kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Manajemen Keuangan Syariah Untuk Jenjang S1


Bagi Kamu yang tertarik dengan ilmu ekonomi yang berbasis syariah dan menerapkan ilmu-ilmu Islam, Kamu bisa memilih jurusan manajemen keuangan syariah di perguruan tinggi. Jika Kamu tertarik dengan jurusan ini, berikut beberapa informasi mengenai mata kuliah manajemen keuangan syariah agar Kamu bisa lebih mengenal jurusan ini.

1. Ekonomi Syariah

Pada mata kuliah ekonomi syariah, Kamu akan mempelajari hal-hal yang terkait dengan ilmu ekonomi beserta prinsip-prinsipnya yang menggunakan prinsip syariah berdasarkan ajaran-ajaran dan nilai Islam.

2. Keuangan Dan Investasi Syariah

Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang membahas mengenai konsep, teori, serta praktek dalam mengelola keuangan syariah dan membahas mengenai pasar modal yang berbasiskan syariah. Kamu juga akan mempelajari larangan dalam transaksi syariah sesuai dengan anjuran Islam.

3. Manajemen Obligasi Syariah

Obligasi merupakan salah satu instrumen investasi. Dalam mata kuliah manajemen obligasi syariah, Kamu akan mempelajari prinsip-prinsip obligasi dengan menerapkan ilmu syariah.

4. Reksadana Syariah

Reksadana merupakan modal bersama yang dikelola oleh perusahaan investasi. Pada mata kuliah reksadana syariah, Kamu akan mempelajari reksadana dengan prinsip syariah dalam bentuk akad antara shohibul maal atau pemodal dan manajer investasi sebagai wakil shohibul maal.

5. Manajemen Zakat Dan Wakaf

Mata kuliah manajemen keuangan syariah selanjutnya adalah manajemen zakat dan wakaf. Mata kuliah ini akan mempelajari ilmu-ilmu seputar zakat dan wakaf, seperti melakukan riset di bidang zakat dan wakaf sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

6. Manajemen Pemasaran Syariah

Mata kuliah manajemen pemasaran syariah adalah mata kuliah yang membahas mengenai strategi-strategi pemasaran mulai dari skala kecil hingga skala yang besar.

7. Manajemen Investasi Syariah

Mata kuliah manajemen investasi syariah adalah mata kuliah yang mempelajari materi-materi mengenai teori-teori mengenai manajemen investasi syariah serta pengertian dan implementasi pasar modal syariah di dunia nyata.

8. Akuntansi Perbankan Syariah

Mata kuliah akuntansi perbankan syariah adalah mata kuliah dimana Kamu akan mempelajari materi-materi seperti akuntansi penghimpunan dana, transaksi pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan hal-hal terkait akuntansi lainnya.

9. Analisis Laporan Keuangan Syariah

Pada mata kuliah ini, Kamu akan mempelajari materi-materi untuk menganalisis dan menginterpretasi data laporan keuangan dengan menggunakan teknik dan metode syariah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan.

10. Manajemen Operasional Perbankan Syariah

Pada mata kuliah ini Kamu akan mempelajari hal-hal operasional dan manajemen yang diterapkan pada dunia perbankan dengan menggunakan prinsip-prinsip dan metode syariah yang berbeda dengan prinsip manajemen dan operasional perbankan konvensional.

Itulah beberapa mata kuliah manajemen keuangan syariah untuk informasi bagi Kamu yang tertarik untuk masuk jurusan ini di perguruan tinggi dan mendalami ilmu keuangan syariah yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya buat Kamu.


Related Posts

Related Posts