kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Tips Melaksanakan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) Agar Lancar


Menjalani PPL bagi mahasiswa pasti menjadi sebuah tantangan tersendiri. Praktik Pengalaman Lapangan menjadi sebuah kegiatan wajib yang sebenarnya sama sekali tidak mudah untuk dijalani. Namun, bagaimanapun juga PPL harus tetap dihadapi dengan penuh semangat. Berikut adalah 10 tips melaksanakan PPL yang perlu Kamu ketahui.

1. Persiapkan Diri Dengan Belajar

Sebelum memulai PPL, wajib hukumnya untuk belajar. Kamu harus mengulang lagi pelajaran di mata kuliah yang berhubungan langsung dengan aktivitas mengajarmu nanti. Pastikan bahwa Kamu menguasai dengan baik teori mengajar yang sudah diberikan kepadamu.

2. Pelajari Kurikulum

Kurikulum pendidikan selalu berubah dan Kamu harus bisa update terhadap perubahan tersebut. Ikuti perubahan kurikulum dan pelajari seperti apa kurikulum yang sedang berlaku saat ini.

3. Selalu Kuasai Materi

Sebelum terjun langsung untuk mengajar, pastikan Kamu belajar materi yang akan Kamu sampaikan terlebih dahulu. Kuasai dulu materinya baru Kamu bisa menyampaikan materi tersebut kepada siswa di kelas. Penguasaan materi juga akan sangat membantu Kamu untuk tampil lebih percaya diri.

4. Jalin Hubungan Baik Dengan Sekolah

Di tahap persiapan PPL, bangunlah hubungan baik dengan pihak sekolah mitra. Kamu harus meluangkan waktu untuk berkenalan dan berinteraksi dengan guru-guru maupun staf sekolah tersebut. Ini menjadi kunci penting yang akan berpengaruh pada kesuksesanmu menjalani PPL.

5. Berani Dan Tegas Ambil Keputusan

Sebagai mahasiswa PPL, Kamu harus punya keberanian mengambil keputusan. Meskipun Kamu akan mengajar di sekolah yang bukan tempat kerjamu, tapi Kamu tetap punya hak untuk mengambil keputusan. Sikap ini penting untuk dimiliki agar Kamu bisa menyelesaikan tanggung jawab PPL sebaik mungkin.

6. Berusaha Mengendalikan Diri

Salah satu tips melaksanakan PPL yang penting untuk Kamu lakukan yaitu belajar mengendalikan diri. Jangan mudah terbawa emosi karena hal ini tidak bagus untuk kelancaran program PPL yang Kamu jalani.

7. Jaga Komunikasi

Kamu tentu tahu bahwa komunikasi adalah kunci dari suatu hubungan. Jika ingin menjalin hubungan baik dengan pihak sekolah mitra dan siswa-siswanya maka jalinlah komunikasi yang baik.

8. Jaga Penampilan

Penampilan juga jadi faktor penting yang harus Kamu perhatikan selama menjalani PPL. Usahakan untuk selalu tampil rapi dan enak dilihat agar siswa maupun guru di sekolah tersebut nyaman dengan keberadaanmu.

9. Selalu Tepat Waktu

Pastikan untuk selalu tepat waktu. Disiplin terhadap waktu sangat penting untuk dimiliki, apalagi saat Kamu mengikuti program PPL. Disiplin waktu ini juga akan menjadi poin penting yang mendongkrak hasil PPL-mu.

10. Lakukan Evaluasi

Cobalah untuk mengevaluasi diri secara berkala selama menjalani PPL. Cari tahu apa saja kesalahan yang sudah Kamu lakukan dan progress apa yang sudah Kamu raih.

Itulah 10 tips melaksanakan PPL yang bisa diterapkan oleh para mahasiswa pendidikan. PPL adalah kesempatan untukmu mengenal seperti apa dunia pendidikan yang sebenarnya.






Related Posts

Related Posts