kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Ekonomi Syariah Untuk Jenjang S1


Salah satu jurusan yang ada di fakultas ekonomi ialah jurusan ekonomi syariah. Pada jurusan ini, Kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah ekonomi yang berpegang pada prinsip-prinsip dan nilai ajaran Islam. Bagi Kamu yang ingin memasuki jurusan ini, berikut beberapa informasi mengenai mata kuliah ekonomi syariah yang sebaiknya Kamu tahu sebelum memutuskan memilih jurusan ini.

1. Makro Ekonomi Syariah

Pada mata kuliah ini Kamu akan mempelajari materi mengenai teori ekonomi makro dalam perspektif ajaran-ajaran serta nilai Islam, seperti dinar dan dirham, kebijakan fiskal dalam ekonomi Islam, moneter dalam ekonomi Islam, dan sebagainya.

2. Akuntansi Syariah

Akuntansi syariah merupakan mata kuliah yang fokus mempelajari mengenai dua hal, yaitu akuntabilitas dan pelaporan yang sesuai dengan ketentuan Islam.

3. Manajemen Produk Halal

Maraknya kebutuhan masyarakat akan produk halal membuat diperlukannya suatu sistem manajemen untuk mengatur berbagai proses mulai dari penyidikan hingga distribusi produk-produk halal tersebut. Di mata kuliah manajemen produk halal Kamu akan mempelajari berbagai hal mengenai ilmu tersebut.

4. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam

Pada mata kuliah sejarah pemikiran ekonomi Islam, Kamu akan mempelajari ilmu dan materi yang berkaitan dengan sejarah ekonomi Islam dari zaman dahulu hingga perkembangannya sampai saat ini.

5. Ekonomi Pembangunan Islam

Mata kuliah ekonomi syariah selanjutnya adalah ekonomi pembangunan Islam. Dalam mata kuliah ini, Kamu akan mempelajari teori ekonomi pembangunan dari dua perspektif, yaitu dari perspektif konvensional serta dari perspektif Islam.

6. Ekonomi Keuangan Publik Islam

Pada mata kuliah ini Kamu akan mempelajari mengenai sejarah ekonomi dan keuangan publik Islam, konsep pembelajaran negara berdasarkan Islam serta konsep penerimaan keuangan negara dalam Islam.

7. Ekonomi Zakat

Pada mata kuliah ekonomi zakat, Kamu akan mempelajari materi-materi mengenai pengelolaan zakat, sistem operasionalnya, serta analisis-analisis sumber keuangan dalam pengelolaan zakat.

8. Manajemen Keuangan Islam

Dalam mata kuliah manajemen keuangan Islam, Kamu akan mempelajari ilmu mengenai manajerial keuangan untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan kesesuaian manajerial tersebut dengan prinsip-prinsip syariah yang dianut oleh agama Islam.

9. Teori Keuangan Dan Investasi Syariah

Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang mempelajari mengenai manajemen keuangan dan investasi syariah dengan tujuan untuk memahami kegiatan pengelolaan keuangan yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah Islam.

10. Ekonomi Moneter Islam

Mata kuliah ekonomi moneter Islam ialah mata kuliah yang mempelajari mengenai kebijakan Islam terhadap uang serta menjelaskan sistem kebijakan moneter dalam prinsip-prinsip dan syariat Islam.

Itulah beberapa mata kuliah ekonomi syariah yang akan Kamu pelajari jika masuk jurusan ini. Informasi tersebut bisa menjadi informasi tambahan bagi Kamu yang ingin masuk jurusan ekonomi syariah di jenjang perguruan tinggi.

Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat ya buat Kamu.


Related Posts

Related Posts