kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Syarat Masuk Jurusan Ilmu Gizi Yang Perlu Kamu Tau


Jurusan ilmu gizi adalah salah satu bidang ilmu yang termasuk ke dalam bagian ilmu kedokteran. Jurusan satu ini juga termasuk pilihan favorit bagi para pelajar yang akan berkuliah. Jika Kamu juga tertarik masuk ke jurusan ini, simak dulu 10 syarat masuk jurusan ilmu gizi berikut.

1. Lolos Seleksi

Syarat pertama adalah Kamu harus lolos seleksi terlebih dahulu. Pilih universitas tujuanmu kemudian ikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan universitas. Biasanya tersedia lebih dari satu jalur seleksi yang bisa Kamu tempuh untuk diterima.

2. Sesuai Dengan Kriteria

Kamu harus menjadi pelajar yang memiliki kriteria sesuai dengan ketentuan universitas. Barulah Kamu bisa diterima jika memang kriteria yang dibutuhkan sesuai dengan dirimu. Mulai dari ketentuan nilai akademis hingga kelengkapan dokumen, semua harus memenuhi.

3. Kesanggupan Membayar Biaya

Syarat berikutnya adalah kesanggupan untuk membayar biaya kuliah di jurusan ilmu gizi. Orang tuamu harus menyatakan kesanggupan menanggung biaya kuliah sampai Kamu lulus. Kamu juga bisa mencoba mencari beasiswa jika tidak ada kesanggupan dari orang tua.

4. Ketertarikan Dengan Sains

Agar bisa belajar di jurusan ini dengan lancar, maka penting sekali untuk memiliki ketertarikan di bidang sains. Kamu harus punya minat belajar sains karena mata kuliah di jurusan ini tak jauh-jauh dari sains.

5. Berasal Dari Jurusan IPA

Salah satu syarat masuk jurusan ilmu gizi adalah berasal dari jurusan IPA. Bidang ilmu yang satu ini terbuka bagi Kamu yang menempuh pendidikan IPA saat masih di SMA.

6. Sehat Jasmani Dan Rohani

Kamu juga harus memiliki kondisi jasmani dan rohani yang sehat jika ingin berkuliah di jurusan ini. Biasanya akan ada beberapa tes kesehatan yang harus diikuti agar bisa diterima berkuliah.

7. Ketertarikan Melakukan Penelitian

Masuk ke jurusan ini, Kamu akan bertemu dengan beberapa kegiatan penelitian. Jika ingin kuliah dengan lancar sampai lulus maka Kamu harus punya minat untuk melakukan penelitian di bidang ilmu gizi.

8. Menyukai Dunia Kesehatan

Bidang ilmu gizi tidak jauh dari dunia kesehatan. Sangat disarankan Kamu menyukai dunia kesehatan jika ingin belajar di jurusan yang satu ini agar pengaplikasiannya nanti lebih mudah untuk dilakukan.

9. Suka Menganalisis

Salah satu sifat yang penting untuk dimiliki oleh calon mahasiswa ilmu gizi adalah ketertarikan menganalisis. Jika Kamu suka melakukan analisis, maka bidang ilmu yang satu ini akan sangat cocok untuk ditekuni.

10. Punya Kemampuan Berpikir Rasional

Kamu juga harus memiliki kemampuan untuk berpikir rasional di bidang ilmu gizi ini. Ada banyak jenis persoalan di bidang ini yang akan bisa dipecahkan jika Kamu menggunakan kemampuan berpikir yang rasional.

Itulah tadi 10 syarat masuk jurusan ilmu gizi. Perhatikan setiap syarat yang dibutuhkan dan berusahalah untuk bisa diterima berkuliah di jurusan ini.



Related Posts

Related Posts