kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Sosiologi Agama Untuk Jenjang S1


Program studi sosiologi agama sebagian besar berada di Institut Agama Islam Negeri atau Universitas Islam Negeri. Biaya kuliah sosiologi agama ditentukan oleh Kementerian Agama dan juga menyesuiakan dengan kampus tersebut.

Sosiologi agama termasuk jurusan di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. Saat ini biaya kuliah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) yang juga diterapkan pada universitas keagamaan. UKT ini ditetapkan oleh Kementerian Agama dan juga menyesuaikan dengan daerah universitas tersebut.

UKT dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa dan jenis pekerjaan orang tua atau wali dari mahasiswa. UKT juga ditetapkan berdasarkan seleksi penerimaan masuk ke perguruan tinggi tersebut, baik melalui jalur mandiri maupun melalui seleksi bersama.

Pembayaran UKT terdiri dari beberapa kelompok. Di salah satu universitas, kelompok pembayaran UKT terdiri dari tujuh kelompok. Sedangkan di universitas atau institusi yang lain ada pula yang hanya menerapkan hingga lima golongan. Berikut adalah beberapa biaya yang sebaiknya Kamu siapkan untuk masuk ke jurusan sosiologi agama:

1. Biaya Pendaftaran

Setiap universitas yang membuka pendaftaran melalui jalur mandiri maupun dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Jika masuk melalui jalur mandiri, Kamu bisa langsung melihat tata cara mendaftar di universitas atau institut yang Kamu inginkan.

Sedangkan untuk jalur SBMPTN, Kamu bisa melihat ke situs web Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Sebelum mengikuti SBMPTN, Kamu diwajibkan untuk mengikuti UTBK atau ujian tulis berbasis komputer lebih dahulu.

Biaya pendaftaran jalur mandiri kurang lebih adalah Rp 300.000. Sedangkan untuk UTBK, Kamu perlu menyiapkan sekitar Rp 150.000 dan Rp 175.000 untuk mendaftar SBMPTN.

2. Pembayaran UKT

Setiap universitas dan perguruan tinggi lain memiliki standar UKT yang berbeda. Hal ini bisa jadi karena letak universitas atau institut tersebut. Setiap perguruan tinggi juga menetapkan perbedaan kelompok. Di beberapa universitas, ada yang menerapkan hanya lima kelompok dalam pembayaran UKT, sedangkan di lain universitas terdapat tujuh kelompok.

Setiap kelompok dalam biaya kuliah sosiologi agama memiliki besaran tertentu. Kelompok I adalah kelompok mahasiswa yang membayar UKT melalui beasiswa baik bidik misi maupun menggunakan kartu Indonesia pintar (KIP). Kelompok ini membayar Rp 0 hingga maksimal Rp 400.000.

Selanjutnya, UKT untuk kelompok II hingga kelompok VII bisa beragam dan semakin tinggi biayanya. UKT kelompok II dimulai dari Rp 850.000 – Rp 1.100.000. Nilai UKT akan naik mulai dari Rp 1.192.000, Rp 1.488.000, hingga Rp 2.154.000 di setiap kelompok UKT.

3. Biaya Untuk Tugas Dan Riset

Selain kedua biaya di atas, Kamu juga perlu menyiapkan biaya untuk mengerjakan tugas. Ada pula biaya riset untuk tugas akhir seperti skripsi yang harus dipenuhi. Biaya tugas beragam mulai dari Rp50.000 hingga Rp200.000.

Sedangkan untuk biaya skripsi, Kamu bisa saja menggunakan metode survei yang lebih banyak membutuhkan biaya. Untuk menggunakan metode ini, Kamu bisa menyiapkan Rp500.000 hingga Rp 2000.000

Untuk lebih jelas mengenai kelompok UKT dan biaya kuliah sosiologi agama, Kamu bisa membuka situs web universitas atau institut yang menyelenggarakan program studi ini.



Related Posts

Related Posts