kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perbedaan SOSHUM Dan SAINTEK Yang Perlu Kamu Tau


Bagi anak SMA, memilih jurusan kuliah tidak hanya mempertimbangkan minat dan kemampuan yang dimiliki. Lebih dari itu, anak SMA perlu mempertimbangkan rumpun jurusan yang dipilihnya, apakah jurusan tersebut masuk dalam rumpun SOSHUM atau SAINTEK. Untuk itu, Kamu perlu tahu perbedaan SOSHUM dan SAINTEK agar tidak salah pilih. Secara umum, berikut perbedaan antara kedua nih sebagai referensi:

SOSHUM

1. Soal Yang Diujikan

Untuk rumpun SOSHUM, soal yang diujikan merupakan materi dari jurusan IPS, meliputi tes potensi akademik, matematika dasar, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, geografi, ekonomi, sosiologi, dan sejarah.

2. Contoh Jurusan

Apa saja pilihan jurusan di rumpun SOSHUM? Rumpun SOSHUM memiliki pilihan jurusan yang cukup banyak, seperti ekonomi, akuntansi, ilmu komunikasi, administrasi negara, ilmu sejarah, dan ilmu hukum.

3. Sedikit Hitung-Hitungan

Selayaknya jurusan IPS, rumpun SOSHUM juga tidak banyak materi hitung-hitungan yang rumit. Materi berhitung yang ada di jurusan ini sangat sederhana sehingga cocok untuk Kamu yang lemah dalam matematika.

4. Banyak Hafalan

Jurusan SOSHUM lebih banyak materi hafalan. Misalnya saja pada materi sejarah. Kamu perlu mengingat tanggal dan peristiwa penting atau bisa juga isi dari suatu perjanjian.

5. Anak IPA Bisa Masuk SOSHUM

Perbedaan SOSHUM dan SAINTEK berikutnya adalah rumpun SOSHUM bisa dimasuki oleh anak IPA. Ini merupakan keistimewaan yang hanya dimiliki oleh anak IPA. Jadi, jangan heran kalau banyak anak SMA yang lebih memilih masuk IPA karena alasan ini.

SAINTEK

1. Soal Yang Diujikan

Soal yang diujikan di rumpun SAINTEK juga tidak jauh berbeda dengan materi IPA yang sudah Kamu dapatkan. Soal-soal tersebut yaitu tes potensi akademik, bahasa Indonesia, bahasa, Inggris, kimia, fisika, biologi, matematika dasar dan matematika IPA.

2. Contoh Jurusan

Jurusan SAINTEK kebanyakan ada di Fakultas Teknik, MIPA, dan kedokteran. Beberapa contoh jurusan dari rumpun SAINTEK adalah pendidikan dokter, teknik sipil, arsitektur, teknik mesin, statistika, biologi, fisika, kimia, matematika, dan ilmu komputer.

3. Banyak Hitung-Hitungan

Kalau Kamu masuk ke jurusan rumpun SAINTEK, jangan harap Kamu akan lepas dari matematika. Selayaknya jurusan IPA yang sudah Kamu kenal, jurusan di rumpun SAINTEK juga banyak materi berhitungnya. Kamu akan bertemu dengan hitung-hitungan rumit matematika dan fisika.

4. Lebih Sedikit Materi Hafalan

Lebih sedikit bukan berarti tidak ada karena Kamu juga perlu menghafal rumus, menghafal materi biologi, dan teori-teori fisika.

5. Anak IPS Tidak Bisa Masuk SAINTEK

Perbedaan SOSHUM dan SAINTEK yang terakhir adalah anak IPS tidak bisa masuk jurusan yang ada di rumpun SAINTEK. Jadi, anak IPA memiliki lebih sedikit saingan daripada mereka yang anak IPS.

Nah, itulah 10 perbedaan SOSHUM dan SAINTEK yang perlu Kamu ketahui. Setelah tahu perbedaannya, Kamu bisa menyiapkan diri agar lebih siap menghadapi persaingan untuk masuk perguruan tinggi yang Kamu inginkan.


Related Posts

Related Posts