kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Tafsir Hadits Untuk Jenjang S1


Jurusan tafsir hadits banyak dibuka di berbagai perguruan tinggi negeri, swasta, dan juga perguruan tinggi keagamaan di bawah naungan Kementrian Agama. Jika Kamu sudah memiliki rencana untuk memilih jurusan ini, Kamu juga harus mulai mempersiapkan biaya kuliah tafsir hadits yang akan Kamu butuhkan untuk proses perkuliahan di jurusan tersebut.

Jurusan ini memang bisa jadi pilihan untuk Kamu yang ingin mendalami ilmu agama Islam secara lebih mendalam dan secara akademik, maka saat berkuliah di jenjang perguruan tinggi Kamu bisa memilih jurusan yang berkaitan dengan agama Islam, salah satunya adalah jurusan tafsir hadits ini. Pada jurusan tafsir hadits, Kamu akan mempelajari ilmu tafsir untuk hadits dan al-quran agar mampu diaplikasikan untuk menjawab berbagai permasalahan umat pada era modern seperti saat ini.

Inilah perkiraan biaya kuliah tafsir hadits yang harus mulai Kamu persiapkan.

1. Biaya Masuk Atau Pendaftaran

Untuk memulai perkuliahan di jurusan tafsir hadits, Kamu harus mendaftar pada perguruan tinggi yang membuka jurusan tafsir hadits. Setelah Kamu diterima, Kamu juga akan membutuhkan biaya yang diperlukan untuk biaya masuk atau biaya pendaftaran sebelum Kamu memulai proses perkuliahan di perguruan tinggi tersebut.

Umumnya, perguruan tinggi swasta akan memberikan biaya lebih mahal untuk Kamu bayarkan jika dibanding dengan biaya yang diberikan oleh perguruan tinggi negeri. Jika di kampus negeri atau PTN Kamu perlu mempersiapkan biaya mulai dari Rp.2.000.000 hingga Rp.8.000.000, maka jika Kamu mendaftar di kampus swasta atau PTS maka Kamu perlu mempersiapkan biaya lebih besar, sekitar mulai dari Rp.3.000.000 hingga Rp.10.000.000 atau juga lebih.

2. Biaya Semester

Biaya kuliah tafsir hadits yang harus mulai Kamu persiapkan selanjutnya adalah biaya untuk pembayaran tiap semester dengan total jumlah semester adalah delapan semester untuk jenjang Strata 1. Jika Kamu mengambil jurusan ini di perguruan tinggi negeri, Kamu akan dikenakan biaya UKT atau uang kuliah tunggal dengan besaran yang berbeda-beda untuk setiap mahasiswa dan disesuaikan dengan kondisi finansial keluarga Kamu.

Besaran UKT pada PTN dibagi kedalam beberapa kelompok dengan biaya mulai dari Rp.500.000 hingga Rp.8.000.000. Begitu pula dengan perguruan tinggi keagamaan negeri yang berada di bawah naungan Kementrian Agama yang telah memberikan sistem UKT dengan besaran biaya mulai dari Rp.1.000.000 hingga Rp.3.000.000.

Sementara apabila Kamu mengambil jurusan ini di perguruan tinggi swasta atau PTS, besaran biaya semester yang ditetapkan biasanya sekitar mulai dari Rp.3.000.000 hingga Rp.10.000.000.

3. Biaya Lainnya

Biaya lainnya yang harus Kamu siapkan mencakup biaya praktikum, biaya tugas harian, biaya tugas akhir, hingga biaya wisuda yang bisa Kamu sesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan Kamu.

Itulah perkiraan biaya kuliah tafsir hadits yang harus mulai Kamu persiapkan untuk menjalani proses perkuliahan di jurusan ini.


Related Posts

Related Posts