan olahraga, Kamu memiliki keahlian untuk menjadi guru pendidikan jasmani dan kesehatan atau guru olahraga di sekolah. Sebagai guru, Kamu memiliki tugas untuk mengajarkan pelajaran olahraga kepada anak didik Kamu.

Dari profesi ini, Kamu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp2.000.000 hingga Rp4.000.000 per bulan. Jika Kamu sudah menjadi guru berstatus PNS, Kamu bisa mendapat gaji lebih besar dari itu ditambah tunjangan lainnya.

3. Pelatih

Peluang atau prospek kerja jurusan olahraga berikutnya adalah menjadi pelatih olahraga. Jika Kamu tidak ingin menjadi atlet atau sudah pensiun dari atlet nantinya, Kamu juga bisa bekerja sebagai pelatih untuk para atlet-atlet yang masih berkompetisi.

Dengan pengalaman dan ilmu yang Kamu miliki, Kamu tentu bisa menjadi pelatih yang baik. Kamu bisa melatih anak-anak yang masih berusia muda atau melatih para atlet yang sedang bersiap untuk ikut kompetisi.

Gaji seorang pelatih bervariatif tergantung dengan pengalaman dan hal-hal lainnya. Seorang pelatih profesional bisa mendapat penghasilan sekitar Rp10.000.000 per bulan.

4. Personal Trainer

Yang keempat, Kamu bisa berkarir sebagai seorang personal trainer. Seiring waktu, semakin banyak orang yang peduli terhadap kesehatan tubuh. Hal ini membuat jasa personal trainer banyak dicari saat ini. Sebagai personal trainer Kamu akan bekerja di gym dan membantu orang-orang untuk mendapatkan tubuh dan kesehatan yang mereka inginkan.

Gaji seorang personal trainer bisa mencapai Rp.30.000.000 per bulan. Semakin banyak orang yang mempercayai Kamu untuk menjadi personal trainer mereka, semakin besar penghasilan yang akan Kamu dapatkan.

5. Instruktur Senam

Prospek kerja jurusan olahraga selanjutnya adalah menjadi instruktur senam. Kamu bisa memilih untuk menjadi instruktur senam, aerobik, ataupun yoga sesuai dengan keahlian dan minat olahragamu. Jenis aktivitas fisik yang satu ini banyak diminati oleh para wanita, mulai dari yang berusia muda hingga para ibu-ibu. Keuntungannya adalah jam kerja yang fleksibel karena Kamu bisa menentukan jadwal pertemuan sesuai kesepakatan.

Gaji seorang instruktur senam adalah sekitar Rp.50.000.000 per jamnya. Semakin banyak orang yang ikut dalam kegiatan senam yang Kamu pimpin, semakin banyak pula penghasilan yang bisa Kamu dapatkan.

6. Jurnalis Olahraga

Yang keenam, Kamu bisa berkarir di dunia jurnalistik. Ilmu dan pengetahuan seputar olahraga yang Kamu miliki selama kuliah di jurusan olahraga akan bermanfaat ketika Kamu menjadi jurnalis olahraga. Kamu bisa memberi info yang lengkap dan akurat dan bisa memahami mengenai berita yang Kamu tulis. Kisaran gaji seorang jurnalis olahraga yaitu sekitar Rp3.000.000 – Rp5.000.000 per bulan.

7. Terapis Refleksologi

Yang ketujuh, lulusan jurusan olahraga bisa berkarir sebagai terapis refleksologi. Di jurusan olahraga Kamu tidak hanya mempelajari bidang olahraga saja, namun juga kesehatan badan lainnya. Kamu bisa menjadi seorang terapis refleksologi untuk membantu orang-orang mengembalikan stamina dan kesehatan fisik mereka. Gaji seorang terapis refleksologi adalah sekitar Rp2.000.000-Rp3.000.000 per bulan.

8. Content Creator

Peluang atau prospek kerja jurusan olahraga berikutnya adalah menjadi content creator. Saat ini, banyak orang yang melakukan olahraga hanya dengan melihat tutorial video di platform Youtube. Ini menjadi peluang Kamu untuk menjadi content creator. Kamu bisa membuat konten yang berkaitan dengan olahraga untuk memberi informasi dan membantu orang-orang berolahraga dengan lebih mudah.

Penghasilan yang didapatkan content creator berasal dari klik iklan dan jumlah penonton video yang Kamu unggah.

9. Pegawai Negeri

Lulusan jurusan olahraga juga bisa menjadi pegawai negeri dan bekerja di sektor pemerintahan. Tentunya Kamu akan lebih cocok jika bergabung dengan kantor pemerintahan yang sesuai dengan bidang ilmumu, seperti di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Gaji pegawai kementrian dengan status PNS mulai dari Rp5.000.000 belum termasuk tunjangan dan sebagainya.

10. Pengusaha

Yang terakhir, Kamu bisa membuka usaha yang berhubungan dengan olahraga, seperti membuka fitness centre, toko peralatan olahraga, atau reflexology. Penghasilan yang Kamu dapat tentu bervariatif tergantung perkembangan usahamu.

Itulah 10 peluang atau prospek kerja jurusan olahraga yang bisa Kamu jadikan pertimbangan sebelum memilih jurusan ini sebelum kuliah nanti.


Related Posts

Related Posts