kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perbedaan D3 Dan D4 Teknik Informatika Yang Perlu Kamu Tau


Jurusan teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang banyak ditemui di berbagai perguruan tinggi. Namun selain memilih jurusan, Kamu juga perlu menentukan jenjang pendidikan yang akan Kamu jalani. Jurusan teknik informatika di berbagai perguruan tinggi umumnya memiliki banyak pilihan jenjang pendidikan yang bisa Kamu pilih, seperti D3 dan D4. Kedua jenjang tersebut tentunya memiliki beberapa perbedaan. Berikut 10 perbedaan D3 dan D4 teknik informatika sebaiknya Kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memilih jenjang pendidikan.

1. SKS D3 Teknik Informatika

Karena hanya ditempuh dalam waktu selama tiga tahun, jumlah SKS yang perlu Kamu tempuh jika memilih jenjang D3 juga lebih sedikit. Kamu hanya perlu menempuh sekitar 112 SKS.

2. SKS D4 Teknik Informatika

Jenjang D4 akan Kamu tempuh selama 4 tahun, maka Kamu juga harus mengambil SKS lebih banyak, yaitu sekitar 144 SKS. Namun ini juga akan membuat Kamu memiliki ilmu yang lebih banyak.

3. Waktu Kelulusan D3 Teknik Informatika

Jika memilih jenjang D3 dan menyelesaikan SKS tepat waktu, Kamu bisa lulus dalam waktu tiga tahun. Ini membuat Kamu bisa lebih cepat lulus dan bisa semakin cepat memasuki dunia kerja.

4. Waktu Kelulusan D4 Teknik Informatika

Untuk menyelesaikan jenjang D4, Kamu akan membutuhkan waktu 4 tahun karena akan lebih banyak SKS.

5. Gelar D3 Teknik Informatika

Perbedaan D3 dan D4 teknik informatika selanjutnya adalah dari gelar yang didapat. Jika Kamu memilih jenjang D3, ada beberapa macam gelar yang disematkan untuk para lulusan teknik informatika, seperti ahli madya, ahli madya teknik, ahli madya komputer, ataupun ahli madya sains.

6. Gelar D4 Teknik Informatika

Hanya ada satu gelar yang disematkan untuk para lulusan jenjang D4 teknik informatika, yaitu sarjana sains terapan atau yang disingkat menjadi S.ST. Gelar ini juga diberikan untuk para lulusan D4 dari jurusan lainnya.

7. Materi Kuliah D3 Teknik Informatika

Karena kewajiban SKS yang dipenuhi lebih sedikit, maka Kamu yang memilih jurusan teknik informatika dengan jenjang D3 akan mendapatkan materi kuliah yang lebih sedikit.

8. Materi Kuliah D4 Teknik Informatika

Materi yang Kamu dapatkan jika menempuh jenjang D4 teknik informatika tentu akan lebih banyak dan berbanding lurus dengan lebih banyaknya kewajiban SKS yang harus Kamu tempuh.

9. Tugas Akhir D3 Teknik Informatika

Pada jenjang D3, tugas akhir yang harus Kamu selesaikan cenderung lebih sederhana dibanding jenjang pendidikan lainnya.

10. Tugas Akhir D4 Teknik Informatika

Sama seperti jenjang D3, di jenjang D4 Kamu juga harus mengerjakan tugas akhir. Hanya saja tugas akhir untuk jenjang D4 akan lebih kompleks jika dibandingkan dengan tugas akhir untuk jenjang D3.

Itulah beberapa perbedaan D3 dan D4 teknik informatika yang perlu Kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memilih jenjang yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Kamu. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.


Related Posts

Related Posts