kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Syarat Masuk Jurusan Bimbingan Konseling Yang Perlu Kamu Tau



Salah satu pilihan jurusan yang bisa Kamu tekuni setelah lulus SMA adalah jurusan bimbingan konseling. Program studi ini mungkin tidak sepopuler jurusan teknik apalagi kedokteran. Namun, jurusan ini punya peran yang penting di masyarakat. Jika Kamu tertarik untuk masuk dan belajar di jurusan ini, berikut adalah 10 syarat masuk jurusan bimbingan konseling yang perlu Kamu tahu.

1. Punya Minat

Syarat pertama adalah Kamu harus punya minat untuk belajar di jurusan ini. Bidang bimbingan konseling tidak mudah untuk didalami. Kamu juga harus punya keseriusan untuk belajar di jurusan ini agar bisa menyelesaikan kuliah tanpa hambatan.

2. Ikut Seleksi Dan Lolos

Jika ingin berkuliah di jurusan bimbingan konseling maka Kamu harus ikut program seleksi yang diadakan oleh universitas. Kamu juga harus dinyatakan lolos dan diterima lewat program seleksi tersebut.

3. Memenuhi Administrasi Dan Biaya

Syarat berikutnya adalah memenuhi administrasi serta membayar biaya kuliah. Pastikan bahwa Kamu sanggup membayar semua beban biaya kuliah hingga dinyatakan lulus.

4. Memiliki Sikap Terbuka

Sebagai calon mahasiswa jurusan bimbingan konseling, penting sekali untuk memiliki sikap dan pandangan yang terbuka. Di bidang ini Kamu akan bertemu dengan banyak orang dan menghadapi beragam jenis pendapat. Kamu harus menanamkan sifat terbuka sedini mungkin.

5. Punya Kesabaran Tinggi

Syarat masuk jurusan bimbingan konseling salah satunya adalah punya kesabaran yang besar. Kamu harus jadi pribadi yang sabar karena lingkup ilmu yang Kamu pelajari ini akan membawa Kamu ke berbagai masalah dari orang-orang yang berbeda.

6. Tertarik Dengan Bidang Psikologi

Ilmu bimbingan konseling punya hubungan dekat dengan bidang ilmu psikologi. Jika Kamu ingin kuliah di jurusan ini maka Kamu juga harus punya ketertarikan di bidang psikologi. Hal ini akan memberikan kelancaran bagi Kamu untuk berkuliah sampai selesai.

7. Suka Membaca

Jika ingin berkuliah di jurusan bimbingan konseling, pastikan Kamu punya kemauan untuk membaca. Ini akan sangat membantu Kamu untuk mempelajari teori dan referensi selama berkuliah maupun saat bekerja.

8. Punya Empati Tinggi

Masuk ke dunia bimbingan konseling artinya Kamu akan dituntut untuk memiliki empati yang tinggi. Kamu harus menjadi pribadi yang peduli dan bisa merasakan apa yang orang lain rasakan.

9. Kemampuan Membina

Sesuai dengan namanya, bidang ilmu ini akan menuntut Kamu untuk memberikan bimbingan atau pembinaan pada orang lain. Itulah mengapa kemampuan membina dan membimbing akan sangat dibutuhkan di sini.

10. Kemampuan Memahami Karakter

Syarat berikutnya adalah Kamu harus mampu memahami karakter dari setiap orang yang meminta bimbingan terhadapmu. Kamu harus bisa mendalami seperti apa karakter mereka dan bagaimana cara menghadapi orang dengan karakter tersebut.


Itulah tadi 10 syarat masuk jurusan bimbingan konseling. Apakah keyakinan untuk masuk jurusan ini semakin besar? Lakukan persiapan optimal agar bisa diterima di sini, ya!



Related Posts

Related Posts