kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Tips Memilih Sekolah PPL Agar Tidak Salah Pilih


Menjalani PPL sudah menjadi kewajiban bagi para mahasiswa jurusan pendidikan. Sebelum lulus, mahasiswa pendidikan memang harus melewati fase Praktik Pengalaman Lapangan ini. Supaya bisa menjalani PPL, maka Kamu harus memilih lokasi sekolah yang tepat. Berikut adalah 10 tips memilih sekolah PPL yang sebaiknya Kamu perhatikan.

1. Kenali Lokasi Sekolah

Hal pertama yang sangat penting untuk Kamu lakukan adalah mengenali lokasi sekolah. Tentu Kamu harus tahu dimana lokasi sekolah tersebut berada. Cari tahu apakah lokasinya strategis atau malah terpencil.

2. Akses Ke Kampus

Tak kalah penting untuk memikirkan bagaimana akses dari sekolah tempat PPL menuju kampus. Bukan tidak mungkin Kamu harus bolak-balik ke kampus selama PPL. Itulah mengapa sebaiknya lokasi sekolah punya akses yang mudah menuju kampus.

3. Pertimbangan Jumlah Siswa

Jumlah siswa di setiap sekolah tentu tidaklah sama. Penting sekali untuk mengetahui jumlah siswa yang ada dan pertimbangkan dulu apakah memang sekolah tersebut layak dijadikan mitra atau tidak.

4. Pertimbangan Jumlah Pengajar

Selain mempertimbangkan jumlah siswa, Kamu juga sebaiknya mencari tahu berapa jumlah pengajar di sekolah tersebut. Hal ini penting untuk dipertimbangkan agar Kamu bisa menjalani PPL dengan lebih nyaman dan optimal.

5. Pelajari Informasi Lengkap Sekolah

Salah satu tips memilih sekolah PPL yang penting untuk dilakukan adalah mendalami informasi sekolah mitra. Penting sekali untuk meminta informasi lengkap sekolah. Ini menjadi cara terbaik untuk mengenal tempat Kamu akan mengajar sehingga Kamu lebih cepat terbiasa.

6. Kenali Dulu Kemampuan Diri

Saat memilih sekolah untuk PPL, penting sekali untuk mengenali kemampuan dirimu sendiri. Sejauh apa Kamu memahami materi yang akan membantumu mengajar. Dimana Kamu memiliki kesanggupan mengajar? Bisa SD, SMP, maupun SMA.

7. Cari Tahu Persyaratan

Tidak semua sekolah akan menerima Kamu untuk menjalani PPL. Cari tahu dulu apakah pihak sekolah tersebut memang menerima mahasiswa PPL atau tidak. Kemudian, tanyakan syarat apa saja yang harus dipenuhi agar bisa menjalankan PPL.

8. Kenyamanan Yang Utama

Penting sekali untuk menganggap bahwa kenyamanan harus diutamakan. Pilih lokasi sekolah yang membuat dirimu nyaman mengajar. Jika Kamu sendiri merasa nyaman maka akan lebih mudah untuk menjalani praktik mengajar di sana.

9. Konsultasikan Pada Pembimbing

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan pembimbing. Setelah menemukan nama sekolah tujuan, tanyakan kepada pembimbing dan pastikan Kamu sudah mendapat persetujuan untuk PPL di sana.

10. Bicarakan Dengan Rekan PPL

Jika Kamu menjalani PPL bersama rekan-rekan mahasiswa, maka diskusikan pilihan sekolah ini dengan mereka. Mintalah persetujuan dari rekan-rekan PPL ini dan pastikan bahwa pilihan sekolah sudah tepat.

Itulah tadi 10 tips memilih sekolah PPL yang dapat Kamu lakukan. Pilihan sekolah PPL yang tepat akan memperlancar kegiatanmu mengikuti program wajib ini. Jadi, pikirkan matang-matang dan jangan sampai salah pilih sekolah mitra.








Related Posts

Related Posts