kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Hukum Ekonomi Syariah Untuk Jenjang S1


Salah satu cabang dari ilmu hukum dan ekonomi yang bisa Kamu pelajari di jenjang perguruan tinggi yaitu jurusan hukum ekonomi syariah. Jurusan hukum ekonomi syariah ialah jurusan yang mempelajari ilmu hukum dan ekonomi yang menerapkan prinsip-prinsip syariah sesuai dengan ajaran Islam. Inilah beberapa mata kuliah hukum ekonomi syariah yang akan Kamu temui ketika masuk jurusan ini.

1. Hukum Perikatan Islam

Mata kuliah hukum perikatan Islam adalah mata kuliah yang membahas seluk beluk hukum benda serta hukum perikatan Islam, mulai dari pengertian, unsur-unsur pembagian serta pandangan Islam mengenai hak milik, syarat akad, dan hal-hal lainnya.

2. Ilmu Ekonomi Islam

Mata kuliah ilmu ekonomi Islam adalah mata kuliah yang mempelajari prinsip-prinsip, dasar, serta sistem ekonomi yang dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip syariah yang ditentukan dalam ajaran Islam.

3. Tafsir Dan Hadits Ekonomi

Di mata kuliah ini, Kamu akan mempelajari hadits-hadits yang ada dalam Islam beserta arti dan tafsirnya. Hadits yang akan Kamu pelajari juga akan terfokus pada hadits-hadits yang membahas mengenai ilmu ekonomi.

4. Sosiologi Hukum Islam

Pada mata kuliah sosiologi hukum Islam, Kamu akan mempelajari hal-hal mengenai hukum Islam yang berlaku serta berkembang dan diamalkan dalam lingkungan masyarakat tertentu dan waktu tertentu serta pada kondisi yang tertentu pula.

5. Hukum Perbankan Syariah

Mata kuliah hukum ekonomi syariah selanjutnya adalah mata kuliah hukum perbankan syariah. Semakin berembangnya lembaga perbankan syariah di Indonesia membuat hadirnya hukum yang mengatur ini. Hal itulah yang akan Kamu pelajari pada mata kuliah ini.

6. Keuangan Publik Islam

Mata kuliah keuangan publik Islam akan mempelajari ajaran Islam yang terkait dengan keuangan publik, seperti kajian sejarah ekonomi keuangan Islam, dasar teori dan aplikasi keuangan publik kontemporer, dan materi-materi lainnya yang terkait.

7. Pendekatan Studi Islam

Dalam mata kuliah ini, Kamu akan mempelajari ilmu mengenai Islam dari berbagai pendekatan, seperti pendekatan normatif, antropologis, sosiologis, teologis, fenomenologis, dan filosofis.

8. Fiqh Ekonomi

Fiqh ekonomi atau fiqh muamalah ialah mata kuliah yang mempelajari konsep akad, mulai dari jual beli, sewa, riba, syirkah, pegadaian, perwakilan, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan fiqh.

9. Manajemen Strategi Lembaga Zakat

Pada mata kuliah ini Kamu akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan zakat, infaq, shodaqoh, atau wakaf yang ditentukan dalam Islam.

10. Makro Dan Mikro Ekonomi Islam

Pada mata kuliah ini Kamu akan mempelajari ilmu ekonomi berdasarkan kedua lingkup yang dibahas, yaitu secara makro dan secara mikro.

Itulah beberapa mata kuliah hukum ekonomi syariah yang akan Kamu temui nanti jika Kamu masuk jurusan hukum ekonomi syariah di jenjang perguruan tinggi. Semoga ulasan di atas bisa menambah referensi untuk Kamu, ya.


Related Posts

Related Posts