kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Prospek Atau Peluang Kerja Jurusan Bahasa Korea Dan Gajinya


Gelora pecinta K-Pop, K-Drama hingga K-style memang bukan hal yang asing di Indonesia selama satu dekade terakhir. Kamu yang tertarik dengan segala hal berbau Korea Selatan, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang karir bekerja di sana. Tidak hanya bekerja di luar negeri saja, Kamu juga bisa bekerja di dalam negeri. Nikmati gaji yang besar dari 10 peluang kerja jurusan Bahasa Korea, yuk!

Mengambil jurusan Bahasa Korea di kampus bisa menjadi pilihan yang tepat setelah lulus SMA/SMK. Kamu punya peluang karir yang cukup cerah dengan gaji tak kalah mentereng dari jurusan Bahasa Asing lain. Kira-kira pekerjaan apa saja yang menawarkan gaji cukup besar? Yuk, simak ulasan mengenai peluang kerja jurusan Bahasa Korea berikut!

1. Penerjemah Bahasa Korea

Mau bekerja di agensi atau penerbitan buku khusus menerjemahkan buku Bahasa Korea, kenapa tidak? Gaji penerjemah 4-7 juta rupiah per bulan atau Kamu bisa bekerja sebagai translator independen dengan mematok tarif sendiri per halaman. Kamu bisa bekerja sebagai penerjemah yang melakukan terjemahan bahasa Indonesia ke Korea, atau sebaliknya.

2. Penulis Buku

Kamu bisa bekerja sebagai penulis yang membuat konten Bahasa Korea untuk hiburan, edukasi dan informasi. Gaji penulis tergantung dengan sistem royalti atau kebijakan yang dimiliki tempat kerja. Kamu bisa menjadi penulis lepas atau mengembangkan blog dengan kesempatan penghasilan jutaan hingga puluhan juta per bulan. Semakin bagus kemampuan bahasa Korea yang didukung kemampuan menulis dan wawasan luas, maka Kamu bisa menjadi penulis buku atau konten yang mendunia.

3. Tour Guide

Kamu bisa bekerja sebagai tour guide atau interpreter yang dibutuhkan oleh agen traveling atau independen. Gaji tour guide yang ahli bahasa asing bisa mencapai 8-10 juta rupiah, termasuk kesempatan jalan-jalan ke berbagai destinasi wisata.

Menjadi tour guide sangat cocok untuk Kamu yang ingin memandu wisatawan asing di Indonesia seperti Bali, Jogja dan daerah potensial pariwisata lain atau bisa menjadi tour guide open trip ke Korea.

Tidak harus bergabung dengan agen traveling, Kamu bisa membuka layanan open trip ke Korea dengan jasa pemandu wisata gratis. Toh, bisnis open trip bukan hal asing di era modern ini. Tidak hanya bisa mendapatkan income jutaan rupiah, Kamu juga bisa menikmati perjalanan wisata secara gratis. Keren, bukan?

4. Jurnalis

Kamu bisa menjadi jurnalis yang pandai komunikasi dan ahli Bahasa Korea untuk penulisan berita yang membutuhkan jasa tersebut. Gaji jurnalis bervariasi, tetapi pemula bisa mendapatkan bayaran minimal 3 juta rupiah sampai 8 juta rupiah. Namun, Kamu wajib memiliki bekal dan kemampuan diri yang mumpuni sebelum melamar menjadi jurnalis, apalagi media yang memiliki kredibilitas tinggi. Biasanya seleksi jurnalis di media yang punya kredibilitas bagus sangat kompetitif.

5. Tenaga Pengajar

Mau jadi guru Bahasa Korea di SMA Bahasa, maka Kamu punya peluang karir yang cukup bagus setelah lulus kuliah nanti. Bisa juga bekerja sebagai guru di tempat kursus Bahasa Korea yang cukup diminati masyarakat Indonesia.

Jika Kamu punya level double degree Bahasa Korea dan Bahasa Indonesia, maka peluang mengajar di Negeri Ginseng lebih terbuka lebar. Apalagi ada jurusan Bahasa Indonesia di kampus ternama di Korea Selatan, lho! Menjadi dosen atau pengajar dengan bayaran jutaan rupiah per bulan di Seoul, kenapa tidak?

6. Karyawan Perusahaan Multinasional Korea

Kamu punya peluang bekerja sebagai karyawan di perusahaan multinasional Korea dengan gaji jutaan sampai belasan juta rupiah. Gaji sebagai karyawan perusahaan multinasional jelas di atas UMR, bahkan sesuai dengan kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan tersebut.

7. Content Creator

Mau jadi blogger, youtuber atau selebgram yang membahas hal-hal tentang budaya Korea, sah-sah saja. Gaji content creator yang sudah profesional bisa menghasilkan uang jutaan rupiah. Bukan berarti Kamu hanya membuat konten asal-asalan, ya! Pastikan diri Kamu memiliki skill dan kreativitas yang bagus agar konten yang diciptakan bisa menjadi trending topic di media sosial.

8. Instansi Pemerintah

Kamu punya kesempatan bekerja sebagai staf atau ASN di berbagai instansi pemerintah dengan gaji awal minimal 2 jutaan rupiah tergantung golongan dan jabatan. Menjadi salah satu staf Kementerian Luar Negeri Indonesia dengan bayaran ASN sesuai golongan mencapai jutaan, bonus dan tunjangan, siapa yang menolak peluang bagus ini?

9. Konsultan

Kamu punya kemampuan Bahasa Korea dan public speaking yang bagus, coba saja karir sebagai konsultan atau staf Dubes RI di Korea baik Korea Selatan atau Korea Utara, ya! Menjadi konsultan di negara orang lain menjamin masa depan cerah sebab Kamu mendapatkan gaji dan biaya hidup layak yang ditanggung pemerintah Indonesia.

10. Pengusaha

Ingin punya penghasilan tak terhingga setiap bulan alias menentukan omzet per bulan sendiri, maka coba peluang sebagai pengusaha. Anda bisa membuka usaha kursus Bahasa Korea, menjual produk atau layanan jasa yang menggunakan keahlian Bahasa Korea dan lain-lain.

Yuk, coba salah satu dari peluang kerja jurusan Bahasa Korea sekarang juga! Siapa tahu Kamu bisa menjadi salah satu orang besar yang memiliki keahlian multibahasa. Kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri sangat menunjang masa depan Kamu setelah lulus kuliah Bahasa Korea nanti. Mau melanjutkan pendidikan S2 di Negara Korea langsung, pastikan Kamu mencari informasi dan mengikuti seleksi beasiswa dari pemerintah Korea Selatan atau pihak swasta yang profesional, ya?







Related Posts

Related Posts