kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Psikologi Islam Untuk Jenjang S1

Jurusan psikologi sejak lama sudah menjadi jurusan yang cukup favorit dan diminati banyak orang bahkan hingga saat ini, sehingga banyak perguruan tinggi yang membuka fakultas ilmu psikologi. Ilmu psikologi juga memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya ialah psikologi Islam. Dalam jurusan psikologi Islam, Kamu akan belajar mengenai karakter dan kepribadian manusia dengan menggunakan sumber rujukan yang berasal dari Islam yang dirangkum dalam beberapa mata kuliah psikologi Islam lainnya.

Bagi Kamu yang ingin mendalami cabang ilmu psikologi yang satu ini, inilah mata kuliah psikologi Islam yang akan Kamu pelajari di jurusan tersebut.

1. Filsafat Dakwah

Mata kuliah ini merupakan ilmu yang mempelajari secara kritis dan mendalam mengenai dakwah serta respon terhadap dakwah yang dilakukan oleh para mubaligh sehingga orang yang didakwahi menjadi orang yang beriman secara Islam.

2. Studi Hadist

Mata kuliah studi hadist yaitu akan membahas mengenai hadist-hadist Nabi Muhammad SAW, mulai dari pengertian hadist, mengapa hadist tersebut perlu digunakan, sejarah perkembangan hadist, hingga metode pemahaman untuk mengetahui kesahihan atau kelemahan hadist.

3. Pengantar Studi Islam

Dalam mata kuliah ini, Kamu akan mengkaji ilmu keislaman dalam wilayah telaah dan materi ajaran agama serta fenomena kehidupan beragama.

4. Psikologi Sosial

Mata kuliah psikologi sosial adalah mata kuliah yang mempelajari tingkah laku manusia sebagai individu dalam situasi sosial serta bagaimana individu tersebut mempengaruhi atau dipengaruhi situasi sosialnya.

5. Filsafat Islam

Mata kuliah psikologi Islam selanjutnya adalah filsafat Islam. Dalam mata kuliah ini, Kamu akan mengkaji secara sistematis mengenai kehidupan, etika, semesta, moralitas, serta pemikiran yang dilakukan dalam dunia Islam.

6. Psikologi Perkembangan

Dalam mata kuliah ini, Kamu akan mempelajari konsep dasar mengenai psikologi perkembangan, prinsip perkembangan, serta pendekatan yang dilakukan dalam psikologi perkembangan.

7. Psikologi Kepribadian

Psikologi kepribadian adalah mata kuliah yang mempelajari kepribadian seseorang atau individu dengan pendekatan-pendekatan seperti sikap, sifat, atau juga tingkah laku yang menjadi kebiasaan sehari-hari individu tersebut.

8. Psikologi Kognitif

Dalam mata kuliah psikologi kognitif, Kamu akan mempelajari hal-hal seperti cara berpikir individu, proses membangun persepsi dan memahami informasi, serta hal-hal seperti memori, perhatian, cara berpikir kreatif, atau cara pengambilan keputusan.

9. Psikologi Gender

Psikologi gender adalah mata kuliah yang mempelajari mengenai konsep gender yang dihasilkan dari hasil konstruksi sosial. Kamu juga akan mempelajari beberapa konsep dan teori gender menurut para ahli.

10. Psikologi Faal

Mata kuliah yang satu ini merupakan ilmu turunan dari biologi dimana psikologi faal akan mempelajari kehidupan benda hidup secara fisik maupun kimiawi.

Itu tadi beberapa mata kuliah psikologi Islam yang akan dipelajari oleh para mahasiswa jurusan psikologi Islam di universitas. Semoga informasi di atas bisa membantu, ya.


Related Posts

Related Posts