kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Persiapan Sebelum PPL Yang Perlu Kamu Lakukan


Bagi mahasiswa jurusan pendidikan, PPL menjadi suatu tantangan tersendiri. Meskipun menantang, namun kegiatan yang satu ini tetap harus diikuti. Agar kegiatan PPL bisa berjalan lancar, maka dibutuhkan persiapan yang matang. Berikut adalah 10 persiapan sebelum PPL yang sangat penting untuk dilakukan.

1. Memenuhi Persyaratan Kampus

Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa semua syarat dari kampus sudah terpenuhi. Kamu harus memastikan bahwa syarat mata kuliah wajib sebelum PPL memang sudah diambil dan diselesaikan. Jika ada persyaratan nilai, maka periksa kembali apakah nilaimu sudah lolos atau belum.

2. Membuat Kelompok

Selanjutnya Kamu bisa mulai membuat kelompok. PPL akan Kamu jalani bersama teman-teman di kampus. Kamu bisa membentuk kelompok dengan jumlah sesuai aturan dari pihak kampus.

3. Menentukan Lokasi Sekolah

Tahap persiapan yang satu ini sangat penting untuk dilakukan dan cukup menantang. Kamu harus mencari lokasi sekolah yang akan dijadikan sebagai tempat PPL. Pilih sekolah yang tepat dan memang mengizinkan Kamu untuk menjalani PPL di sana.

4. Melakukan Survey

Kamu mungkin akan menemukan beberapa nama sekolah yang akan dijadikan sebagai tujuan PPL. Penting sekali untuk melakukan survey sebelum mengambil keputusan nama sekolah PPL. Kunjungi sekolah tersebut dan cari informasi sebanyak mungkin sebelum menjatuhkan pilihan.

5. Mengurus Perizinan

Jika sudah ada nama sekolah yang dipilih, maka Kamu bisa langsung mengurus perizinan. Lengkapi dokumen apa saja yang dibutuhkan agar Kamu bisa segera memulai program PPL.

6. Menyusun Administrasi Guru

Sebelum memulai PPL, mahasiswa juga perlu menyusun administrasi guru. Langkah persiapan sebelum PPL yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan. Kamu harus membuat administrasi lengkap seperti silabus, kalender akademik, program belajar, dan lain sebagainya.

7. Belajar Lebih Rajin

Persiapkan dirimu untuk menghadapi PPL dengan belajar. Belajarlah yang rajin dan pahami kurikulum pendidikan yang berlaku saat ini. Persiapan ini akan sangat efektif membantu Kamu agar bisa turun mengajar secara optimal.

8. Latihan Mengajar

Mengajar siswa di depan kelas bukan hal yang ringan untuk dijalani. Itulah mengapa sangat disarankan bagi Kamu untuk berlatih. Kamu harus latihan mengajar agar saat tiba waktunya nanti Kamu sudah semakin terampil menjadi guru.

9. Mencari Banyak Informasi

Gunakan waktu yang Kamu miliki sebelum PPL untuk mencari informasi. Baca artikel-artikel mengenai kunci sukses PPL. Kamu juga bisa bertanya pada kakak angkatan mengenai pengalaman PPL mereka.

10. Persiapan Mental

Ini dia yang tidak kalah penting dari persiapan lainnya yaitu persiapan mental. Sebagai guru, Kamu harus punya kesiapan mental. Akan ada banyak hal baru sekaligus tantangan baru selama PPL jadi Kamu harus mempersiapkan mentalmu.

Itulah tadi 10 persiapan sebelum PPL yang sangat penting untuk dilakukan. Jika sudah tiba waktunya untuk menjalani PPL, persiapkan dirimu secara optimal. Manfaatkan kesempatan PPL untuk belajar lebih banyak lagi.






Related Posts

Related Posts