kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Pengertian KKN Dan 10 Hal Tentang KKN (Kuliah Kerja Nyata)


Mungkin Kamu sudah tidak asing dengan istilah KKN atau Kuliah Kerja Nyata yang banyak diselenggarakan kampus atau lembaga pendidikan lain. Gagasan KKN yang sudah muncul sejak puluhan tahun lalu terus dikembangkan agar bisa memberikan pengalaman nyata kepada para mahasiswa yang memasuki tahap pendidikan akhir. Sebaiknya Kamu memahami pengertian KKN dan fakta mengenai hal itu sebagai wawasan tambahan kelak, ya!

Jika Kamu masih tergolong mahasiswa baru, maka program KKN masih lama Kamu rasakan nanti. Tidak ada salahnya untuk mengetahui wawasan tentang KKN lebih detail berikut :

1. Pengertian KKN

KKN adalah Kuliah Kerja Nyata yang merupakan bentuk pengabdian dan implementasi keilmuan dan sektoral mahasiswa di daerah tertentu.

2. Durasi KKN

KKN memiliki durasi yang bervariasi tergantung dengan kebijakan kampus minimal 2-3 bulan atau bisa lebih lama.

3. Tempat KKN

Tempat KKN umumnya berada di daerah setingkat desa atau sesuai dengan tujuan dan disiplin ilmu dari KKN tersebut.

4. Sejarah awal

KKN pertama kali diadakan tahun 1971 oleh Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada masa tersebut.

5. Universitas Yang Pertama Mengadakan KKN

Sesuai dengan poin nomor 1, pemerintah mengadakan proyek perintis KKN pada Universitas Andalas di bagian barat, Universitas Gadjah Mada di bagian tengah sedangkan Universitas Makassar di bagian timur.

6. Tujuan KKN

KKN memiliki beberapa tujuan penting yaitu memperoleh pengalaman belajar, menemukan solusi atas permasalahan di masyarakat dengan keilmuan, bisa memberikan pemikiran berdasarkan ilmu, teknologi dan seni, serta tujuan bermanfaat lain.

7. Sasaran Tepat KKN

Sasaran KKN ada beberapa sektor yaitu masyarakat, sekolah, lembaga atau instansi, dan kelompok industri.

8. Jenis KKN

KKN tergolong dalam dua jenis sesuai pengertian KKN yang bersifat pengabdian mahasiswa yaitu KKN-PPL Terpadu untuk mahasiswa dari jurusan Pendidikan dan KKN masyarakat non kependidikan.

9. Kapan KKN Diadakan?

KKN biasa diadakan di semester 6 atau 7, ada pula KKN yang diadakan pada waktu khusus tergantung kebijakan kampus masing-masing. Banyak mahasiswa mulai sibuk mencari tempat untuk magang atau KKN sehingga masa-masa ini dianggap krusial sebelum menghadapi sidang skripsi pada semester selanjutnya.

10. Manfaat KKN

KKN memberikan manfaat pada mahasiswa dan masyarakat sesuai dengan tujuan program tersebut. Kegiatan yang bersifat pembinaan, pengajaran dan pemberdayaan masyarakat bisa memberikan banyak pengalaman dan wawasan baru. Mahasiswa bisa belajar bersosialiasi dan praktik langsung di lapangan, sedangkan masyarakat awam akan mendapatkan banyak ilmu dan manfaat pembinaan tersebut.

Pengertian KKN dan 10 hal tentang program pengabdian bisa menjadi wawasan buat Kamu yang berencana ambil kuliah dalam waktu dekat. Setiap program S1 mewajibkan KKN kepada seluruh mahasiswa mulai semester 6 atau 7 sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu yang akan  melaksanakan KKN ya.


Related Posts

Related Posts