kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Radiologi Untuk Jenjang S1


Radiologi tidak hanya mempelajari pemindaian dan diagnosa bagian tubuh menggunakan sinar X saja, tetapi pemeriksaan menggunakan sinar ultrasonik baik MRI atau CT Scan. Lulusan radiologi sangat dibutuhkan di berbagai klinik atau rumah sakit yang ada di daerah atau kota besar. Hanya saja radiografer sangat sedikit dan tidak seimbang dengan kebutuhan di lapangan. Kamu yang hendak kuliah jurusan cabang Kedokteran ini, sebaiknya ketahui perkiraan biaya kuliah radiologi jenjang S1.

Biaya Kuliah Jurusan Radiologi Di PTN

Biaya kuliah Radiologi di PTN bervariasi tergantung dengan sistem UKT yang diterapkan. Seperti yang diketahui bersama bahwa PTN menerapkan sistem UKT mulai golongan I, II, III, dan seterusnya. Setiap golongan memiliki besaran biaya per semester yang mencakup keseluruhan biaya SKS dan lain-lain. Tentu ada kebijakan di setiap PTN mengenai besaran biaya tambahan untuk kebutuhan praktikum dan lain-lain. Apalagi kuliah Radiologi cenderung akrab dengan praktikum yang membutuhkan biaya tidak sedikit.

Nilai UKT terendah berada di kisaran 0-500 untuk mahasiswa dengan pendapatan orangtua kurang dari 1 juta rupiah. Untuk anak-anak yang berhasil meraih beasiswa bidik misi, maka biaya kuliah gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun, bahkan mendapatkan biaya hidup sesuai dengan taraf hidup di kota tersebut.

Semakin tinggi besaran pendapatan orangtua, maka Kamu memiliki peluang masuk golongan yang lebih tinggi seperti II, III, IV, dan seterusnya. Khusus mahasiswa yang diterima lewat jalur mandiri, maka besaran UKT dan biaya pengembangan kampus bisa lebih besar mulai jutaan hingga puluhan juta rupiah tergantung kebijakan PTN.

Biaya Kuliah Radiologi Di PTS

Tidak hanya bisa kuliah di PTN saja, Kamu juga bisa memilih program S1 Radiologi di PTS yang ada di Indonesia. Pendidikan vokasi juga menawarkan jurusan Radiologi untuk jenjang D4 yang setara dengan strata satu, lho! Kamu hanya perlu mempertimbangkan mau kuliah di mana dengan kisaran biaya sesuai kemampuan finansial orangtua.

Berdasarkan informasi yang dikaji dari sumber terpercaya, biaya kuliah di kampus swasta yang memiliki jurusan Radiologi berkisar 12 juta rupiah pada waktu mendaftar menjadi mahasiswa. Dewasa ini, kampus swasta juga menerapkan sistem UKT yang memudahkan mahasiswa membayar biaya kuliah secara tunggal. Biaya UKT berbeda tergantung dengan kebijakan yang diterapkan di kampus swasta tersebut. Kamu tetap punya kesempatan mendapatkan keringanan biaya bila berasal dari keluarga kurang mampu dan berprestasi, kok.

Radiologi merupakan salah satu jurusan yang membutuhkan praktikum lebih banyak sebab masuk dalam cabang Ilmu Kedokteran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Biaya kuliah Radiologi yang tidak sedikit membuat Kamu harus belajar sungguh-sungguh. Setelah berhasil mendapat sertifikasi radiografer, Kamu bisa bekerja di berbagai klinik atau rumah sakit yang membutuhkan ahli radiografi. Gaji 4-5 juta menunggu Kamu setiap bulan tergantung dengan kebijakan lembaga tempatmu bekerja, lho! Yuk, ambil kuliah jurusan yang potensial ini!




Related Posts

Related Posts