kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Tips Mengisi KRS (Kartu Rencana Studi) Agar Jangan Sampai Salah


Ada banyak tantangan yang akan Kamu jalani setelah masuk masa kuliah. Salah satunya adalah pengisian Kartu Rencana Studi. Tidak asal pilih, penyusunan KRS harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Berikut 10 tips mengisi KRS yang bisa Kamu lakukan.

1. Ikuti Aturan Kampus

Hal pertama yang wajib untuk dilakukan adalah mengikuti aturan dari pihak kampus. Setiap kampus memberlakukan aturan KRS yang berbeda-beda. Kamu harus tahu seperti apa aturan pengisian KRS yang berlaku dan mengikuti aturan tersebut.

2. Pahami Kemampuan Diri

Kamu harus bisa memahami sejauh apa kemampuan yang Kamu miliki. Pahami kemampuanmu agar Kamu bisa menyusun KRS dengan sebaik mungkin. Jangan terlalu memaksakan diri mengambil banyak mata kuliah sampai akhirnya malah keteteran.

3. Perhatikan Jumlah SKS

Setiap kali masa KRS dibuka, maka Kamu akan mendapat kesempatan mengisi KRS sesuai dengan jumlah SKS tertentu. Jumlah SKS ini ditentukan oleh nilaimu di semester sebelumnya. Sebelum memilih mata kuliah, perhatikan dulu berapa jumlah SKS maksimal yang bisa diambil.

4. Susun Prioritas

Penting sekali untuk menyusun prioritas mata kuliah karena Kamu tidak bisa mengambil semuanya sekaligus. Ketahui mana mata kuliah yang wajib dan tidak. Susun prioritas mana yang harus diambil lebih dulu dan mana yang tidak.

5. Pastikan Kamu Memenuhi Syarat

Ada beberapa mata kuliah yang ternyata memberlakukan syarat tertentu. Jika memang begitu, maka pastikan bahwa Kamu sudah memenuhi syarat dan bisa mengambil mata kuliah tersebut.

6. Perhatikan Jadwal Kuliah

Salah satu tips mengisi KRS adalah dengan melihat jadwal kuliah yang akan Kamu jalani. Setelah selesai memilih mata kuliah, coba lihat apakah ada jadwal yang berbenturan atau tidak. Jika ada, maka Kamu harus menggantinya.

7. Perhatikan Status Nilai

Pengisian KRS sangat dipengaruhi oleh nilaimu. Semakin bagus nilai di semester lalu maka semakin besar juga peluang untuk mengambil banyak SKS. Perhatikan dulu berapa nilaimu di semester sebelumnya agar Kamu tidak salah melakukan pengisian KRS.

8. Konsultasikan Dengan Dosen

Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dosen jika Kamu merasa bingung melakukan pengisian KRS. Tanyakan kepada dosen pembimbingmu bagaimana seharusnya Kamu menyusun KRS-mu tersebut. Mata kuliah apa yang harus diambil lebih dulu dan mana yang sebaiknya ditunda ke semester depan.

9. Ikuti Jadwal KRS

Jangan lupa untuk selalu mengikuti jadwal pengisian KRS. Kampus sudah menyediakan waktu untuk mengisi KRS. Jika Kamu melewatkannya, Kamu terancam tidak bisa kuliah di semester tersebut.

10. Evaluasi Diri

Jangan malas mengevaluasi kemampuan diri. Coba lihat bagaimana pencapaian nilaimu di semester sebelumnya. Jika tidak bagus, maka jangan mengulang kesalahan yang sama di semester sekarang.

Itulah tadi 10 tips mengisi KRS yang bisa Kamu lakukan. Pastikan Kamu sudah mempersiapkan diri dan berpikir baik-baik sebelum mengambil mata kuliah dan mengisikannya di KRS.






Related Posts

Related Posts