kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Analis Kesehatan Untuk Jenjang S1


Menjelang kelulusan SMA, Kamu pasti sudah sibuk mencari banyak informasi seputar dunia kuliah, bukan? Mulai dari mempertimbangkan jurusan apa yang akan dipilih, hingga besar biaya kuliahnya. Seperti jurusan analis kesehatan yang bisa jadi pilihan tepat bagi Kamu penyuka dunia kesehatan dan ingin bekerja menjadi tim medis di klinik atau rumah sakit. Biaya kuliah analis kesehatan di poltekkes dan universitas sangat beragam. Tergantung pada poltekkes atau pun universitasnya.

Besar biaya kuliah ini memang tidak bisa dipatok, belum lagi dengan biaya kuliah yang berupa biaya administrasi, biaya bangunan, dan lainnya. Setiap sekolah maupun kampus memiliki kebijakan, termasuk dalam hal biaya perkuliahaan setiap tahunnya yang bisa berubah-ubah. Sebagai gambaran, berikut informasi mengenai rata-rata biaya kuliah dengan jurusan analis kesehatan di berbagai daerah.

Program Studi D-3

Jurusan satu ini terdiri dari beberapa pilihan program, untuk program studi D-3, biaya kuliah berkisar Rp 5.000.000 sampai dengan Rp 10.000.000 setiap semesternya. Besar biaya ini memang beragam dan tergantung kebijakan dari pihak kampus masing-masing. Program D-3 sendiri biasanya berjalan 2,5 tahun sampai 3 tahun lamanya.

Program Studi D-4

Sementara itu untuk program studi D-4 ini biaya kuliahnya berkisar Rp 5.400.000 sampai dengan Rp 11.000.000 setiap semesternya. Untuk lama studinya sekitar 3 sampai 4 tahun. Kebanyakan mahasiswa jurusan analis kesehatan memilih program S1 dibandingkan D-4 yang jatuhnya tanggung.

Program Studi S1

Selanjutnya pada program studi S1 yang memiliki peluang lebih luas dalam hal prospek kerja, biaya setiap semesternya berkisar Rp 5.000.000 sampai Rp 15.000.000. Biayanya bisa lebih tinggi dengan adanya biaya praktikum atau biaya tambahan lain yang mana pada jurusan ini akan ada sesi praktikum lebih banyak dibandingkan jurusan lainnya. Lama kuliah program ini sekitar 3 tahun hingga 4,5 tahun.

Perbedaan Biaya di Poltekkes dengan Universitas untuk Jurusan Analis Kesehatan

Untuk analis kesehatan, jurusan ini terbuka tidak di banyak kampus, atau tergolong terbatas. Biasanya terbuka di poltekkes yang fokus dengan bidang kesehatan, atau juga sebagian universitas yang memang menawarkan jurusan ini disertai jurusan di bidang kesehatan lainnya seperti keperawatan, gizi, kebidanan, kesehatan lingkungan, transfusi darah, dan lain-lainnya. Umumnya biaya kuliah analis kesehatan di universitas terhitung lebih mahal.

Memutuskan melanjutkan pendidikan, selain pertimbangkan jurusan, Kamu juga harus perhitungkan biayanya bersama orangtua. Karena setiap jurusan membutuhkan biaya yang beragam. Begitu dengan pilihan kampus atau universitasnya. Jangan lupa untuk memperhatikan akreditasi dari kampus yang dipilih dengan jurusan analis kesehatan. Usahakan pilih yang memiliki akreditasi sangat baik. Agar lebih semangat kuliah analis kesehatan, coba pahami beragam mata kuliah yang nantinya akan Kamu pelajari.

Dengan adanya informasi ini, Kamu bisa mempersiapkan jauh-jauh hari mengenai biaya kuliahnya. Semoga dapat membantu ya.


Related Posts

Related Posts