kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Jurusan Yang Berhubungan Dengan Kimia Sebagai Referensi


Kimia merupakan ilmu yang mempelajari mengenai susunan, sifat, serta perubahan-perubahan materi. Dalam kimia, Kamu akan mempelajari hal-hal seperti atom, senyawa kimia, serta reaksi kimia. Ilmu kimia juga bisa diturunkan menjadi berbagai ilmu lain seperti beberapa jurusan yang ada di perguruan tinggi. Bagi Kamu yang menyukai ilmu kimia, berikut 10 jurusan yang berhubungan dengan kimia yang bisa Kamu pilih saat berada di perguruan tinggi.

1. Farmasi

Di jurusan farmasi Kamu akan banyak mendapatkan materi-materi yang berhubungan dengan kimia, mulai dari cara pembuatan obat, proses kerja obat dalam tubuh, atau ramuan-ramuan tradisional. Setelah lulus, Kamu memiliki peluang untuk bekerja sebagai apoteker.

2. Kimia

Di perguruan tinggi Kamu juga bisa memilih jurusan kimia. Jurusan ini mempelajari ilmu kimia murni. Kamu akan mempelajari ilmu kimia untuk membuat inovasi-inovasi baru dalam bidang kimia yang berguna untuk kehidupan masyarakat di masa depan.

3. Teknik Kimia

Jurusan teknik kimia berbeda dengan jurusan kimia. Pada jurusan teknik kimia, Kamu akan lebih fokus untuk mempelajari ilmu-ilmu kimia yang diterapkan dan dimanfaatkan untuk bidang industri. Jurusan teknik kimia saat ini sedang banyak diminati karena lulusannya banyak dibutuhkan dunia industri.

4. Ilmu Gizi

Mempelajari mengenai gizi erat kaitannya dengan ilmu kimia. Dalam jurusan ilmu gizi, Kamu akan mempelajari mengenai zat-zat yang terkandung dalam sebuah makanan dan kaitannya jika dikonsumsi oleh tubuh. Kamu akan banyak mempelajari at-zat seperti karbohidrat, protein, lemak, dan zat-zat lainnya.

5. Biokimia

Jurusan yang berhubungan dengan kimia selanjutnya adalah biokimia. Di jurusan ini, Kamu akan mempelajari proses-proses dan reaksi kimia yang terjadi dan dimiliki oleh makhluk hidup. Misalnya seperti genetika atau metabolisme. Selain itu, di jurusan biokimia Kamu juga akan mempelajari hal-hal seperti bakteri atau virus.

6. Teknologi Pangan

Pada jurusan teknologi pangan, Kamu akan mempelajari teknik-teknik untuk mengolah bahan baku mentah makanan seperti hasil-hasil pertanian untuk menjadi makanan jadi dengan teknik-teknik pembuatan tertentu.

7. Agroindustri

Jurusan agroindustri adalah jurusan yang mempelajari mengenai proses dan teknik kimia yang diterapkan pada industri dan perusahaan. Jurusan ini juga erat kaitannya dengan teknik pangan dan teknik industri.

8. Pendidikan Kimia

Di jurusan pendidikan kimia Kamu akan mempelajari ilmu-ilmu kimia namun lebih terfokus pada metode pengajaran ilmu kimia kepada orang lain. Jurusan ini cocok bagi Kamu yang ingin bekerja sebagai guru kimia di sekolah.

9. Teknologi Hasil Hutan

Pada jurusan teknologi hasil hutan Kamu akan mempelajari ilmu mengenai mengelola dan mengembangkan ilmu atau teknik pengolahan untuk mengolah hasil-hasil hutan baik yang berupa kayu ataupun non-kayu untuk menjadi produk-produk lain yang bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat.

10. Hortikultura

Jurusan hortikultura merupakan jurusan yang mempelajari mengenai sistem atau cara-cara untuk merawat dan membudidayakan tanaman.

Itulah 10 jurusan yang berhubungan dengan kimia yang bisa dipilih bagi Kamu yang menyukai ilmu kimia. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.


Related Posts

Related Posts