kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Biomedis Dan Gajinya


Pilihan peluang atau prospek kerja teknik biomedis sebenarnya sangatlah luas. Ada beragam jenis profesi yang bisa Kamu pilih jika nanti sudah selesai berkuliah dan lulus gelar sarjana. Sebagai gambaran, berikut ini ada beberapa pilihan jenis profesi yang bisa didapatkan oleh lulusan teknik biomedis lengkap dengan perkiraan gajinya.

1. Ahli Biomedis

Kamu bisa bekerja sebagai ahli biomedis dengan bekal lulusan sarjana teknik biomedis ini. Profesi ini akan bekerja melakukan berbagai penelitian di bidang medis. Selain itu, ahli biomedis juga bekerja melakukan perancangan serta mengembangkan instrumen klinis maupun peralatan medis.

Pembuatan organ buatan juga diteliti oleh para ahli biomedis. Mereka juga bekerja mengumpulkan data dengan cara pengembangan sistem biobehavioral manusia lewat sebuah simulasi software komputer. Dari menekuni profesi ini Kamu berkesempatan mendapat gaji Rp4.700.000,00 hingga Rp6.500.000,00.

2. Ahli Teknologi Di Laboratorium

Kamu juga bisa bekerja sebagai ahli teknologi di laboratorium baik medis dan klinis. Dari namanya saja Kamu sudah bisa mengetahui apa saja kira-kira yang akan Kamu lakukan dengan menggeluti pekerjaan ini. Kamu akan bergelut dengan pengembangan dan pemanfaatan teknologi yang dipakai di laboratorium medis dan klinis.

Spesifikasi profesi yang satu ini ternyata masih ada banyak sesuai dengan jabatan pekerjaan. Mulai dari ahli histologi, ilmuwan laboratorium klinis, mikrobiologis, dan lain sebagainya. Bicara soal gaji, seorang ahli teknologi laboratorium medis dan klinis bisa berpeluang mendapat penghasilan Rp2.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00.

3. Ahli Nanosystem

Jenis profesi yang satu ini mungkin tidak terlalu familiar tapi perannya sangat dibutuhkan. Seorang ahli nanosystem akan bekerja membuat rancangan bahan, perangkat maupun sistem komposisi dari sebuah molekul yang unik. Dalam pekerjaannya tersebut, seorang ahli nanosystem akan menggunakan prinsip ilmu nano fisika, teknik biologi, listrik, dan kimia.

Kemajuan teknologi di bidang sains saat ini memang sangatlah pesat. Profesi ahli nanosystem ini jelas akan menjadi profesi yang menjanjikan di masa depan. Gaji yang diperoleh juga cukup memuaskan. Kamu bisa mendapat gaji antara Rp4.500.000,00 hingga Rp7.200.000,00.

4. Akademisi

Peluang atau prospek kerja teknik biomedis lainnya yang bisa Kamu jadikan pilihan adalah menjadi akademisi atau dosen. Langsung saja lanjutkan pendidikan untuk mendapat gelar master setelah Kamu lulus sarjana. Gunakan gelar master itu untuk melamar menjadi dosen entah di universitas yang menjadi almamatermu atau di universitas lain.

Menjadi dosen tentu adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan jika Kamu senang berbagi ilmu. Kamu juga bisa mendapat penghasilan tambahan dengan banyak menyusun karya ilmiah maupun menulis buku. Dari jenis pekerjaan ini penghasilanmu bisa berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga Rp.5.500.000,00.

5. Teknisi Proses Biofuel

Kamu juga bisa mencoba profesi teknisi proses biofuel. Profesi ini disebut juga sebagai pakar bahan bakar organik atau biofuel. Tugas yang dikerjakan oleh seorang teknisi proses biofuel adalah menghitung, memuat, hingga mengolah bahan baku hingga menjadi biofuel.

Pada intinya, dengan memilih profesi ini Kamu akan bergelut dengan bidang produksi biofuel. Gaji yang bisa Kamu peroleh dari bidang profesi yang satu ini juga tak kalah menjanjikan mulai dari Rp3.500.000,00 hingga Rp6.200.000,00. Besarnya gaji tentu tergantung pada jabatan dan tugas yang menjadi tanggung jawabmu.

6. Ahli Biologi Molekul Dan Sel

Jika Kamu tertarik dengan dunia sains khususnya molekul juga sel, Kamu bisa menggeluti profesi ini. Kamu bisa bekerja sebagai ahli biologi khususnya bidang molekul dan sel. Tugasmu adalah melakukan penelitian sekaligus mempelajari molekul serta sel. Menekuni profesi ini akan membuat Kamu selalu berkutat dengan penelitian di laboratorium.

Ada beberapa contoh jabatan spesifik dari jenis profesi yang satu ini. Kamu bisa menjadi molecular biologist, molecular biology specialist maupun researcher atau peneliti. Rata-rata gaji yang didapat oleh profesi ini adalah Rp4.700.000,00 hingga Rp7.100.000,00.

7. Peneliti Bioinformatika

Pilihan profesi berikutnya adalah menjadi seorang peneliti bioinformatika. Kamu akan bekerja melakukan penelitian dengan teori bioinformatika. Bidang yang digeluti bisa bervariasi mulai dari teknologi medis, biologi komputasi, ilmu informasi komputer, proteomik, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa contoh jabatan yang bisa Kamu miliki di bidang profesi yang satu ini. Kamu bisa menjadi kurator database ilmiah, ilmuwan bioinformatika, hingga menjadi ilmuwan senior. Rentang gaji yang didapat dari profesi ini adalah Rp4.900.000,00 hingga Rp7.300.000,00.

8. Ahli Biologi

Sebagai lulusan jurusan teknik biomedis, ternyata Kamu juga berpeluang menjadi seorang ahli biologi. Biologi adalah salah satu cabang ilmu yang dibedah mendalam di jurusan ini. Sebagai ahli biologi, Kamu akan bekerja mendalami prinsip kehidupan makhluk hidup sesuai dengan anatomi sekaligus fungsinya.

Kamu bisa menjadi analis lingkungan, asisten ilmuwan, ahli biologi laut, spesialis lingkungan, dan masih banyak lagi. Rata-rata penghasilan yang bisa Kamu raih adalah Rp3.200.000,00 hingga Rp5.300.000,00.

9. Ahli Kimia

Selain menjadi ahli biologi, Kamu juga bisa menekuni profesi sebagai ahli kimia. Sama seperti biologi, kimia juga dipelajari secara mendalam di jurusan teknik biomedis. Sebagai ahli biologi, Kamu akan bekerja melakukan analisis serta eksperimen kimia.

Tujuan akhir dari pekerjaan ahli kimia yaitu melakukan kontrol maupun mengembangkan produk sekaligus pengetahuan yang baru. Rata-rata gaji yang bisa Kamu dapat adalah Rp4.800.000,00 hingga Rp6.600.000,00.

10. Ahli Biostastistik

Kamu juga bisa memilih menjadi ahli biostatistik. Pekerjaanmu adalah mengembangkan serta menerapkan teori biostatistik agar bisa diaplikasikan di bidang sains secara menyeluruh. Rata-rata gaji yang bisa didapat dari profesi ini adalah Rp4.900.000,00 hingga Rp6.700.000,00.

Peluang atau prospek kerja teknik biomedis sangat beragam, bukan? Kira-kira profesi mana yang ingin Kamu pilih jika Kamu berhasil lulus dari jurusan teknik biomedis ini?



Related Posts

Related Posts