kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Yang Perlu Kamu Tau


Bidang ilmu kedokteran hingga saat ini masih menjadi primadona di kalangan pelajar. Angka peminat bidang ilmu yang satu ini bahkan terus bertambah. Jika Kamu termasuk salah satu pelajar yang tertarik masuk ke jurusan ini, perhatikan dulu apa saja syaratnya. Inilah dia 10 syarat masuk fakultas kedokteran.

1. Lolos Seleksi

Syarat pertama adalah Kamu harus lolos seleksi. Kamu harus bisa mengerjakan soal-soal ujian masuk, memenuhi persyaratan nilai, dan memenuhi persyaratan administrasi. Jika Kamu lolos seleksi di universitas impianmu, maka Kamu bisa berkuliah di jurusan ini.

2. Berasal Dari Jurusan IPA

Fakultas kedokteran hanya terbuka bagi mereka yang berasal dari penjurusan IPA di SMA. Jika Kamu memang ingin masuk jurusan ini maka sedari dini harus dipersiapkan untuk belajar di jurusan IPA.

3. Menguasai Bidang Sains

Kamu harus menguasai bidang sains jika ingin belajar di fakultas kedokteran. Bidang ilmu yang satu ini sangat erat hubungannya dengan dunia sains. Kamu akan kesulitan menguasai ilmu kedokteran jika tak punya kecintaan sama sekali dengan sains.

4. Sehat Fisik Dan Jasmani

Syarat masuk fakultas kedokteran yang berikutnya adalah sehat fisik dan rohani. Biasanya ada pemeriksaan kesehatan juga untuk mahasiswa yang akan berkuliah di jurusan ini. Pastikan Kamu berada dalam kondisi sehat total baik secara fisik maupun rohani.

5. Kemampuan Berbahasa Inggris

Penting sekali bagi Kamu untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris jika ingin berkuliah di fakultas kedokteran. Bidang ilmu kedokteran melibatkan banyak istilah berbahasa Inggris. Kamu bisa lebih mudah memahami pelajaran jika sudah punya keterampilan bahasa asing.

6. Kemampuan Logika Dan Nalar

Jika ingin kuliah kedokteran, Kamu harus punya kemampuan menjalankan logika dan nalar. Banyak sekali topik di kedokteran yang hanya bisa dipahami dengan menggunakan nalar sekaligus logiKamu.

7. Aktif Bersosialisasi

Kamu juga harus aktif bersosialisasi karena profesimu di bidang kedokteran kelak sangat membutuhkan kemampuan ini. Pastikan Kamu mau berbaur dengan masyarakat dan aktif di berbagai kegiatan sosial.

8. Mampu Secara Finansial

Kuliah di fakultas kedokteran tidaklah murah. Kamu harus memastikan bahwa orang tuamu memiliki kondisi finansial yang mencukupi untuk berkuliah di fakultas ini.

9. Bersedia Terus Belajar

Berkuliah di bidang ilmu kedokteran akan menuntutmu untuk terus belajar. Kamu harus punya kemauan untuk selalu belajar dan menggali ilmu-ilmu baru. Bahkan setelah Kamu lulus menjadi dokter, Kamu tetap harus punya kemauan belajar.

10. Punya Jiwa Sosial

Dokter merupakan salah satu jenis profesi yang menjunjung nilai sosial. Kamu harus memiliki jiwa sosial tinggi jika ingin menggeluti profesi ini. Tanamkan jiwa sosial sedini mungkin bahkan sebelum Kamu mulai kuliah.

Itulah 10 syarat masuk fakultas kedokteran yang sebaiknya Kamu pahami. Jika Kamu memenuhi semua syarat ini, pasti akan lebih mudah bagimu untuk menjalani pendidikan di bidang ilmu kedokteran.





Related Posts

Related Posts