kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Syarat Umum Semester Pendek Yang Biasa Dibutuhkan Atau Disyaratkan


Tidak semua kampus memiliki kebijakan untuk mengadakan semester pendek sehingga Kamu tidak bisa mengeneralisir otoritas tersebut. Semester pendek adalah program untuk mengejar SKS atau memperbaiki nilai pada semester ganjil atau genap yang bisa Kamu ambil sesuai kebutuhan. Jika Kamu memang berniat mengambil kesempatan ini, sebaiknya ketahui syarat umum semester pendek lebih dulu.

Jika Kamu sudah siap mental dan finansial, maka ketahui dulu mengenai persyaratan mengikuti semester pendek pada semester ganjil atau genap berikut :

1. Nilai Pada Program Semester Pendek Remediasi

Semester pendek remediasi diadakan 2-3 bulan untuk memperbaiki nilai kuliah Kamu. Biasanya nilai mata kuliah yang bisa mengikuti program ini adalah C, D dan E sehingga Kamu punya peluang untuk mendapatkan minimal nilai B atau A sekalipun. Namun, Kamu yang ingin mengubah nilai B menjadi A dengan mengikuti semester pendek tidak diperbolehkan.

Hal yang perlu Kamu ketahui bahwa semester pendek juga bisa membuat nilai Kamu semakin jeblok alias gagal kalau Kamu tidak sungguh-sungguh mengikuti SP ini. Ingin mendapatkan nilai yang bagus, maka belajarlah sungguh-sungguh.

2. Minimal Nilai Untuk Semester Pendek Akselerasi

Jika Kamu ingin lulus lebih cepat dari waktu seharusnya, maka persiapkan diri untuk belajar lebih giat saat mengambil semester pendek. Syarat umum semester pendek untuk program akselerasi adalah memiliki nilai IP diatas rata-rata, minimal 3,2.

Tentu setiap kampus atau fakultas punya kebijakan masing-masing terkait minimal nilai IP yang Kamu butuhkan. Kampus A menerapkan nilai IP minimal 3,00 sedangkan kampus B IP 3,50, sah-sah saja. Sebaiknya cari tahu mengenai kebijakan program semester pendek di kampus Kamu dulu, ya!

3. Biaya Semester Pendek

Biaya semester pendek tergantung dengan kebijakan kampus Kamu dulu, ya! Misalnya biaya SKS di kampus 120-300 ribu, maka Kamu tinggal mengalikan dengan jumlah SKS yang diambil. Umumnya semester pendek yang selesai dalam waktu 4-6 minggu sehingga Kamu mengambil maksimal 6 SKS saja.

4. Jadwal Semester Pendek

Syarat yang vital dalam mengikuti semester pendek adalah Kamu tidak boleh memiliki jadwal yang padat untuk organisasi atau kegiatan lain. Jangan sampai nilai Kamu malah semakin jeblok setelah mengikuti semester pendek sebab tidak punya prioritas waktu.

Hal berbeda berlaku kalau Kamu memang mahasiswa yang cerdas dan bisa belajar lebih intensif. Setidaknya ikut semester pendek bisa membuat Kamu punya jatah SKS semester reguler depan lebih sedikit dan bisa lulus lebih cepat.

Syarat umum semester pendek wajib Kamu ketahui, tapi sebaiknya tetap mencari informasi di kampus. Pasalnya, tidak semua kampus memiliki kebijakan yang sama terkait program semester pendek ini. Sebelum mengorbankan uang dan jatah liburan, Kamu harus mempertimbangkan ikut semester pendek secara matang. Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu ya.


Related Posts

Related Posts