kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Syarat Masuk Fakultas Hukum Yang Perlu Kamu Tau


Ilmu hukum menjadi salah satu bidang yang punya popularitas tinggi di kalangan pelajar. Pilihan jurusan hukum banyak diambil oleh mereka yang akan lanjut kuliah. Jika Kamu juga tertarik dengan bidang ilmu ini, berikut adalah 10 syarat masuk fakultas hukum yang penting untuk Kamu pahami.

1. Punya Minat

Syarat pertama adalah Kamu harus memiliki minat terhadap bidang hukum. Jika Kamu ingin belajar di jurusan ini, pastikan bahwa Kamu memang punya minat dan kemauan. Jika sudah ada minat, pasti akan lebih mudah bagimu untuk menjalani perkuliahan.

2. Memenuhi Kriteria

Jika ingin berkuliah di jurusan ini, Kamu harus memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Hal ini sangat berhubungan dengan ketentuan dari pihak universitas. Pastikan Kamu telah memenuhi kriteria yang mereka berikan.

3. Lolos Seleksi

Sebelum kuliah di fakultas hukum, Kamu harus ikut ujian seleksi dulu. Kamu baru bisa belajar di bidang ilmu ini jika Kamu memang lolos seleksi. Ada beberapa jenis jalur seleksi yang bisa Kamu ambil sampai dinyatakan lolos.

4. Berasal Dari Jurusan IPS

Fakultas hukum terbuka bagi mahasiswa yang menempuh sekolah di jurusan IPS. Jika Kamu memang bercita-cita masuk fakultas ini maka Kamu harus mempersiapkan diri sedini mungkin dengan masuk ke jurusan IPS.

5. Suka Membaca

Salah satu syarat masuk fakultas hukum adalah kepemilikan minat baca. Kamu harus punya kecintaan terhadap aktivitas membaca. Di bidang hukum nantinya, Kamu akan banyak membaca sehingga Kamu bisa kesulitan jika tidak menyukai aktivitas satu ini.

6. Mampu Secara Finansial

Syarat berikutnya adalah mampu dari segi pembiayaan kuliah. Pastikan bahwa orang tuamu dalam kondisi mampu untuk membayar biaya kuliah di fakultas hukum ini. Jika tidak, maka Kamu bisa mempersiapkan diri untuk mencari beasiswa.

7. Disiplin Dan Jujur

Kamu juga harus punya sikap disiplin dan jujur jika ingin belajar di bidang hukum. Dunia hukum sangat membutuhkan orang-orang yang disiplin serta jujur. Pastikan Kamu memiliki dua sifat ini agar bisa layak terjun di bidang hukum.

8. Punya Sikap Tegas

Selain jujur dan disiplin, ternyata Kamu juga harus punya sikap tegas. Berada di dunia hukum akan membuat Kamu harus mengambil banyak keputusan penting. Belajarlah untuk menjadi tegas sedini mungkin agar Kamu bisa sukses di bidang hukum.

9. Aktif Bersosialisasi

Kamu juga harus aktif bersosialisasi. Sebagai mahasiswa hukum, maka Kamu akan dituntut untuk aktif menjalin komunikasi dengan teman dan masyarakat lainnya.

10. Update Informasi

Berkuliah di fakultas hukum akan menuntutmu untuk selalu update informasi. Apalagi untuk jenis informasi yang berhubungan dengan dunia hukum.

Itulah tadi 10 syarat masuk fakultas hukum. Perhatikan setiap syarat tersebut dan pastikan Kamu memenuhinya agar bisa berkuliah di bidang ilmu yang satu ini.





Related Posts

Related Posts