kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Tips Persiapan Ikut Seleksi Mandiri Yang Perlu Kamu Lakukan


Sama seperti ujian lainnya, seleksi ujian mandiri juga harus dipersiapkan dengan baik agar hasilnya memuaskan. Jalur mandiri merupakan opsi ketiga Kamu untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang Kamu inginkan. Agar tidak gagal untuk kesekian kali, Kamu memerlukan Tips Persiapan Ikut Seleksi Mandiri.

Berikut ini ada 10 Tips Persiapan Ikut Seleksi Mandiri yang bisa Kamu terapkan.

1. Selalu Ikuti Informasi Terbaru

Yang pertama, selalu ikuti perkembangan informasi terbaru. Seleksi mandiri diselenggarakan langsung oleh masing-masing perguruan tinggi. Jadi, informasinya pun disesuaikan dengan kebijakan masing-masing PTN.

2. Cari Tahu Persyaratan Jalur Mandiri

Yang kedua, cari tahu persyaratan jalur mandiri yang Kamu ikuti. Masing-masing PTN memiliki kebijakan sendiri. Ada yang menyelenggarakan ujian tulis, ada juga yang hanya menggunakan nilai SBMPTN atau nilai rapor.

3. Persiapkan Biaya Tes Yang Diperlukan

Tips Persiapan Ikut Seleksi Mandiri yang ketiga adalah menyiapkan biaya tes yang diperlukan. Seleksi jalur mandiri tidak gratis. Ada biaya pendaftaran yang harus Kamu bayarkan.

4. Cari Tahu Jadwal Pelaksanaan

Yang keempat, cari tahu jadwal pelaksanaan seleksi. Tes jalur mandiri tidak dilaksanakan secara serentak. Jadwal pelaksanaannya tergantung kebijakan masing-masing universitas.

5. Cari Tahu Materi Yang Diujikan

Yang kelima, cari tahu materi yang diujikan. Agar lebih siap, Kamu bisa mencari tahu kisi-kisi seleksi jalur mandiri yang Kamu ikuti. Setelah tahu kisi-kisinya, belajarlah dengan sungguh agar Kamu siap.

6. Pilihan Prodi Menentukan Soal Yang Kamu Dapat

Yang keenam, cari tahu program studi apa saja yang bisa Kamu pilih di seleksi jalur mandiri ini. Pemilihan program studi ini akan menentukan jenis soal yang Kamu dapat.

7. Persiapkan Alat Tes Yang Diperlukan

Yang ketujuh, persiapkan alat tes yang perlu dibawa. Jika seleksi mandiri dilakukan dengan tes tulis, berarti Kamu perlu menyiapkan peralatan tulis. Jika dilakukan dengan ujian praktik, berarti Kamu perlu mempersiapkan alat-alat lainnya yang dibutuhkan.

8. Ikuti Latihan Soal Atau Simulasi

Tips Persiapan Ikut Seleksi Mandiri berikutnya adalah Kamu bisa mengikuti latihan soal atau simulasi. Ada banyak try out online yang bisa Kamu ikuti dan coba. Kamu bisa maksimalkan usahamu dengan mengikuti ini.

9. Persiapkan Mental Dan Fisik

Tips selanjutnya, persiapkan mental dan fisik. Jaga kesehatan, persiapkan diri, hindari stress menjelang seleksi jalur mandiri agar persiapan Kamu tidak berujung sia-sia.

10. Minta Restu Dan Doa Orang Tua

Yang terakhir dan tidak boleh terlupakan, minta restu dan doa kepada kedua orang tua. Doa dan restu mereka sangat Kamu butuhkan untuk mewujudkan keinginanmu.

Nah, itulah 10 Tips Persiapan Ikut Seleksi Mandiri yang bisa Kamu terapkan. Intinya adalah belajar dengan sungguh-sungguh, jaga kesehatan, hindari stress, dan tetap ikuti perkembangan informasi terbaru agar Kamu tidak ketinggalan. Semakin matang persiapan Kamu, tentu akan semakin baik.


Related Posts

Related Posts