kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Syarat Masuk S3 Teknik Informatika Yang Perlu Dipersiapkan Di Awal


Meskipun tidak banyak, beberapa kampus di Indonesia menyelenggarakan program S3 Teknik Informatika dan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Ini memungkinkan Kamu melanjutkan program doktor teknik informatika di kampus dalam negeri. Untuk syarat masuk S3 Teknik Informatika, secara umum tidak jauh berbeda dengan syarat masuk untuk jenjang magister.

Berikut ini adalah syarat untuk bisa masuk ke jenjang S3 Teknik informatika.

1. Lulus Dan Memiliki Ijazah S2 Atau Setara

Untuk bisa melanjutkan ke jenjang S3, Kamu harus sudah lulus S2 Teknik Informatika atau jurusan lainnya yang masih berkaitan. Kamu juga harus memiliki ijazah di jenjang magister. Ijazah itu nantinya digunakan sebagai salah satu berkas syarat masuk.

2. Punya Transkrip Nilai Asli

Syarat yang kedua adalah transkrip nilai asli. Selain ijazah, berkas lainnya yang dibutuhkan adalah transkrip nilai asli. Bukan transkrip nilai sementara atau yang fotokopian, melainkan yang asli.

3. Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Kalau Kamu lulusan S2 di luar negeri, Kamu akan membutuhkan surat keputusan penyetaraan ijazah luar negeri. Kamu bisa mengurusnya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) Tergantung Akreditasi Lulusan

Nilai IPK juga menjadi salah satu syarat masuk S3 Teknik Informatika. Ada nilai minimal IPK untuk calon mahasiswa baru program S3 Teknik Informatika yang biasanya disesuaikan dengan status akreditasi jurusan di kampus sebelumnya.

5. Tes Potensi Akademik (TPA) > 500

Kamu juga perlu melakukan Tes Potensi Akademik (TPA) dan mendapatkan nilai minimal 500.

6. TOEFL Atau Sejenis (Terpercaya) > 500

Selain TPA, Kamu juga perlu menjalani Tes TOEFL atau sejenisnya yang diselenggarakan oleh lembaga atau instansi yang kredibel. Tes TOEFL yang dimaksud bukan tes prediksi dan Kamu harus mendapatkan skor minimal 500.

7. Rekomendasi 2 Pembimbing Akademik Saat S2 Atau Atasan Kerja

Kamu juga akan membutuhkan surat rekomendasi. Jika Kamu belum bekerja, Kamu perlu surat rekomendasi dari 2 pembimbing akademik saat S2. Jika Kamu sudah bekerja, Kamu perlu surat rekomendasi dari atasan kerja Kamu.

8. Surat Keterangan Sehat

Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas atau rumah sakit juga diperlukan sebagai syarat masuk S3 Teknik Informatika.

9. Surat Ijin Atau Tugas Belajar

Untuk Kamu yang sudah bekerja, Kamu perlu melampirkan surat izin atau surat tugas belajar dari instansi tempat Kamu bekerja. Hal ini dibutuhkan sebagai bukti kesediaan Kamu mengikuti perkuliahan secara penuh pada hari kerja.

10. Proposal Penelitian Disertasi

Yang terakhir adalah Kamu perlu proposal penelitian disertasi. Jadi, Kamu harus punya topik masalah yang akan Kamu angkat sebagai tugas akhir Kamu nantinya.

Nah, itulah 10 syarat masuk S3 Teknik Informatika. Untuk informasi lebih detailnya, Kamu bisa mencari informasi di laman resmi universitas yang Kamu tuju sebagai tempat berkuliah. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.


Related Posts

Related Posts