kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Akuntansi Syariah Untuk Jenjang S1


Seiring berkembangnya tren mengenai keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia, semakin banyak pula dibuka jurusan-jurusan seperti jurusan akuntansi syariah, dimana Kamu akan mempelajari ilmu akuntansi yang menerapkan prinsip-prinsip Islam. Bagi Kamu yang sedang mencari tahu mengenai jurusan ini, berikut beberapa mata kuliah akuntansi syariah untuk tambahan informasi Kamu.

1. Ekonomi Mikro Islam

Pada mata kuliah ekonomi mikro Islam, Kamu akan mempelajari materi-materi seperti analisa perilaku-perilaku ekonomi individual, seperti perilaku pasar, perilaku konsumen, serta perilaku produsen yang dilihat dari sisi perspektif agama Islam.

2. Filsafat Ekonomi Islam

Mata kuliah filsafat ekonomi Islam ialah mata kuliah yang membahas mengenai ilmu filsafat yang digunakan untuk sistem ekonomi berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

3. Ekonomi Makro Islam

Pada mata kuliah ini Kamu akan mempelajari materi mengenai teori ekonomi makro dalam perspektif ajaran-ajaran serta nilai Islam, seperti dinar dan dirham, kebijakan fiskal dalam ekonomi Islam, moneter dalam ekonomi Islam, dan sebagainya.

4. Sejarah Pemikiran Ekonomi Syariah

Mata kuliah ini ialah mata kuliah yang akan mempelajari pemikiran-pemikiran di masa lampau hingga masa kini yang memberi pengaruh terhadap sistem ekonomi syariah yang digunakan saat ini.

5. Matematika Keuangan Syariah

Mata kuliah akuntansi syariah selanjutnya adalah matematika keuangan syariah. Pada mata kuliah ini Kamu akan mendalami ilmu matematika yang diterapkan pada sistem keuangan yang berdasarkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam.

6. Hukum Bisnis Dan Arbitrase Syariah

Secara singkat, arbitrase merupakan cara menyelesaikan sengketa di luar pengadilan dengan menyerahkan perkara tersebut pada arbiter. Pada mata kuliah ini Kamu akan mempelajari sistem arbitrase serta hukum-hukumnya yang disesuaikan dengan syariat Islam.

7. Manajemen Pembiayaan Syariah

Mata kuliah manajemen pembiayaan syariah ialah mata kuliah yang mendalami persoalan-persoalan yang terkait mengenai manajemen pembiayaan pada lembaga bank syariah, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, hingga pengelolaan pembiayaan tersebut secara prinsip-prinsip Islami.

8. Akuntansi Perbankan Syariah

Pada mata kuliah akuntansi perbankan syariah Kamu akan mempelajari konsep serta praktek akuntansi perbankan syariah pada lembaga bank yang menerapkan prinsip syariah serta membuat laporan transaksi-transaksi dengan basis syariah.

9. Auditing Syariah

Pada mata kuliah ini Kamu akan mempelajari teknik auditing serta memahami proses auditing yang berdasarkan pada PSAK syariah yang dilakukan di berbagai lembaga keuangan syariah.

10. Analisis Laporan Keuangan Syariah

Dalam mata kuliah analisis laporan keuangan syariah Kamu akan mempelajari, menganalisa, serta menginterpretasi laporan keuangan dengan menggunakan metode yang berbasis syariah untuk dijadikan dasar keputusan bisnis perusahaan tersebut.

Demikianlah informasi mengenai mata kuliah akuntansi syariah untuk informasi tambahan bagi Kamu yang sedang mencari tahu jurusan ini. Dengan mengetahui mata kuliah yang akan Kamu pelajari saat kuliah ini membuat Kamu memiliki gambaran tentang perkuliahan yang nantinya harus dijalani.


Related Posts

Related Posts