kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Tujuan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) Dilaksanakan Mahasiswa



Praktik Pengalaman Lapangan menjadi salah satu kegiatan wajib yang tidak boleh dilewatkan oleh mahasiswa pendidikan. Program ini bahkan disebut sebagai mata kuliah yang harus diambil jika mahasiswa ingin lulus. PPL memiliki tujuan yang sangat bagus bagi mahasiswa. Berikut adalah 5 tujuan PPL yang penting untuk Kamu pahami sebagai mahasiswa pendidikan.

1. Memberi Pengenalan Lingkungan Sekolah

Program PPL diselenggarakan untuk membantu Kamu mengenal seperti apa lingkungan sekolah. Sebagai calon pengajar, maka Kamu harus mengenal lingkungan kerjamu ini sedari dini.

Saat mengikuti program PPL, Kamu akan bekerja di lingkungan sekolah dan tahu seperti apa lingkungan mengajar mulai dari kondisi siswa, guru, hingga administrasi sekolah.

2. Memberikan Keterampilan Mengajar

PPL menjadi kegiatan yang bertujuan untuk memberikan keterampilan mengajar kepada mahasiswa. Tidak cukup hanya belajar teori di kelas, Kamu juga harus belajar secara praktik.

Kamu perlu memiliki keterampilan mengajar siswa sedari dini. Saat mengikuti program PPL ini, Kamu berkesempatan untuk mengajar siswa secara langsung sehingga keterampilan tersebut bisa berkembang.

3. Menanamkan Profesionalitas

Melalui program PPL, universitas ingin menanamkan profesionalitas kepada mahasiswa pendidikan sedari dini. Kamu akan belajar seperti apa rasanya menjalani profesi guru. Saat menjalani program PPL, Kamu akan diberi tanggung jawab seperti guru-guru yang sesungguhnya.

Inilah saat dimana Kamu bisa merasakan tidak lagi menjadi mahasiswa melainkan guru yang harus bersikap profesional. Pelajaran mengenai profesionalitas ini tentu tidak bisa didapatkan di sembarang tempat. Itulah mengapa mahasiswa pendidikan harus mengikuti program PPL ini dengan sebaik mungkin.

4. Mengembangkan Kompetensi Mengajar

Salah satu tujuan PPL adalah mengembangkan kompetensi mengajar yang Kamu miliki. Sebagai mahasiswa pendidikan, penting sekali bagi Kamu untuk memiliki kompetensi mengajar.

Kompetensi ini harus dikembangkan agar Kamu siap mengajar setelah lulus nanti. Ada banyak pelajaran yang akan Kamu dapat selama menjalani PPL dan pelajaran tersebut bisa membantu membuat kompetensimu berkembang.

Tidak hanya dibantu oleh dosen, Kamu juga akan belajar dengan bantuan guru-guru yang bekerja di sekolah tempat Kamu menjalani PPL. Di sana Kamu akan mendapat banyak masukan dari sesama pengajar. Kamu juga bisa belajar banyak dari murid-murid yang Kamu ajar.

5. Memberi Pengalaman Mengajar

Pengalaman merupakan guru yang paling berharga dan bisa dijadikan bekal untuk masa depan. Mengikuti program PPL akan membuat Kamu punya banyak pengalaman mengajar. Pengalaman ini bisa menjadi bekal untuk mengevaluasi kemampuan mengajarmu sehingga Kamu bisa jadi guru yang baik di masa depan.

Itulah tadi beberapa tujuan PPL yang perlu Kamu tahu. Program ini diselenggarakan universitas demi kebaikanmu sebagai mahasiswa pendidikan. Jika sudah tiba waktunya untuk menjalani PPL maka ikutilah program ini sebaik mungkin dengan usaha terbaikmu. Tidak hanya memburu nilai yang bagus, tapi juga untuk mempersiapkan diri menjadi guru yang baik.




Related Posts

Related Posts