kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Syarat Masuk Jurusan Pertanian Yang Perlu Kamu Tau


Mahasiswa yang kuliah di jurusan pertanian seringkali dianggap remeh. Padahal peran mereka sangat besar untuk kemajuan bidang pertanian di negara ini. Jika Kamu tertarik untuk masuk ke jurusan pertanian, mari simak dulu 10 syarat masuk jurusan pertanian berikut ini.

1. Lulus Ujian Seleksi

Syarat pertama sudah jelas kalau Kamu harus lulus ujian seleksi dulu baru bisa kuliah. Cari tahu langsung ke website universitas apa saja tahap seleksi yang harus Kamu jalani. Jika harus ikut ujian tertulis, pastikan Kamu belajar dan mengerjakan ujian sebaik mungkin.

2. Memenuhi Syarat Administrasi

Setelah lulus ujian, maka Kamu juga harus melengkapi semua syarat administrasi. Semua dokumen yang menjadi syarat harus bisa Kamu penuhi. Melengkapi syarat dokumen ini tidak mudah jadi harus dipersiapkan jauh sebelum tenggat.

3. Membayar Biaya Kuliah

Kamu juga harus membayar biaya kuliah untuk bisa belajar di jurusan pertanian. Cari tahu berapa total biaya yang harus dibayarkan di awal masuk dan biaya per semester.

4. Memiliki Minat Pertanian

Tentu saja Kamu harus memiliki minat pada dunia pertanian jika ingin kuliah di jurusan satu ini. Pastikan Kamu memang punya ketertarikan di bidang pertanian dan ingin berkarier di sana.

5. Suka Bidang Sains

Jurusan pertanian sebenarnya dibuat khusus bagi pelajar lulusan jurusan IPA di sekolah. Jurusan ini tak jauh-jauh dari bidang sains. Secara otomatis Kamu harus menaruh minat pada dunia sains juga agar lebih mudah memahami semua mata kuliah.

6. Siap Kerja Lapangan

Salah satu syarat masuk jurusan pertanian adalah kesiapan untuk bekerja di lapangan. Sebagai mahasiswa pertanian, Kamu akan banyak menemui kegiatan kerja lapangan untuk mengaplikasikan ilmu yang Kamu dapat di kelas.

7. Siap Sibuk Praktikum

Jurusan pertanian juga dipenuhi dengan jadwal praktikum. Jika ingin berkuliah di sini maka Kamu harus bersiap menjalani banyak kegiatan laboratorium. Perlu diketahui kalau aktivitas laboratorium itu tidaklah mudah dan pasti akan melelahkan. Kamu harus bermental kuat untuk menjalani semua tantangan tersebut.

8. Pandai Bersosialisasi

Sebagai mahasiswa pertanian Kamu juga akan dituntut untuk pandai bersosialisasi. Kamu harus mengembangkan kemampuanmu menjalin hubungan dengan orang lain di sekitarmu.

9. Gemar Meneliti

Kamu juga harus memiliki kecintaan melakukan penelitian. Bidang pertanian tidak jauh-jauh dari dunia meneliti. Kamu mungkin akan dihadapkan pada berbagai proyek penelitian untuk memajukan bidang pertanian ini.

10. Punya Kemauan Berinovasi

Mahasiswa pertanian juga harus punya kemauan untuk berinovasi. Ide-ide dan inovasimu akan sangat dibutuhkan di bidang ini untuk memajukan pertanian yang ada di Indonesia.

Itulah tadi 10 syarat masuk jurusan pertanian yang wajib dipahami kalau Kamu ingin kuliah di sini. Pastikan bahwa Kamu sudah memenuhi semua syarat dan siap untuk menghadapi berbagai jenis tantangan di bidang pertanian.






Related Posts

Related Posts