kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Tips Wawancara Bidikmisi yang Perlu Kamu Persiapkan

Calon pelamar yang sudah lolos seleksi administrasi pasti khawatir dengan seleksi wawancara beasiswa. Bisa dikatakan kalau tahap wawancara merupakan proses final agar Kamu bisa diterima masuk ke universitas atau perguruan tinggi impian. Apalagi beasiswa bidikmisi memberikan keringanan biaya pendidikan dan hidup dari APBN. Agar Kamu bisa lolos seleksi, pastikan tahu tips wawancara bidikmisi berikut.

Kemampuan berbicara bukan poin kelebihan yang akan membuat Kamu diterima menjadi penerima beasiswa. Namun, jawaban yang bagus dan sesuai harapan pewawancara akan membuat Kamu menjadi kandidat penerima beasiswa yang tepat. Yuk, simak tips wawancara bidikmisi yang bermanfaat berikut ini!

1. Memakai pakaian yang sopan dan rapi

Jika ada aturan tentang pakaian yang harus Kamu gunakan selama melakukan wawancara, pastikan Kamu memakai pakaian tersebut. Sebaiknya Kamu memakai pakaian yang sopan, rapi dan terjaga kebersihannya.

2. Datang Lebih Awal

Terlambat akan mengurangi poin nilai Kamu. Pastikan Kamu datang tepat waktu atau datang lebih awal sebelum jam wawancara dilangsungkan. Toh, Kamu yang datang tepat waktu bisa menghilangkan perasaan khawatir atau gugup berlebihan.

3. Mengantisipasi Kelemahan

Mengetahui kekurangan atau kelemahan diri sendiri merupakan cara jitu menghadapi segala hal termasuk sesi wawancara. Jika Kamu orang yang mudah berkeringat, pakailah bahan katun yang baik. Jika kelemahan Kamu adalah lupa mengingat sesuatu, pastikan untuk membuat catatan yang detail agar bisa Kamu baca ulang, ya!

4. Menjawab Dengan Rasa Percaya Diri

Tingkat kepercayaan diri akan membuat Kamu mendapatkan nilai unggul. Namun, Kamu harus tahu bagaimana mengelola kepercayaan diri dengan baik agar tidak terkesan ambisius atau tinggi hati.

5. Jangan Terlalu Menghafal Pertanyaan

Bisa saja pertanyaan yang diajukan padamu bakal berbeda dengan calon penerima beasiswa yang lain. Jangan terpaku pada pertanyaan yang umum saja agar Kamu bisa menjawab lebih natural sesuai kondisi sebenarnya.

6. Melakukan Riset Pertanyaan Lebih Mendalam

Sebelum masuk ke ruang wawancara, pastikan Kamu melakukan riset tentang referensi pertanyaan dari tim pewawancara. Dengan riset yang baik, Kamu bisa membuat poin-poin jawaban yang lebih maksimal.

7. Menjawab Dengan Bahasa Yang Baik

Pastikan Kamu menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jawaban yang singkat, padat dan informatif lebih dibutuhkan saat sesi wawancara. Kalau Kamu bisa menguasai bahasa asing, bisa saja menjadi value lebih dirimu dibandingkan calon lain.

8. Hindari Hal Yang Membuat Nilaimu Berkurang

Apa saja yang harus Kamu hindari saat tes wawancara beasiswa bidikmisi? Sebaiknya Kamu tidak menguap, menggerakkan kaki atau tangan berlebihan, gugup yang terlihat, mengeluh, dan hal negatif lain.

9. Bahasa Tubuh Yang Bagus

Jangan lupa untuk menunjukkan bahasa tubuh yang bagus seperti sikap yang baik, posisi tubuh tegap dan tegas, tersenyum, dan lain-lain.

10. Berdoa

Hal yang paling penting dalam setiap menjalani kegiatan wawancara adalah doa. Siapa tahu Kamu memang ditakdirkan menjadi penerima beasiswa bidikmisi dari pemerintah Indonesia.

Apakah Kamu sudah yakin untuk mengikuti seleksi beasiswa bidikmisi? Terapkan 10 tips wawancara bidikmisi sampai lolos tahap final di atas, ya!


Related Posts

Related Posts