kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Syarat Masuk Jurusan Kriminologi Yang Perlu Kamu Tau


Jurusan kriminologi mungkin terdengar asing, tidak begitu familiar seperti jurusan teknik. Padahal jurusan ini punya prospek yang bagus di masa depan. Apalagi bagi Kamu yang tertarik dengan dunia kriminal dan penyelidikan. Jika Kamu berminat, perhatikan 10 syarat masuk jurusan kriminologi berikut ini.

1. Lulus Dan Lolos Seleksi

Sudah pasti Kamu harus lulus sekolah dan lolos seleksi dulu baru bisa kuliah di jurusan ini. Kamu harus mengikuti seleksi di salah satu jalur masuk dan dinyatakan diterima sebagai mahasiswa.

2. Lengkap Administrasi

Syarat berikutnya adalah melengkapi semua syarat administrasi yang dibutuhkan pihak kampus. Beragam jenis dokumen yang diminta kampus harus dikumpulkan tepat pada waktunya.

3. Kesanggupan Finansial

Tidak hanya syarat akademis dan dokumen, Kamu juga harus memenuhi syarat biaya. Pastikan bahwa Kamu sanggup secara finansial memenuhi beban dana kuliah. Entah dana bersumber dari orang tua atau dari pihak lain seperti beasiswa.

4. Punya Mental Kuat

Belajar di jurusan ini akan menuntut Kamu untuk bermental kuat. Bidang kriminologi adalah bidang yang keras. Kamu akan menemui banyak kasus dan tindak kejahatan. Bukan tidak mungkin Kamu juga akan melihat mayat. Jadi pastikan Kamu sudah punya kekuatan mental.

5. Minat Pada Dunia Hukum

Jurusan kriminologi tidak jauh-jauh dari dunia hukum. Di program studi kriminologi Kamu akan mempelajari banyak topik seputar aturan hukum. Jika ingin masuk ke jurusan kriminologi maka pastikan Kamu menyukai hukum agar lebih mudah untuk belajar dan lulus.

6. Gemar Menganalisis

Syarat masuk jurusan kriminologi berikutnya adalah harus punya rasa suka melakukan analisis. Di dunia kriminologi dan penyelidikan, tentu saja Kamu akan ditantang untuk melakukan analisis suatu kasus. Ini akan menjadi topik yang Kamu hadapi selama berkuliah dan bekerja di bidang kriminologi.

7. Jiwa Sosial Tinggi

Sebagai orang yang terjun di bidang kriminologi maka Kamu harus punya jiwa sosial yang tinggi. Ini penting sekali untuk Kamu miliki karena di setiap kasus kriminal pasti ada korban yang berharap mendapat bantuanmu.

8. Rasa Ingin Tahu Tinggi

Agar bisa memecahkan kasus-kasus kriminal, Kamu harus punya modal rasa ingin tahu yang besar. Kamu harus selalu penasaran dan berusaha mencari jawaban dari hal-hal kecil yang berhubungan dengan suatu kasus.

9. Pintar Menjalin Relasi

Berkuliah di jurusan kriminologi juga akan menuntutmu untuk ahli menjalin relasi. Kamu harus bisa membangun hubungan positif dengan orang-orang di sekitarmu agar pekerjaanmu di bidang ini berjalan lancar.

10. Gigih Dan Tidak Mudah Menyerah

Saat menyelidiki kasus, tentu Kamu harus selalu gigih dan tidak mudah menyerah. Sifat ini harus Kamu miliki jika ingin berkuliah di bidang kriminologi agar Kamu semakin siap.

Itulah tadi 10 syarat masuk jurusan kriminologi yang bisa Kamu jadikan sebagai acuan. Berusahalah sebaik mungkin agar ada universitas dengan jurusan ini yang menerimamu sebagai mahasiswa.




Related Posts

Related Posts