kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Bahasa Korea Untuk Jenjang S1


Kamu berencana kuliah jurusan Bahasa Korea? Jika iya, maka mengetahui perkiraan biaya kuliah Bahasa Korea akan sangat membantu Kamu dan orangtua untuk menyiapkan nominal dana yang diperlukan. Informasi berikut ini akan sangat bermanfaat untuk Kamu.

1. Biaya Seleksi

Ada tiga jalur seleksi yang biasa dibuka oleh universitas atau sekolah tinggi untuk menyeleksi mahasiswa baru, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Ketiga cara ini membutuhkan biaya pendaftaran sebesar minimal Rp250.000,-. Untuk beberapa kampus bahkan memasang biaya seleksi hingga 1 juta.

2. Biaya Kuliah Per Semester

Untuk pembayaran biaya kuliah akan dilakukan per semester atau setiap 6 bulan. Saat ini rata-rata kampus menggunakan sistem UKT untuk menentukan nominal biaya kuliah yang dikenakan pada masing-masing mahasiswa. UKT akan sangat tergantung pada penghasilan orangtua.

Jika Kamu mendaftar menggunakan bidikmisi, maka biaya kuliah adalah nol rupiah alias gratis. Untuk yang tidak termasuk daftar bidikmisi, maka harus melaporkan penghasilan orangtua sehingga bisa ditentukan biaya kuliahnya. Masing-masing kampus punya kebijakan berbeda tentang UKT, tapi rata-rata menggunakan rentang 1-8.

Untuk jurusan Bahasa Korea UKT terendah adalah Rp500.000,- dan paling tinggi Rp8.000.000,-. Untuk jenjang S1, Kamu akan kuliah selama 8 semester, berarti uang yang harus disediakan sekitar 64 juta dengan UKT tertinggi.

3. Biaya Kos Dan Tempat Tinggal

Kalau Kamu anak rantau tentu harus memikirkan biaya tinggal di kota tempat menuntut ilmu. Biaya kos sebulan mulai dari 500 ribu hingga 2 juta. Jika Kamu kuliah selama 4 tahun dengan biaya kos 1 juta, harus menyediakan 48 juta untuk biaya tempat tinggal.

4. Biaya Makan Dan Transport

Biaya makan akan sangat tergantung dengan kemampuan Kamu untuk berhemat, misalnya sebulan biaya makan adalah sebesar 1,5 juta. Ditambah dengan biaya transport sebesar 1 juta. Maka, harus menyediakan biaya di kisaran 120 juta selama 4 tahun untuk biaya makan dan transport.

5. Kebutuhan Lainnya

Perhitungan biaya kuliah Bahasa Korea juga harus menyertakan biaya untuk berbagai kebutuhan lain, misalnya untuk biaya mengerjakan tugas dan kebutuhan harian Kamu. Jika Kamu bisa hemat, maka biaya dapat ditekan. Jadi, harus pintar-pintar mengatur keuangan sendiri. Biaya untuk kebutuhan lainnya ini bisa disediakan mulai dari 1 juta per bulannya. Dalam rentang waktu 4 tahun, biayanya bisa berkisar 48 juta.

Jika ditotal biaya yang dibutuhkan sekitar 250 juta hingga 300 juta untuk menyelesaikan jenjang S1 jurusan Bahasa Korea. Biaya ini memang cukup besar jika langsung dibayar sekalian, tapi apabila sudah disiapkan sejak dini dengan menabung atau menggunakan asuransi pendidikan, maka akan lebih meringankan.

Jadi, untuk Kamu yang tertarik kuliah jurusan Bahasa Korea, mulai sekarang perlu menabung untuk membantu biaya kuliah Bahasa Korea yang harus dikeluarkan orangtua. Melakukan sedikit pengorbanan untuk meraih mimpimu rasanya sangatlah sepadan.








Related Posts

Related Posts