kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Syarat Masuk Jurusan Bahasa Arab Sebagai Referensi


Bahasa Asing memiliki peminat yang cukup besar di Indonesia yang menawarkan beberapa jurusan bahasa di bangku kuliah. Kamu yang baru lulus SMA, bisa mempertimbangkan mau ambil jurusan bahasa di PTN atau PTS impian. Kalau Kamu punya potensi dan minat pada Bahasa Arab, ketahui syarat masuk jurusan Bahasa Arab lebih dulu.

Bahasa Arab memiliki peluang karir yang tak kalah cemerlang dibandingkan dengan jurusan lain. Agar Kamu diterima sebagai salah satu mahasiswa di jurusan ini, simak 10 syarat masuk jurusan Bahasa Arab yaitu :

1. Lulus Dari Pendidikan SMA/SMK/Madrasah

Sebenarnya, Kamu yang berasal dari latar belakang pendidikan apa saja punya kesempatan melanjutkan pendidikan di jurusan Bahasa Arab.

2. Menyukai Seluk Beluk Bahasa

Setidaknya Kamu harus punya minat pada Bahasa Arab sehingga bisa menentukan prodi yang tepat yaitu Pendidikan Bahasa Arab atau Sastra Arab. Keduanya memiliki fokus pendidikan yang berbeda sesuai dengan tujuan lulusan di lapangan.

3. Memenuhi Persyaratan Masuk Lewat SNMPTN

Kamu bisa mendaftar jurusan Bahasa Arab lewat program prestasi akademik atau dikenal dengan nama SNMPTN. Kelompok program SOSHUM yang menaungi Bahasa Arab memiliki aturan nilai rata-rata yang berbeda di setiap kampus. Nilai rata-rata rapor harus mencapai angka 77 agar bisa masuk seleksi administrasi.

4. Seleksi Dengan Bukti Prestasi

Jika punya sertifikasi prestasi dan organisasi, maka peluang lolos sebagai mahasiswa Bahasa Arab lewat SNMPTN semakin besar.

5. Masuk Jurusan Bahasa Arab Lewat SBMPTN

Jika gagal SNMPTN, Kamu bisa masuk jurusan Bahasa Arab lewat jalur SBMPTN atau tes nasional yang diselenggarakan kampus dalam menjaring calon mahasiswa.

6. Masuk Jurusan Bahasa Arab Lewat PMB Mandiri

Gagal SNMPTN dan SBMPTN bukan akhir dari impian Kamu sebab ada jalur Mandiri. Hanya saja biaya yang diperlukan untuk masuk lewat PMB Mandiri lebih besar dibandingkan dua jalur penerimaan sebelumnya.

7. Memiliki Ketertarikan Belajar Bahasa Arab

Kamu harus punya ketertarikan belajar Bahasa Arab termasuk tugas-tugas kuliah yang bakal menumpuk.

8. Memiliki Kemampuan Yang Dibutuhkan Dalam Bahasa Arab

Jangan sampai menyesal ambil jurusan Bahasa Arab sebab Kamu butuh kemampuan penting seperti kemampuan memahami bacaan, kemampuan analis, komunikasi lisan dan tertulis, kemampuan berpikir kritis, dan lain-lain.

9. Memiliki Dukungan Finansial Untuk Kuliah Bahasa Arab

Berlaku untuk seluruh calon mahasiswa yang sudah lolos seleksi untuk membayar biaya UKT sesuai kemampuan finansial orangtua atau wali. Jika dana tidak ada, syarat masuk jurusan ini adalah mengikuti seleksi beasiswa bidik misi.

10. Punya Tekad Untuk Belajar Bahasa Arab

Belajar Bahasa Arab bukan hal yang mudah bagi lulusan SMA/SMK yang asing dengan bahasa ini. Kamu punya kesempatan mengikuti mata kuliah sama seperti anak madrasah lain asal punya tekad untuk belajar lebih giat.

Syarat masuk jurusan Bahasa Arab di atas perlu diketahui agar Kamu bisa lolos seleksi SNMPTN atau SBMPTN. Jangan lupa untuk mencari informasi akurat mengenai syarat pendaftaran seleksi SNMPTN dan SBMPTN agar bisa lolos seleksi di antara ribuan pesaing lain.




Related Posts

Related Posts