kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Syarat Masuk Jurusan Farmasi Yang Perlu Kamu Tau


Farmasi menjadi bidang ilmu yang punya banyak peminat setiap tahunnya. Jurusan yang satu ini tersedia di banyak universitas negeri juga swasta di Indonesia. Kesempatan kerja untuk lulusan jurusan farmasi juga tergolong menjanjikan. Jika Kamu ingin berkuliah di sini, berikut adalah 10 syarat masuk jurusan farmasi yang penting untuk dipahami.

1. Lulus Dari Jurusan IPA

Jurusan farmasi hanya terbuka bagi pelajar yang bersekolah di jurusan IPA. Jadi, jika Kamu ingin masuk jurusan ini pastikan kalau latar belakang pendidikanmu adalah IPA.

2. Diterima Dari Program Seleksi

Kamu harus ikut seleksi dulu untuk bisa berkuliah di jurusan farmasi. Pastikan Kamu mengikuti seleksi dengan baik dan dinyatakan lolos diterima sebagai mahasiswa.

3. Melengkapi Dokumen

Selain ikut seleksi, Kamu juga harus mengumpulkan dokumen-dokumen persyaratan. Perhatikan baik-baik apa saja dokumen yang dibutuhkan dan kumpulkan tepat pada waktunya agar Kamu bisa berkuliah di jurusan ini.

4. Membayar Biaya

Kamu juga harus memenuhi kebutuhan biaya kuliah di jurusan farmasi. Biasanya ada permintaan surat keterangan untuk sanggup membayar biaya kuliah yang harus Kamu kumpulkan.

5. Tidak Buta Warna

Belajar di jurusan farmasi, Kamu harus memenuhi persyaratan tidak buta warna. Di bidang farmasi ini, Kamu akan berhadapan dengan banyak jenis zat dengan spektrum warna yang hampir sama. Itulah mengapa tidak buta warna menjadi salah satu syarat masuk jurusan farmasi.

6. Tertarik Dengan Bidang Kesehatan

Farmasi tidak jauh dari dunia kesehatan. Jika Kamu ingin berkuliah di jurusan ini maka Kamu harus punya ketertarikan dengan bidang kesehatan. Apalagi jika Kamu ingin melanjutkan profesi apoteker.

7. Suka Dunia Sains

Kamu juga harus memiliki minat pada dunia sains jika ingin berkuliah di jurusan farmasi. Jelas sekali bahwa apa yang akan Kamu pelajari di jurusan ini semua berhubungan dengan sains.

8. Gemar Meneliti

Terjun ke dunia farmasi akan membuat Kamu akrab dengan aktivitas penelitian. Kamu harus punya sifat gemar meneliti jika ingin masuk ke jurusan ini dan berkarier di bidang farmasi.

9. Punya Sifat Teliti Dan Tekun

Syarat berikutnya yang harus Kamu penuhi jika ingin masuk jurusan farmasi adalah punya sifat teliti dan tekun. Ketelitian dan ketekunan akan sangat dibutuhkan baik itu saat Kamu menjalani kuliah maupun ketika sudah bekerja nanti.

10. Daya Ingat Tinggi

Kamu juga harus memiliki daya ingat yang tinggi untuk berkecimpung di bidang farmasi. Ada banyak sekali nama zat dan obat yang harus Kamu ingat di bidang ini. Kamu akan dituntut untuk mengingat nama-nama kimia yang mungkin hampir sama dan jumlahnya begitu banyak.

Itulah tadi 10 syarat masuk jurusan farmasi yang penting untuk Kamu tahu. Jika memang jurusan farmasi menjadi tujuan utamamu, maka pastikan Kamu memenuhi syarat tersebut.






Related Posts

Related Posts