kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Teknik Perkapalan Untuk Jenjang S1


Sebagai negara yang memiliki kepulauan dengan wilayah laut yang lebih luas, Indonesia memiliki potensi menjadi negara maritim yang kuat di dunia. Namun, perkembangan sumber daya alam masih belum optimal sampai sekarang. Perlu SDM yang bagus agar bisa memanfaatkan laut menjadi sumber pendapatan yang maksimal. Biaya kuliah Teknik Perkapalan bisa menjadi acuan untuk Kamu yang ingin memanfaatkan potensi diri sendiri.

Ada setidaknya beberapa universitas baik negeri atau swasta di Indonesia yang memiliki jurusan Teknik Perkapalan. Mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah seputar teori bangunan kapal, termodinamika, sistem transportasi laut, dinamika kapal, dan masih banyak matkul menarik lain. Nantinya Kamu bisa memanfaatkan keahlian dan keterampilan selama studi untuk merencanakan dan membangun sebuah kapal.

Sama seperti jurusan lain di PTN, biaya kuliah Teknik Perkapalan menggunakan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Para mahasiswa wajib membayar iuran per semester sesuai dengan kondisi keuangan orangtua masing-masing. Berikut data golongan UKT yang diambil dari salah satu institusi pendidikan tinggi yang memiliki jurusan Teknik Perkapalan di Surabaya yaitu :

  • Golongan I UKT sebesar 500.000
  • Golongan II UKT sebesar 1.000.000
  • Golongan III UKT sebesar 2.500.000
  • Golongan IV UKT sebesar 4.000.000
  • Golongan V UKT sebesar 5.000.000
  • Golongan VI UKT sebesar 6.000.000
  • Golongan VII UKT sebesar 7.500.000

Namun, mahasiswa yang mengambil program Double Degree Marine Engineering wajib membayar UKT yang lebih besar yaitu 20 juta per semester. Mahasiswa yang berasal dari golongan kurang mampu dan memiliki prestasi bagus, bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa bidik misi di kampus terkait.

Biaya Kuliah Teknik Perkapalan Di Kampus Swasta

Di Indonesia, Kamu yang tertarik masuk ke Teknik Perkapalan via SNMPTN dan SBMPTN yang gagal, maka bisa mencoba jalur mandiri. Jalur mandiri menerapkan biaya masuk kuliah pertama kali atau uang pangkal berdasarkan kebijakan rektor atau kampus terkait. Hal serupa berlaku untuk kampus swasta yang memiliki jurusan prestise ini.

Kamu bisa memilih kuliah Teknik Perkapalan di universitas swasta yang ada di Surabaya atau kota lain. Selain membayar uang pangkal yang ditetapkan, kampus swasta juga menerapkan biaya kuliah Teknik Perkapalan dengan sistem UKT. Informasi dari salah satu universitas swasta di Surabaya yang memiliki jurusan Teknik Perkapalan, mahasiswa wajib membayar UKT sebesar 5 juta rupiah per semester.

Jika Kamu memang berhak menerima beasiswa bidik misi, sebaiknya persiapkan diri sejak jauh hari. Lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan termasuk nilai rapor yang sesuai persyaratan. Harapan Kamu kuliah di Teknik Perkapalan masih besar selama mau berjuang dan pantang menyerah. Ada berbagai beasiswa untuk mahasiswa dari pihak kampus, organisasi atau yayasan swasta yang bisa Kamu dapatkan asal memenuhi persyaratan, ya! Yuk, tentukan masa depan Kamu dengan mengambil jurusan Teknik Perkapalan yang potensial!


Related Posts

Related Posts