kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan


Ketika Kamu kuliah dan telah menyelesaikan pendidikan tersebut, harapan Kamu dan para lulusan yang lain tentunya adalah agar bisa segera mendapat pekerjaan. Salah satu tujuan orang-orang menempuh pendidikan memang agar mereka bisa memiliki peluang kerja yang lebih baik. Namun, nyatanya ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan dibanding jurusan lain. Hal ini dikarenakan lapangan pekerjaan jurusan tersebut yang lebih sempit sehingga kesempatan mendapat pekerjaan semakin terbatas. Berikut informasi tentang jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan yang perlu Kamu tahu.

1. Bahasa Dan Sastra

Para lulusan bahasa dan sastra cenderung identik dengan profesi-profesi tertentu saja, seperti sastrawan atau penulis. Menurut riset, tingkat pengangguran dari jurusan ini mencapai 9,2%.

2. Ilmu Sejarah

Lulusan ilmu sejarah juga dianggap lebih sulit mendapat kerja karena kurangnya lapangan pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan jurusan ini. Menurut riset, angka pengangguran dari lulusan ilmu sejarah mencapai 10,2%.

3. Antropologi

Jurusan antropologi merupakan jurusan yang mempelajari mengenai kebudayaan berbagai suku bangsa dan masyarakat. Jurusan ini juga cukup sulit mendapat pekerjaan dan tingkat pengangguran yang dihasilkan dari jurusan ini sama dengan lulusan ilmu sejarah, yaitu sekitar 10,2%.

4. Filsafat

Filsafat sebenarnya merupakan dasar ilmu dari berbagai ilmu-ilmu lainnya. Namun sayangnya para lulusan dari jurusan filsafat dikenal cukup sulit mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bidang mereka, terutama jika mencari di perusahaan-perusahaan. Persentase pengangguran para lulusan filsafat mencapai 10,8%.

5. Musik

Jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan selanjutnya adalah jurusan musik. Orang-orang masih menganggap mempelajari musik hanyalah untuk sekedar hobi bukan untuk mencari pekerjaan. Rata-rata para lulusan dari jurusan musik bekerja sendiri dengan memasarkan karya mereka. Persentase pengangguran dari jurusan ini ialah sebesar 9,2%.

6. Seni Rupa

Jurusan seni rupa merupakan jurusan yang mempelajari seni-seni seperti seni lukis atau seni patung. Mereka disebut sebagai perupa dan lebih sering bekerja sendiri sebagai pelukis, pematung, atau pemahat. Persentase pengangguran jurusan ini mencapai 12,6%.

7. Seni Teater

Jurusan seni teater juga dianggap sulit mendapat pekerjaan. Mereka lebih sering membentuk komunitas sendiri untuk menampilkan karya mereka. Namun pertunjukan teater yang membutuhkan persiapan cukup kompleks juga membuat para lulusan jurusan ini lebih sulit untuk melakukan pementasan.

8. Arkeologi

Materi pada pembelajaran arkeologi hampir mirip seperti pada jurusan ilmu sejarah. Hanya saja pembelajaran pada jurusan arkeologi terfokus pada kebudayaan-kebudayaan yang telah punah di masa lalu. Lulusan arkeologi memiliki persentase pengangguran sekitar 10,5%.

9. Pertanian

Banyak yang menganggap bahwa jurusan pertanian bukanlah jurusan yang penting dan para lulusannya tidak bisa bekerja di perusahaan-perusahaan. Nyatanya, para lulusan pertanian memang lebih cocok untuk menerapkan ilmu mereka di desa-desa dibanding mencari pekerjaan di kota.

10. Peternakan

Sama halnya dengan pertanian, jurusan peternakan juga dianggap akan sulit mendapat pekerjaan di perusahaan. Kebanyakan lulusan peternakan memang lebih cocok untuk membuka usaha peternakan mereka sendiri.

Itulah 10 jurusan kuliah yang sulit dapat pekerjaan yang bisa Kamu jadikan pertimbangan. Meskipun begitu, yakinlah bahwa tidak ada ilmu yang sia-sia.


Related Posts

Related Posts