kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Prospek Kerja Lulusan D3 Teknik Informatika (Diploma)


Jurusan teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang saat ini cukup banyak diminati. Banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini dalam jenjang D3. Mengenyam pendidikan D3 di jurusan teknik informatika bisa membuat Kamu memiliki banyak peluang kerja seperti prospek kerja lulusan D3 teknik informatika berikut.

1. Teknopreneur

Teknopreneur adalah istilah untuk menyebut seseorang yang menggeluti bidang usaha yang berkaitan dengan teknologi. Ilmu yang Kamu dapatkan di jurusan teknik informatika membuat Kamu bisa menjadi seorang teknopreneur.

2. IT Support

Tugas dan tanggung jawab seorang teknisi seperti IT support adalah untuk melakukan instalasi serta evaluasi terhadap tiga objek utama. Ia bertanggung jawab terhadap komputer, software, serta sistem jaringan atau network.

3. Desainer Grafis

Desainer grafis merupakan profesi yang sedang banyak diminati akhir-akhir ini. Seorang desainer grafis akan membuat karya seni berupa grafis untuk berbagai keperluan menggunakan teknologi komputer.

4. Database Engineer

Database engineer adalah seseorang yang bertugas untuk merancang arsitektur manajemen data. Rancangan ini bisa berupa database, data warehouse, atau sistem pemrosesan data dalam skala yang besar. Ia juga bertugas untuk membuat database yang terstruktur.

5. Network Administrator

Prospek kerja lulusan D3 teknik informatika selanjutnya adalah menjadi seorang network administrator. Ia adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pemeliharaan seluruh perangkat keras seperti komputer beserta perangkat lunaknya yang terdiri dari jaringan komputer. Tugas seorang network administrator meliputi konfigurasi, pemeliharaan, serta monitoring terhadap sistem jaringan.

6. Programmer

Seorang programmer merupakan seorang ahli yang menguasai satu atau lebih bahasa pemrograman. Programmer memiliki kemampuan untuk menuliskan kode serta algoritma komputer.

7. Administrator Web

Seorang administrator web adalah orang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap pengelolaan serta operasional sebuah website atau situs. Ia juga bertugas untuk melakukan pemeliharaan, penyebaran, serta pengembangan website tersebut serta melakukan pengujian terhadap kualitas website.

8. Web Developer

Seorang web developer bekerja untuk membangun dan membentuk sebuah website. Ia akan menciptakan aplikasi yang berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman, mulai dari membuat database, mengatur domain, hingga merancang tampilan untuk website tersebut.

9. Teknisi Jaringan

Seorang teknisi jaringan akan bertugas untuk mengurus segala permasalahan yang berkaitan dengan jaringan komputer. Ia juga bertugas untuk merancang dan mendesain sistem jaringan tertentu, mengumpulkan perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan oleh sistem, dan menginstall seluruh komponen tersebut untuk membuat jaringan yang kompatibel.

10. Blogger

Profesi sebagai blogger juga sedang banyak diminati akhir-akhir ini. Selain menguasai ilmu komputer, sebagai blogger Kamu juga harus memiliki kemampuan menulis dan pemahaman mengenai SEO yang baik.

Itulah 10 prospek kerja lulusan D3 teknik informatika untuk meyakinkan Kamu mengenai jurusan ini. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.


Related Posts

Related Posts