kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Hukum Ekonomi Syariah Dan Gajinya


Bagi Kamu yang menyukai ilmu ekonomi sekaligus ilmu agama Islam, Kamu bisa mencoba ambil jurusan hukum ekonomi syariah. Sekarang jurusan yang satu ini sudah banyak dibuka di berbagai universitas. Jika Kamu tertarik untuk belajar di jurusan ini, berikut 10 peluang atau prospek kerja hukum ekonomi syariah sebagai informasi tambahan untuk Kamu.

1. Karyawan Perbankan

Ilmu ekonomi yang Kamu dapat saat kuliah di jurusan ini bisa memperbesar peluang untuk bekerja di lembaga perbankan. Ada banyak sekali kantor bank yang bisa menerima Kamu untuk bekerja. Apalagi sekarang lembaga perbankan berkonsep syariah sudah semakin banyak sehingga peluangmu benar-benar terbuka lebar.

Sebagai karyawan bank, tentu Kamu akan mendapat pandangan karier yang prestise di masyarakat. Belum lagi jenjang karier yang Kamu dapat pasti memuaskan. Gaji yang didapat juga akan membuat Kamu bahagia karena bisa mulai dari angka Rp5.000.000,00.

2. Legal Officer

Pilihan profesi selanjutnya yang juga bisa Kamu tekuni setelah tamat kuliah hukum ekonomi syariah adalah menjadi legal officer. Setiap kantor atau perusahaan pasti akan membutuhkan orang di posisi ini. Legal officer adalah orang yang pekerjaannya membidangi masalah hukum di sebuah kantor atau perusahaan.

Tugas seorang legal officer sangat beragam dan tentunya berhubungan erat dengan bidang hukum. Mulai dari memberi pertimbangan hukum, menyelesaikan masalah perizinan, dan masih banyak lagi. Dari profesi ini Kamu bisa mendapat penghasilan mulai dari angka Rp4.000.000,00.

3. Sharia Compliance

Profesi sharia compliance adalah profesi yang bertugas untuk mengawasi suatu perusahaan berbasis syariah. Tugasnya adalah memastikan bahwa perusahaan tersebut beroperasi sesuai dengan prinsip syariah. Sharia compliance akan bekerja dengan dasar aturan dari DPS atau Dewan Pengawas Syariah.

Posisi ini tentu saja sangat dibutuhkan di perusahaan yang memegang konsep syariah. Demi memastikan prinsip perusahaan berjalan sesuai kodratnya, maka dibutuhkan pihak yang bertugas untuk mengawasi. Dari profesi ini Kamu bisa mendapat kisaran gaji sebesar Rp4.000.000,00.

4. Drafter Kontrak Bisnis Syariah

Pekerjaan sebagai drafter kontrak bisnis syariah juga bisa jadi pilihanmu setelah lulus nanti. Profesi ini sekarang punya peluang besar karena mulai dibutuhkan oleh banyak pihak, mulai dari perusahaan hingga klien perseorangan. Tugasmu adalah membuat draft kontrak berdasarkan pada prinsip syariah.

Tidak semua orang paham mengenai aturan hukum syariah. Sebagai lulusan jurusan hukum ekonomi syariah, maka Kamu pasti menekuni profesi ini sebaik mungkin. Dari pekerjaan ini Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp4.000.000,00.

5. Advokat Dan Konsultan Hukum

Peluang atau prospek kerja hukum ekonomi syariah selanjutnya adalah menjadi advokat dan konsultan hukum. Jika Kamu bekerja di pilihan profesi satu ini maka Kamu akan bertugas memberikan konsultasi tentang masalah hukum. Klienmu bermacam-macam, bisa dari perusahaan maupun individu.

Dari jenis profesi satu ini, Kamu bisa mendapat gaji yang besarnya hingga mencapai puluhan juta.

6. Hakim Peradilan Agama

Sebagai lulusan jurusan hukum ekonomi syariah, maka Kamu juga punya peluang untuk menjadi hakim di lembaga berbasis Islam. Pilihan profesi yang satu ini tentu saja sangat menantang dan punya prestise di mata orang lain. Sebagai hakim, Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp10.0000.00.

7. Arbiter Dan Mediator

Masih di bidang hukum, Kamu bisa bekerja sebagai arbiter dan mediator. Profesi ini memegang tugas penting membantu orang-orang yang mengalami sengketa terhadap suatu kesepakatan. Tugasmu nanti mengambil solusi dan membuat perjanjian yang bisa mendamaikan dua pihak berselisih.

Tanpa adanya bekal hukum yang kuat, maka Kamu tidak akan bisa menekuni profesi ini. Sekarang ini peluang bekerja jadi arbiter dan mediator sudah terbuka cukup lebar. Ada banyak bisnis berkonsep syariah yang terlibat dalam perselisihan dengan beragam sebab. Dari profesi satu ini Kamu bisa mendapat penghasilan berkisar di angka Rp5.000.000,00.

8. Dewan Pengawas Syariah

Lembaga-lembaga Islam di Indonesia membutuhkan orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan jurusan hukum ekonomi syariah. Kamu bisa bekerja sebagai dewan pengawas syariah di lembaga-lembaga tersebut. Tugas dari dewan pengawas syariah ini adalah mengawasi serta memberi keputusan yang berkaitan dengan kepentingan agama.

Sebagai dewan pengawas syariah, Kamu juga berperan memberi peraturan dan teguran kepada lembaga-lembaga terkait. Ringkasnya, tugasmu adalah memastikan bahwa lembaga-lembaga tersebut sudah beroperasi sesuai dengan prinsip syariah yang berlaku. Dari profesi ini Kamu bisa mendapat gaji yang besar bahkan hingga puluhan juta.

9. Pegawai Pajak

Mahasiswa lulusan jurusan hukum ekonomi syariah juga bisa bekerja sebagai pegawai pajak. Jenis pekerjaan yang satu ini jelas menjadi idaman para mahasiswa yang kuliah di bidang ekonomi maupun hukum. Kamu bisa ikut seleksi dan melamar untuk posisi tertentu di berbagai lembaga perpajakan.

Memang benar kalau persaingan untuk bekerja di lembaga perpajakan sangat ketat. Berarti Kamu harus benar-benar mempersiapkan diri supaya tak kesulitan untuk diterima bekerja di kantor pajak. Profesi ini bisa mendatangkan penghasilan sebesar Rp4.000.000,00 dan bisa terus naik sesuai jabatanmu di sana.

10. Pebisnis

Jika Kamu punya bakat berbisnis, maka coba saja membangun bisnis sendiri setelah tamat kuliah. Ilmu ekonomi yang Kamu dapat saat berkuliah bisa menjadi bekal untuk mengelola bisnis sendiri.

Selain itu, konsep syariah yang Kamu pelajari juga bisa menjadi panduan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Penghasilan yang Kamu dapat juga bisa sangat besar, tergantung kelancaran pengembangan bisnis.


Related Posts

Related Posts