kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Kelautan Untuk Jenjang S1


Biaya kuliah ilmu kelautan di Indonesia sangat bervariasi. Ada banyak hal yang bisa memengaruhi besarnya biaya kuliah tersebut. Jika Kamu berencana untuk masuk ke jurusan ilmu kelautan ini, maka Kamu harus punya banyak informasi mengenai perkiraan dana yang dibutuhkan. Ini dia sedikit informasi mengenai biaya kuliah S1 jurusan ilmu kelautan.

1. Pilihan Kampus

Sebelum melihat perkiraan dana kuliah yang akan Kamu bayarkan, perlu diketahui bahwa pilihan kampus sangat berpengaruh pada besarnya dana tersebut. Kampus swasta biasanya memiliki biaya kuliah yang jauh lebih mahal dibanding kampus negeri. Tak heran jika persaingan masuk ke kampus negeri sangatlah ketat.

Tak hanya beda antara kampus swasta dan negeri, biaya kuliah antara satu kampus dan kampus lain juga bisa berbeda. Kebijakan pihak kampus akan sangat berpengaruh pada besar kecilnya biaya kuliah.

2. Golongan UKT

Saat ini kampus menerapkan sistem pembayaran uang kuliah tunggal dan biasa dikenal dengan sebutan UKT. UKT ini akan dibayarkan setiap semester dimana besarnya untuk masing-masing mahasiswa berbeda. Kampus juga membagi besarnya UKT menjadi beberapa golongan.

Pembagian golongan ini dilakukan berdasarkan besar kecilnya penghasilan orang tua mahasiswa. Besarnya UKT akan semakin besar seiring dengan besarnya jumlah pendapatan kedua orang tua.

3. Jalur Masuk

Tak hanya kampus dan penghasilan orang tua, ternyata biaya kuliah juga dipengaruhi oleh jalur masuk yang Kamu tempuh. Biasanya kampus akan menyediakan beberapa pilihan jalur masuk mulai dari SBMPTN, SNMPTN, dan tersedia juga jalur mandiri. Pada umumnya, mahasiswa yang masuk dengan jalur mandiri akan dibebani biaya kuliah yang jauh lebih mahal.

4. Perkiraan Biaya

Sebagai gambaran, Kamu perlu melihat contoh biaya kuliah di beberapa universitas negeri. Berikut adalah biaya kuliah ilmu kelautan yang bisa Kamu jadikan gambaran.

  • Golongan UKT 1 : Rp500.000,00
  • Golongan UKT 2 : Rp1.000.000,00
  • Golongan UKT 3 : Rp2.500.000,00
  • Golongan UKT 4 : Rp4.500.000,00
  • Golongan UKT 5 : Rp6.500.000,00

Gambaran biaya ini bisa saja berbeda dengan apa yang Kamu alami. Informasi ini hanya sebagai gambaran informasi awal saja. Agar Kamu bisa mempersiapkan lebih awal untuk persiapan biasanya.

5. Beasiswa

Apakah perkiraan biaya kuliah ini dirasa berat untukmu? Tenang, Kamu masih bisa berkuliah dengan bantuan beasiswa. Ada banyak sekali program bantuan dana pendidikan atau biasa disebut beasiswa. Mulai dari beasiswa pemerintah maupun beasiswa yang berasal dari pihak swasta.

Itulah tadi informasi singkat biaya kuliah ilmu kelautan. Jika Kamu memang serius ingin belajar di jurusan ini, maka Kamu sebaiknya mempersiapkan diri dari sekarang. Mulai dari persiapan ilmu, mental, hingga dana kuliah yang harus dibayarkan.

Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya. Selain biaya kuliah, Kamu juga perlu mempersiapkan biaya lain. Biaya hidup, biaya akomodasi, biaya transport dan lain-lain.


Related Posts

Related Posts