kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Geomatika Dan Gajinya


Apakah Kamu tertarik untuk berkuliah di jurusan Teknik Geomatika? Jurusan ini mendalami tentang ilmu geodesi dan informatika. Mungkin nama Teknik Geomatika itu sendiri masih terasa asing bagi sebagian orang. Padahal jurusan yang satu ini memberi peluang kerja yang cukup memuaskan di masa depan. Di sini akan dibahas 10 peluang atau prospek kerja Teknik Geomatika yang penting untuk diketahui.

1. Ahli Sistem Informasi Geografis

Peluang kerja pertama yang bisa didapatkan oleh lulusan Teknik Geomatika adalah bekerja sebagai ahli sistem informasi geografis. Di bidang profesi ini, Kamu memiliki tugas melakukan analisis data sistem informasi geografis. Kemudian Kamu juga harus menampilkan hasil analisis ini lewat grafik, tabel, juga media berupa peta.

Salah satu contoh peran ahli sistem informasi geografis bisa kita lihat lewat platform ojek online yang menggunakan layanan berdasarkan lokasi klien. Di masa depan, tentu bidang profesi yang satu ini akan semakin dibutuhkan. Besar gaji yang akan Kamu nikmati dari pekerjaan ini berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00.

2. Lembaga Militer

Jika Kamu punya ketertarikan untuk bergabung menjadi bagian dari militer di Indonesia, maka jurusan Teknik Geomatika bisa jadi pilihan tepat. Kerja militer khususnya TNI berkaitan erat dengan aktivitas survey dan pemetaan yang dikuasai oleh lulusan Teknik Geomatika.

Di lembaga militer nanti Kamu akan bertugas melakukan survey pemetaan. Hasil survey inilah yang kemudian akan dijadikan sebagai acuan untuk mendukung operasi lapangan militer. Dari profesi ini, Kamu bisa mendapat gaji antara Rp3.000.000,00 hingga Rp4.000.000,00.

3. Perusahaan Tambang

Peluang atau prospek kerja Teknik Geomatika juga bisa didapatkan di dunia pertambangan. Bidang yang satu ini memang membutuhkan lulusan dari Teknik Geomatika demi kelancaran proses pertambangan. Besar uang yang akan Kamu dapat dari profesi satu ini bisa mulai dari angka Rp4.000,000,00 bahkan hingga angka belasan juta rupiah.

4. Land Surveyor

Profesi yang satu ini memiliki tugas mengumpulkan data berupa koordinat sebuah wilayah. Pengukuran koordinat dilakukan dengan tetap memegang fokus kepada jarak, pengukuran sudut, serta pengumpulan data lainnya. Jenis profesi yang satu ini akan sangat cocok bagi Kamu yang hobi menjelajah karena memang tipe kerjanya adalah kerja lapangan.

Peran seorang land surveyor akan selalu dibutuhkan. Seperti kita tahu bahwa pembangunan terus berjalan dan kebutuhan akan lahan semakin tinggi di masa depan. Bisa dikatakan bahwa profesi sebagai land surveyor sangatlah menjanjikan. Pendapatan yang bisa Kamu nikmati dari profesi ini berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00.

5. Peneliti

Kamu juga bisa memilih untuk berkarier sebagai peneliti setelah menyelesaikan kuliah nanti. Jenis pekerjaan yang satu ini sangatlah cocok bagi Kamu yang hobi menganalisis dan tentunya senang meneliti suatu topik. Kamu bisa bekerja sebagai peneliti di suatu perusahaan penelitian yang bergerak khusus di bidang bumi dan tanah.

Sebagai peneliti, Kamu akan memiliki peran penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan aplikasinya bagi kepentingan publik. Kamu juga bisa menemukan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat. Besar uang yang akan Kamu dapatkan dari bekerja sebagai peneliti berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga Rp6.000.000,00.

6. Wirausaha

Lulusan jurusan Teknik Geomatika juga bisa bekerja sebagai pengusaha. Pilihan profesi yang satu ini memang bisa ditekuni oleh siapa saja dari berbagai jenis jurusan ilmu. Sebagai pengusaha, Kamu bisa menentukan berapa besar penghasilanmu sendiri. Kamu juga bisa menekuni bidang usaha yang paling sesuai dengan minatmu.

7. PNS

Jika Kamu ingin jenjang karier yang lebih jelas dengan besar penghasilan yang tetap ditambah jaminan masa tua maka Kamu bisa menjadi PNS. Untuk menjadi PNS maka Kamu harus mengikuti seleksi yang dibuka pada waktu-waktu tertentu.

Kamu punya peluang kerja di Kementerian Pekerjaan Umum, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, serta Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional.

Namun, perlu diketahui bahwa ada persaingan ketat yang harus Kamu hadapi agar bisa menjadi PNS. Dari profesi yang satu ini Kamu bisa mendapatkan penghasilan antara Rp3.000.000,00 hingga Rp6.000.000,00 beserta tunjangan. Besarnya angka gaji ini juga akan berubah menurut golongan dan jabatan.

8. Perusahaan Konstruksi

Lulus dari Teknik Geomatika Kamu juga bisa melamar pekerjaan di perusahaan konstruksi. Proses pembangunan di negara ini akan selalu berjalan bahkan terus meningkat di masa yang akan datang. Lokasi pembangunan juga bervariasi dan membutuhkan proses pemetaan untuk menjamin lancarnya proses konstruksi.

Kamu bisa bekerja di perusahaan konstruksi dengan bekal ilmu yang Kamu dapat di Teknik Geomatika. Dari jenis profesi ini Kamu bisa menerima penghasilan antara Rp3.000.000,00 hingga Rp6.000.000,00. Besarnya gaji tentu tergantung perusahaan tempatmu bekerja.

9. Perusahaan Tambang Minyak Dan Gas

Kamu juga bisa melamar kerja di perusahaan tambang minyak dan gas. Perusahaan semacam ini jelas akan membutuhkan orang yang ahli melakukan pemetaan lokasi pertambangan minyak dan gas. Dari pekerjaan ini Kamu akan menikmati penghasilan mulai dari angka Rp4.000.000,00 hingga belasan juta.

10. Akademisi

Bagi Kamu yang memiliki bakat mengajar dan ingin mengabdi untuk pendidikan, maka Kamu bisa menjadi akademisi atau dosen. Lulus dari program S1 Teknik Geomatika, Kamu bisa sekolah lagi di tingkat master.

Setelah meraih master, maka Kamu bisa bekerja menjadi dosen di universitas yang Kamu mau. Menekuni profesi sebagai dosen akan memberimu gaji antara Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00.

Itulah 10 peluang atau prospek kerja Teknik Geomatika. Terbukti bahwa ada banyak peluang kerja yang bisa Kamu dapatkan dengan berkuliah di bidang ilmu yang satu ini. Informasi ini sebaiknya Kamu jadikan sebagai acuan dan motivasi jika memang ingin menuntut ilmu di jurusan Teknik Geomatika.








Related Posts

Related Posts